Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error Paint cannot read this file, This is not a valid bitmap file di Windows 10/11

 


Microsoft Paint adalah software graphic editor yang memungkinkan pengguna untuk dengan cepat mengedit gambar dan menyimpannya dalam hampir semua format. Beberapa pengguna telah melaporkan masalah saat membuka, mengupload atau mengedit file di MS Paint. Dalam artikel ini, saya akan membahas cara memperbaiki masalah ini yang muncul tanpa alasan yang jelas. Saat error itu terjadi, anda akan melihat pesan seperti berikut ini

File path/file

Paint cannot read this file.

This is not a valid bitmap file, or its format is not currently supported.



Walaupun gambar tersebut tidak dapat di buka di aplikasi Paint, namun, gambar yang sama dapat dibuka menggunakan aplikasi lain seperti GIMP, Photoshop, Paint 3D, IrfanView, Paint.net dan sebagainya. Hal ini mengindikasikan bahwa masalah mungkin terletak pada gambar itu sendiri atau pada aplikasi Paint itu sendiri.




Penyebab Paint Tidak Dapat Membaca File


Masalah ini mungkin terjadi dalam beberapa situasi, seperti saat anda menyimpan file BMP dengan ekstensi jpg/png, mengedit file JPG/PNG menggunakan Paint, mengubah resolusi gambar atau ketika menggunakan file beresolusi tinggi. Anda juga mungkin melihat pesan error ini ketika membuka file yang didownload dari internet atau saat membuka foto dari kamera DSLR anda. Beberapa penyebab lain yang mungkin termasuk yang berikut ini.

  • Masalah aplikasi Microsoft Paint. Paint bisa rusak atau out of date, sehingga tidak dapat menginstall update terbaru untuk memperbaiki beberapa bug. Ketidakcocokan aplikasi juga dapat menyebabkan error Paint dan ini hanya dapat diselesaikan dengan memiliki versi Paint terbaru.
  • Format file salah. Paint hanya mendukung format file tertentu yaitu Bitmap (BMP), PNG, JPEG/JPG, TIFF dan GIF. Jika anda menggunakan format file yang salah, maka anda akan mendapatkan pesan error ini.
  • Gambar rusak. Jika file yang anda coba buka korup atau rusak, maka anda mungkin mendapatkan error ini.



Memperbaiki Error Paint cannot read this file, This is not a valid bitmap file


Jika saat anda mencoba membuka file gambar pada aplikasi Paint dan anda mendapatkan error Paint cannot read this file, This is not a valid bitmap file, maka coba solusi berikut untuk memperbaikinya.



1. Perbaikan Dasar


Saya selalu merekomendasikan memulai dengan langkah-langkah dasar sebelum beralih ke solusi lainnya. Jika anda mengalami masalah dengan pesan error Paint cannot read this file, This is not a valid bitmap file dan ingin memperbaikinya, ikuti perbaikan dasar berikut ini.

  • Pastikan anda menggunakan format file yang benar.


Jika tidak ada perbaikan yang berkerja setelah anda melakukan itu, maka coba solusi lainnya dibawah ini.



2. Perbaiki atau Reset Microsoft Paint


Perbaiki aplikasi Paint jika tidak berfungsi dengan benar. Tidak seperti reset, memperbaiki program Windows tidak menghapus data apapun. Untuk memperbaiki Microsoft Paint, ikuti langkah-langkah di bawah ini.


Di Windows 11:

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings, klik Apps di panel kiri dan  klik Installed apps di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, klik menu tiga titik di samping Paint dan klik Advanced options.
  • Selanjutnya, pada bagian Reset, klik Repair untuk memperbaiki aplikasi.
  • Jika itu tidak memperbaiki masalah ini, klik Reset dan klik kembali Reset untuk mengatur ulang aplikasi.



Di Windows 10:

Microsoft Paint tidak lagi mendukung Windows 10. Saat anda mengakses Paint, itu akan menampilkan pesan The version of Windows on your PC doesn’t meet the minimum requirements for this product.



Jalan satu-satunya adalah menginstall ulang Paint untuk memperbaiki file aplikasi yang kemungkinan rusak dan menyebabkan error ini.

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I dan pilih Apps di jendela Settings.
  • Di halaman berikutnya, klik Apps & features di panel kiri dan klik Optional features.
  • Selanjutnya, pilh Microsoft Paint dan klik Uninstall.


  • Setelah anda menguninstallnya, restart komputer anda.
  • Setelah itu, ikuti langkah yang sama dan di halaman Optional features, klik Add a feature.
  • Kemudian, temukan dan beri ceklist pada Microsoft Paint dan klik Install.




3. Update Microsoft Paint


Memastikan bahwa Paint terupdate adalah langkah yang dapat memperbaiki masalah seperti kompatibilitas, file aplikasi yang rusak atau instalasi yang gagal. Anda dapat memeriksa update aplikasi di Microsoft Store. Jika tersedia, maka silahkan install.



Perlu anda ketahui bahwa Microsoft Paint tidak lagi mendukung Windows 10. Jadi, jalan satu-satunya anda mendapatkan aplikasi Paint versi terbaru adalah dengan mengupgrade system anda ke Windows 11.



4. Gunakan Image Editor Alternatif


Anda dapat menggunakan Image Editor gratis alternatif lainnya seperti IrfanView atau menggunakan aplikasi Photos dari Microsoft. Anda dapat menggunakannya untuk menambahkan efek 3D dan teks animasi menggunakan aplikasi Photos.




Saya berharap sesuatu disini bekerja untuk anda.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error Paint cannot read this file, This is not a valid bitmap file di Windows 10 atau Windows 11. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error Paint cannot read this file, This is not a valid bitmap file di Windows 10/11"