Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki File Yang Rusak di Windows


System yang crash atau bad sector di hard drive dapat menyebabkan file rusak, itulah sebabnya sangat penting untuk selalu mencadangkan data anda. Jika salah satu file penting anda rusak, maka sangat sulit memperbaikinya. Anda tidak dapat membuat ulang data yang tidak ada.

Namun, ada sedikit kemungkinan anda mungkin ingin memperbaiki file jika itu adalah masalah kecil atau kerusakan data kecil. Tentunya sedikit peluang itu lebih dari cukup bagi anda jika file itu penting. Dan untuk membantu anda dengan itu, berikut ini adalah beberapa cara untuk memperbaiki file yang rusak atau corrupt di Windows.


1. Ubah Format File

Mengubah format file terkadang dapat membantu memperbaikinya. File mungkin tidak dapat dibuka dalam bentuk aslinya, tetapi anda setidaknya harus dapat mengakses konten file. Misalnya, anda dapat mengonversi dokumen Microsoft Word ke format PDF, atau gambar dalam format PNG ke JPG.

Ada konverter online gratis yang tersedia untuk hampir setiap jenis file. Hanya mencarinya di online untuk mengkonversi (format file anda) ke (format file yang ingin anda konversi). Anda harus bisa mendapatkan konverter online yang bagus untuk mengkonversi file anda secara gratis. Di bawah ini adalah beberapa pengonversi file online populer. Silahkan anda coba.

2. Gunakan Program Yang Berbeda

Satu format file dapat dibuka oleh banyak program, baik yang ada di dalam maupun di pihak ketiga. Selain itu, setiap program memiliki algoritme dan persyaratan tersendiri untuk membuka file. Program anda saat ini mungkin tidak dapat membuka file, tetapi program alternatif mungkin dapat membukanya. Sebagai contoh, dokumen Word juga dapat dibuka oleh program alternatif seperti LibreOffice dan bahkan Google Docs.

Anda juga harus mencoba mencari program yang lebih komprehensif untuk membuka file. Misalnya, untuk membuka file video yang rusak, coba gunakan pemutar media VLC bukan pemutar bawaan Windows.

Setelah anda memiliki program alternatif, klik kanan pada file dan arahkan kursor mouse anda ke opsi Open with. Program alternatif harus ada disini. Jika tidak, klik Choose default program untuk membuka semua aplikasi yang terinstal.


3. Jalankan Scan SFC

Scan SFC (System File Checker) membantu mencari file sistem yang rusak dan memperbaikinya secara otomatis. Jika file sistem tertentu mencegah file anda dibuka, atau file itu sendiri adalah file sistem, maka menjalankan SFC scan harus memperbaikinya.


Tekan tombol Win + R untuk membuka Run dan ketik cmd di kotak dialog Run untuk membuka Command Prompt. Ketik sfc /scannow dan tekan Enter. Pemindaian akan dimulai dan akan memakan waktu lima hingga lima belas menit untuk menyelesaikannya.


4. Jalankan Check Disk

Kadang-kadang file menjadi rusak jika bad sector terjadi pada hard drive. Scan Check Disk (chkdsk) dapat mencari bad sector dan memperbaikinya. Setelah diperbaiki, ada kemungkinan file anda dapat diakses lagi.


Untuk menjalankan Check Disk, buka Command Prompt lagi seperti yang kita lakukan dalam solusi di atas dan ketikkan chkdsk dan tekan Enter. Ketika anda menekan Enter, hard drive anda akan dipindai dan kesalahan dan bad sector akan diperbaiki secara otomatis, jika memungkinkan.


5. Gunakan Repair Tool File Pihak Ketiga

Ini adalah harapan terakhir anda untuk memperbaiki file. Untuk mengikuti langkah ini, file harus benar-benar penting karena hampir semua Repair Tool memerlukan pembelian untuk sepenuhnya memperbaiki file. Mereka biasanya datang dengan demo untuk memperbaiki sebagian file, atau mereka hanya dapat memberitahu anda apakah itu dapat diperbaiki atau tidak. Ada Repair Tool yang berbeda untuk jenis file yang berbeda. Berikut ini adalah daftar semua Repair Tool File yang populer.
  • File Repair: Situs web ini berisi lusinan Repair Tool untuk berbagai format file
  • Zip Repair: Dapat memperbaiki file .zip yang rusak
  • Office Fix: Dapat memperbaiki format file Microsoft Office, seperti file Word atau Excel

Jika anda berhasil memperbaiki file anda menggunakan metode di atas, maka anda sangat beruntung. Data yang tidak dapat diperbaiki atau dipulihkan dengan cara apapun. Selanjutnya, anda juga harus segera menyalin semua data ke file baru untuk memastikan tidak ada yang salah lagi.

Semoga berhasil! GBU

Post a Comment for "Cara Memperbaiki File Yang Rusak di Windows"