Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menggunakan Microsoft Defender Offline Untuk Menyingkirkan Malware

 


Meskipun sebagian besar tools keamanan lain menghapus malware setelah Windows dijalankan, namun mereka tidak dapat menghapus beberapa malware yang sulit dihapus seperti Rootkit, karena mereka mengaktifkan kode berbahaya mereka sebelum system operasi Windows dimulai.


Microsoft Defender Offline dapat disimpan ke media yang dapat dilepas seperti CD, DVD, atau drive USB dan dapat dibooting dari itu untuk memulai proses scaning.


Terkadang, malware atau software yang mungkin tidak diinginkan menginstal sendiri di PC anda, saat anda menginstal beberapa software, atau saat anda mengunjungi website yang tidak menyenangkan di Internet. Microsoft Defender Offline dapat membantu menghapus program jahat yang sulit ditemukan. Dipersenjatai dengan file definition, Microsoft Defender Offline dapat mendeteksi software berbahaya dan mungkin tidak diinginkan tersebut dan kemudian memberitahu anda tentang risikonya.



Menggunakan Microsoft Defender Offline Tool


Untuk menggunakan Microsoft Defender Offline, anda perlu mengikuti langkah-langkah berikut dibawah ini.

  • Langkah pertama, anda harus mendownload Microsoft Defender Offline. Download sesuai dengan arsitektur system Windows yang anda gunakan.
  • Buat bootable CD, DVD, atau USB drive. Untuk membuatnya, buka folder download dan klik dobel pada file mssstool64 (saya menggunakan 64-bit).
  • Klik Next untuk melanjutkan.


  • Pilih I Accept untuk menyetujui persyaratan lisensi dan melanjutkan.


  • Sekarang pilih media yang ingin anda gunakan untuk membuat bootable Microsoft Defender Offline dan klik Next.


  • Di jendela ini akan muncul peringatan bahwa media anda akan diformat yang secara otomatis akan menghapus data yang ada di dalamnya. Jadi pastikan anda tidak menyimpan data penting anda di media tersebut sebelum mengklik Next.
  • Selanjutnya proses pembuatan bootable Microsoft Defender Offline dimulai. Ini mungkin membutuhkan waktu karena ia harus mendownload file terlebih dahulu sebelum menginstallnya di media anda.


  • Klik Finish setelah selesai dan anda siap untuk menggunakan bootable Microsoft Defender Offline.


  • Setelah berhasil membuatnya, restart PC anda dan booting dengan menggunakan media Microsoft Defender Offline.


  • Selanjutnya scan PC anda dari malware.
  • Jika ada yang ditemukan, Microsoft Defender Offline akan memberitahu anda.


  • Hapus malware yang ditemukan dari PC anda.

Penting untuk selalu menginstal definition terbaru di Microsoft Defender Offline. Oleh karena itu mendownloadnya hanya saat anda membutuhkannya agar anda memiliki definition terbaru.


Microsoft Defender Offline memungkinkan anda untuk melakukan scan secara offline, dimana itu dapat membantu anda menyingkirkan malware dan software berbahaya yang persisten dan sulit dihapus dengan menggunakan file definition terbaru. Anda dapat melakukan scan saat booting menggunakan Microsoft Defender Offline di Windows 10 atau Windows 11. Dengan melakukan ini, akan membantu memastikan bahwa data dan PC anda tidak terganggu oleh berbagai macam malware yang berkeliaran diluar sana.


Anda juga dapat membaca tutorial saya lainnya tentang cara menghapus virus Windows dengan Linux atau berbagai cara menyingkirkan Autorun.inf.


Sekian tutorial saya kali ini, semoga bermanfaat untuk anda dalam melindungi PC anda dari serangan malware atau virus lainnya. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Menggunakan Microsoft Defender Offline Untuk Menyingkirkan Malware"