Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berbagai Cara Menyingkirkan Autorun.inf


Autorun.inf adalah file teks yang memberikan fungsi AutoPlay dan AutoRun drive yang dapat dilepas. Ini merupakan bagian dari virus Autorun itu sendiri. Agar fungsi AutoPlay dan AutoRun ini berfungsi, file autorun.inf harus ditempatkan di direktori root volume.

Autorun.inf telah disalahgunakan oleh komunitas peretas dan masih digunakan untuk menjalankan program jahat secara otomatis di mesin pengguna tanpa memberitahu pengguna tentangnya. Jika anda mencoba untuk menghapus autorun.inf dan anda menerima pesan error Acces denied atau You need permission to perform this action. Pesan error tersebut ada dua kemungkinan. Yang pertama adalah file terinfeksi oleh virus dan yang kedua adalah virus telah mengunci file sehingga anda tidak dapat menghapus atau memodifikasi file dengan cara apapun. Selain itu antivirus juga telah mengunci file sehingga virus atau malware tidak dapat menginfeksi file tersebut.


Di artikel sebelumnya, saya telah menulis cara melindingi PC anda dari virus Autorun dan juga cara melindungi PC dari virus Autorun menggunakan USB Immnizer. Disana sudah di jelaskan banyak hal tentang virus ini, dan untuk artikel kali ini kita akan fokuskan ke cara untuk menghapus atau menyingkirkan file Autorun.inf ini.

Tidak masalah kasus mana yang anda alami jika anda ingin menghapus file autorun.inf yang korup. Beberapa metode dibawah ini dapat anda lakukan untuk menyingkirkan virus ini. Ikuti metode yang anda anggap paling mudah dan sesuai dengan kasus yang anda alami.


1. Backup Data dan Format Drive

Cara termudah untuk menghapus file autorun.inf adalah dengan mengcopy semua data ke hard disk anda dan kemudian memformat drive yang berisi file autorun.inf tersebut.

Ini adalah langkah termudah yang anda tempuh untuk menyingkirkan file Autorun.inf ini, namun jika tidak menyelesaikannya, ikuti metode selanjutnya.


2. Ambil Kepemilikan File

  • Buka Command Prompt dengan hak admin. Anda dapat mencarinya di Start menu dan klik Run as administrator.
  • Setelah command prompt muncul, masukan perintah berikut di dibawah ini dan tekan Enter. Jangan lupa mengganti drive letter G: dengan drive letter milik anda.

takeown /f G:\autorun.inf


  • Setelah anda mengambil kepemilikan melalui perintah di atas, buka USB drive anda dan hapus file AutoRun.inf secara permanen dari drive. Klik kanan file Autorun.inf dan pilih Delete.


3. Hapus File Autorun.inf dengan command prompt

Buka Command Prompt dengan hak admin seperti langkah diatas kemudian masukan perintah berikut di dibawah ini satu per satu dan sambil menekan Enter.

cd G:
attrib -r -h -s autorun.inf
del autorun.inf


Jika anda mendapatkan error akses ditolak saat menjalankan perintah di atas, maka anda perlu mengambil kepemilikan file. Anda dapat membaca tutorial saya lainnya tentang cara mengambil kepemilikan file atau folder.

Setelah mengambil alih kepemilikan file, anda dapat mengulangi metode diatas.



4. Hapus file Autorun.inf dalam Safe Mode

Untuk metode ini, anda harus masuk Windows dengan safe mode. Untuk melakukannya anda dapat membacanya DISINI untuk Windows 10 dan DISINI untuk Windows 8.

Setelah masuk ke Safe mode, anda dapat menggunakan Metode 3 untuk menyingkirkan file Autorun.inf.


5. Jalankan CCleaner dan Malwarebytes

  • Jalankan Malwarebytes dan biarkan ia menscam system anda untuk mencari file berbahaya.
  • Jika malware ditemukan maka secara otomatis akan menghapusnya.
  • Setelah itu jalankan CCleaner dan di bagian Custom clean, di bawah tab Applications, saya sarankan untuk memeriksa pilihan berikut untuk dibersihkan. Lihat gambar dibawah ini.

  • Setelah anda memastikan ceklist sudah di berikan pada masing-masing kotak opsi, cukup klik Analyze dan Run Cleaner dan biarkan CCleaner menjalankan tugasnyanya.
  • Untuk membersihkan system anda lebih lanjut pilih tab Registry dan pastikan hal-hal berikut diberi ceklist. Lihat gambar dibawah ini.

  • Setelah itu klik Scan for Issue dan biarkan CCleaner menscannya. Dan setelah proses scan selesai, klik Fix Selected Issues untuk memperbaiki masalah.
  • Restart PC anda untuk menerapkan perubahan.

Itulah beberapa metode yang dapat anda lakukan untuk menghapus file Autorun.inf. Sekian tutorial kali ini dan semoga membantu. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Berbagai Cara Menyingkirkan Autorun.inf"