Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lindungi Komputer Anda Dari Infeksi Autorun dengan USB Immunizer


Tidak diragukan lagi, USB flash drive adalah alat luar biasa yang meningkatkan portabilitas kita dan memungkinkan kita untuk mentransfer file dengan mudah dari satu komputer ke komputer lain. Dengan popularitas yang terus berkembang, perangkat ini digunakan oleh semua orang dan menjadi target pilihan para peretas dan penjahat dunia maya lainnya untuk menanam virus dan kode berbahaya lainnya.


Bagaimana Infeksi ini Bekerja?

Peretas memanfaatkan fitur Autorun yang diterapkan oleh pengembang Windows dari waktu ke waktu. Meskipun fitur Autorun ini berguna karena akan menjalankan media yang kita masukkan ke komputer kita secara otomatis, namun infeksi ini dapat ditempatkan di samping instruksi autorun. Dengan demikian setiap kali perangkat dijalankan secara otomatis, maka instruksi tersebut juga akan dijalankan dan menginfeksi seluruh mesin Windows anda. Mengingat bahwa flash drive dimaksudkan untuk menjadi portabel dan digunakan di banyak komputer yang berbeda, cukup mudah untuk memahami seberapa besar masalah infeksi ini.


Tindakan Kuncinya adalah Pencegahan

Ini mungkin terlihat jelas dan umum dilakukan oleh setiap pengguna, tetapi pencegahan adalah kuncinya disini. Seperti yang selalu anda lakukan saat online, berhati-hatilah dengan situs yang anda kunjungi dan file yang anda download dan menempatkannya di USB drive anda. Selain itu, pastikan untuk mengaktifkan system perlindungan di komputer anda, dengan antivirus yang diupdate dan jika mungkin firewall yang diaktifkan.

Setiap kali anda ragu apakah sebuah file aman, lakukan scan file dengan software antivirus anda. Selain itu, anda harus menscan seluruh flash drive secara berkala untuk mencari infeksi sebagai tindakan keamanan penting lainnya.


Melindungi Komputer Anda

Jadi sekarang, setelah bagian pencegahan selesai, USB drive anda akan bersih dari segala jenis virus. Tapi bagaimana dengan semua USB drive lain yang dihubungkan orang lain ke komputer anda? Beberapa program antivirus menscan USB drive segera setelah dihubungkan, tetapi beberapa yang lain (terutama yang gratis) tidak melakukan itu, jadi meskipun anda menscan drive secara manual setelah menghubungkannya, pada saat itu program autorun telah dijalankan dan komputer anda terinfeksi. Itu artinya cara ini kurang baik. Anda kemudian harus memutuskan apakah ingin mengganti antivirus anda atau mengupgradenya.


Namun untungnya, ada yang dapat membantu anda. Mari kita lihat USB Immunizer, yang dikembangkan oleh BitDefender Labs.

USB Immunizer adalah software kecil yang hanya berdiam di taskbar anda dan akan bertindak saat diperlukan yaitu saat anda menghubungkan USB drive. Tindakan program ini hanya untuk menghentikan pemicu autorun pada flash drive USB. Software ini juga memiliki tindakan untuk "mengimunisasi" mereka.


Terdiri dari apakah “imunisasi” ini? Biasanya, informasi autorun disimpan di dalam file bernama autorun.inf yang disembunyikan. File ini dapat berisi informasi yang tidak berbahaya seperti nama atau ikon drive, tetapi juga dapat digunakan untuk menempatkan bagian pengkodean yang berbahaya untuk menyebarkan virus, malware, dan infeksi lainnya. Proses imunisasi USB Imunnizer secara aman menggantikan file autorun.inf dengan file yang bersih (juga tersembunyi) yang karena beberapa trik teknis, Windows tidak dapat mengacaukannya - tidak dapat dihapus atau ditimpa, kecuali drive diformat atau diakses di luar Windows. Ini karena hanya ada satu file autorun.inf di dalam sebuah drive, yang berarti tidak mungkin Windows membuat file autorun.inf lain. Di dalam software, imunisasi terjadi seperti yang ditunjukkan oleh .gif di bawah ini.


Setelah imunisasi, autorun.inf, yang biasanya hanya sebuah file, sekarang berubah menjadi folder, seperti yang di ilustrasikan pada gambar di bawah ini (untuk melihatnya, anda harus mengatur system anda untuk meampilkan file tersembunyi).



USB Immunizer hadir dengan opsi yang jika diaktifkan, maka secara otomatis akan mengimunisasi semua flash drive USB baru yang dihubungkan ke komputer anda sehingga anda tidak perlu melakukan scan setiap saat. Program ini tersedia dalam beberapa bahasa berbeda, tetapi tidak dapat diubah sama sekali, bahkan di menu. Sebagai gantinya, ia mengatur bahasanya sesuai dengan pengaturan Region dan Language system operasi anda.

Ini adalah program gratis yang bekerja pada semua versi Windows, jadi pastikan untuk melihat dan meningkatkan keamanan komputer dan USB drive anda.

Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Lindungi Komputer Anda Dari Infeksi Autorun dengan USB Immunizer"