Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Melindungi PC Anda dari Virus Autorun


Apa itu virus Autorun? Apakah anda pernah mendengarnya?Tampaknya setiap hari, para hacker atau peretas selalu menemukan cara baru untuk masuk ke system komputer kita. Namun, yang akan saya gambarkan disini memang virusnya sudah cukup lama, tetapi kemudian ini berubah menjadi masalah global. Cukup bagi satu orang untuk ceroboh agar epidemi skala besar terjadi. Inilah mengapa kita perlu membahas virus autorun dan memastikan bahwa pada saat anda selesai membaca ini, anda dipersenjatai dengan pengetahuan yang cukup untuk melindungi diri anda dari virus tersebut.


Apa Itu Virus Autorun?

Saat anda memasukkan CD/DVD atau menghubungkan USB drive ke komputer anda, anda mungkin mendapatkan popup yang menanyakan apakah anda ingin menjalankan aplikasi yang dapat dijalankan di dalamnya atau menjelajahi folder. Dalam kasus lain, anda mungkin melihat program yang ada di dalam disk/USB segera terbuka sendiri.

Autorun adalah fitur dasar Windows dan system operasi lain yang secara otomatis membuka data penting pada disk, memandu dirinya sendiri dengan file rahasia kecil yang dikenal sebagai autorun.inf. File itu memberitahu system operasi apa yang harus dimuat saat disk dimasukkan. Hal yang sama berlaku untuk USB drive dan SD card.

Virus Autorun memanfaatkan fitur ini dan menggunakannya untuk menjalankan dirinya sendiri di komputer anda. Dengan cara ini, anda akan terinfeksi segera setelah anda memasukkan USB drive.



Bagaimana Melindungi PC Anda

Anda mungkin menggunakan USB Immunizer untuk melindungi komputer anda dari infeksi autorun, tetapi jika anda menginstal aplikasi pihak ketiga bukanlah menjadi solusi yang mudah untuk menyelesaikan masalah, maka berikut ini adalah solusi yang lebih mudah dalam nonaktifkan autorun fitur sepenuhnya.

Autorun mungkin merupakan fitur yang nyaman, tetapi ini lebih menjadi beban. Anda mungkin tidak benar-benar menggunakan fitur ini, dan anda juga membuat diri anda terinfeksi dengan terus mengaktifkannya.

Hal terbaik untuk dilakukan dalam kasus ini adalah menonaktifkan autorun sepenuhnya. Jika anda menggunakan Windows 7 atau 8, anda dapat mengikuti proses ini:

  • Buka  Group Policy Editor dengan menekan Win + R kemudian ketik gpedit.msc dan tekan Enter.

  • Di jendela Group Policy Editor, arahkan ke lokasi berikut dibawah ini.

  • Setelah anda berada dilokasi tersebut, klik dobel pada Turn off Autoplay di panel kanan.

  • Di jendela pengeditan kebijakan, pilih Enabled untuk menonaktifkan fitur dan pastikan bahwa All drives ditampilkan di bawah bagian Options.

  • Setelah itu klik OK untuk menyimpan perubahan.

Jika anda telah terinfeksi dengan virus Autorun ini maka untuk membersihkannya, anda dapat membaca tutorial saya lainnya tentang berbagai cara menyingkirkan Autorun.inf. Saya memiliki beberapa cara untuk menyingkirkan virus ini, jadi silahkan klik link diatas untuk mendapatkan langkah-langkahnya.



Tambahan : Cara Melindungi Diri Anda dari Virus Firmware

Virus firmware adalah bagian dari kode infeksi yang menginjeksi dirinya sendiri ke dalam hardware drive anda. Bahkan jika anda telah menonaktifkan autoplay, hal itu masih tetap akan membahayakan komputer anda setiap kali anda menghubungkan USB drive yang sudah terinfeksi virus. Memformat drive juga tidak akan membantu dan begitu pula metode perlindungan virus konvensional lainnya. Virus ini sangat sulit dideteksi dan bahkan lebih sulit untuk menghilangkannya.

Infeksi virus ini hampir mustahil untuk diperbaiki oleh pengguna komputer pada umumnya. Bahkan menguninstall komputer anda tidak akan menghilangkan malware di firmware. Saat anda melakukan clean install system atau mengganti system operasi pada komputer anda, virus firmware tersebut tetap ada. Satu-satunya cara untuk menghilangkan virus firmware adalah dengan memprogram ulang atau mengganti chip yang berisi firmware.

Untuk melindungi komputer anda dari virus firmware ini, anda harus menggunakan beberapa aturan yang sangat ketat:

  • Jangan berikan USB drive anda kepada siapapun. Siapapun yang anda berikan dapat memasukan sesuatu ke dalam drive yang dapat melacak penekanan tombol anda, dan anda bahkan tidak akan tahu apa yang sedang menyerang anda.
  • Jangan gunakan USB drive orang lain di komputer anda.
  • Ketika seseorang ingin berbagi file dengan anda, mohon minta orang tersebut menyimpan file di server cloud (seperti Google Drive) dan membagikannya di sana.
  • Dan jangan mendownload file dari website yang anda ragukan keamanannya.
  • Jika anda menerima email yang berisi link atau lampiran, jangan klik atau buka kecuali anda yakin akan sumbernya.
  • Hindari mengunjungi situs web tidak dikenal yang dapat berisi kode berbahaya yang dapat ditransfer ke komputer anda hanya dengan membuka halaman.

Berbagi saran ini akan menurunkan kemungkinan epidemi virus untuk semua orang, termasuk anda. Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengatasi serangan virus Autorun dan firmware ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Melindungi PC Anda dari Virus Autorun"