Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengambil Alih Kepemilikan File atau Folder di Windows 10/11


Kadang-kadang kita terlalu mudah untuk melupakan bahwa PC merupakan singkatan dari Personal Computer, dimana itu menyiratkan bahwa kita sebagai pemilik komputer memiliki kontrol penuh dan kepemilikan atas segala sesuatu yang terjadi pada Windows 10 maupun Windows 11.

Tetapi denga perkembanga yang begitu pesat ini Windows tidak selalu tunduk dengan keinginan anda, dan kadang-kadang anda mungkin melihat pesan yang mirip dengan yang ada di bawah ini - meskipun mungkin dengan program selain TrustedInstaller yang menghalangi jalan anda:


Untuk mengatasi hal seperti yang di tunjukan gambar diatas, kali ini artikel ini akan menunjukkan kepada anda cara mengubah batasan ini agar kita dapat mengambil kepemilikan atas file atau folder apapun di Windows 10 mapupun di Windows 11. Namun pertama-tama, ingatlah bahwa meskipun Windows terkadang salah tentang file atau folder apa yang anda lakukan dan tidak memiliki izin untuk menghapus, terkadang ia tahu apa yang terbaik untuk anda dan harus dilakukan.

Dengan mengingat hal itu, mari kembalikan kontrol anda dan mengambil alih kepemilikan atas semua file dan folder di Windows 10 atau Windows 11.

Catatan: Sebagai contoh untuk artikel ini, saya akan mengambil alih kepemilikan folder addins, tetapi sekali lagi ini hanya contoh dan tidak berarti anda harus melakukannya juga.


Ambil Alih Kepemilikan di Windows 10/11

1. Pertama, navigasikan ke folder atau file yang anda coba hapus di Windows Explorer. (Dalam contoh ini adalah C:\Windows\addins)


2. Klik kanan folder tersebut, lalu pilih Properties - tab Security - Advanced.


3. Di jendela baru (Advanced Security Settings) klik Change di sebelah label Owner di bagian atas.


4. Di jendela baru (Select User or Group), ketikkan alamat email akun Windows anda ke dalam kotak Enter the object name to select. Jika anda tidak yakin, klik Advanced di jendela baru, klik Find Now lalu klik doble nama akun Windows anda di hasil pencarian yang muncul.


Anda sekarang harus dikirim kembali ke jendela sebelumnya dengan nama akun anda muncul di kotak Enter the object name to select. Klik OK.


Anda sekarang akan kembali ke jendela Advanced Security Settings. Ada baiknya disini untuk memberi ceklist pada kotak Replace owner on subcontainers and objects, karena itu akan memberi anda izin penuh untuk memodifikasi dan menghapus semua file yang ada dalam folder yang ingin anda hapus. Klik OK, (Jika anda tidak melakukan ini, anda mungkin harus melewati seluruh proses lagi hanya untuk menyingkirkan semua yang ada di folder itu).


5. Di Windows Explorer klik kanan folder yang ingin anda hapus lagi dan klik Properties - tab Security - Advanced - Add.


6. Di jendela Permission Entry klik Select a principal di bagian atas, tambahkan nama pengguna Windows anda ke dalam kotak Enter the object name to select seperti yang anda lakukan sebelumnya, lalu klik OK.


7. Kembali ke kotak Permission Entry, beri ceklist pada kotak Full control dan klik OK.

8. Di kotak Advanced Security Settings, klik OK. Anda sekarang dapat menghapus file atau folder tersebut.


Ini adalah salah satu cara yang paling komprehensif untuk mengambil  alih kepemilikan file dan folder di Windows 10 atau Windows 11 dan merupakan cara yang bagus untuk menyingkirkan file atau folder seperti folder Windows.old yang ditakuti yang berisi sisa-sisa instalasi Windows anda yang tidak perlu.

Namun, selalu berpikir dengan hati-hati ketika anda melihat peringatan yang mengatakan anda tidak memiliki izin untuk menghapus folder yang diberikan. Pastikan itu bukan file atau folder system penting dan lakukan riset tentang file atau folder tersebut anda sebelum melanjutkan. Jika anda tidak yakin, setidaknya buat backup folder itu dan simpan di tempat lain di hard drive anda selama seminggu atau lebih, untuk berjaga-jaga jika anda perlu mengembalikannya jika komputer anda mulai menunjukan gelagat yang kurang baik setelah anda menghapus file atau folder tersebut. Anda juga dapat membaca tutorial saya tentang cara reset permission file dan folder ke Default di Windows 10/11 untuk mengembalikannya ke default jika anda lupa membackupnya.

Anda juga mungkin perlu membaca arikel saya lainnya tentang Cara Cepat Menghapus File Yang Tidak Dapat Dihapus di Windows. Semoga membantu anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah untuk berbagi pemikiran dan pengalaman khusus tentang artikel kali ini. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Mengambil Alih Kepemilikan File atau Folder di Windows 10/11"