Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Reset Permission File dan Folder ke Default di Windows 10/11

 


Untuk dapat mengakses sebuah file atau folder system, anda jelas harus mengambil alih kepemilikan file atau folder tersebut. Di artikel sebelumnya sudah dijelaskan bagaimana cara mengambil kepemilikan file atau folder. Setelah mengubah permission file atau folder di Windows karena alasan tertentu, kemungkinan besar anda ingin mereset pengaturannya ke default.


Untuk mengubah pengaturannya ke default sedikit sulit untuk dilakukan karena opsi ini tidak dibangun ke dalam system. Jadi kita harus menggunakan perintah secedit dan icacls untuk mengkonfigurasi ulang.



Cara Mereset Permission File dan Folder ke Default


Keamanan itu penting karena bukan hanya pengguna lain saja yang dapat mengakses file system anda, tetapi program yang anda instal di komputer juga mendapatkan akses yang sama.


Kabar baiknya adalah memperbaiki permission ke default itu mudah, dan yang anda butuhkan hanyalah menjalankan program command line untuk memperbaikinya. Sebelum melanjutkan, ada baiknya untuk membuat system restore point terlebih dahulu, sehingga jika ada yang salah maka anda dapat memulihkan system anda.



1. Jalankan Perintah icacls


Metode pertama untuk mengatasi ini adalah dengan menggunakan perintah icacls. Namun, anda harus terlebih dahulu mengambil alih kepemilikan folder dan kemudian menjalankan perintah. Windows menggunakan Access Control List untuk mengonfigurasi permission untuk semua file dan folder. Icacls adalah utilitas command line yang dapat menampilkan dan mengubah permission pada file tertentu dan menerapkannya.


Muncul dengan opsi reset yang menggantikan ACL dengan ACL default bawaan untuk semua file yang cocok. Saya akan menggunakan opsi berikut untuk mengatur ulang

  • t : Beroperasi pada semua file yang ditentukan dalam direktori saat ini dan subdirektorinya.
  • q : Menyembunyikan pesan sukses.
  • c : Melanjutkan operasi meskipun ada error file. Pesan error akan tetap ditampilkan.


Buka command prompt dengan hak admin. Anda dapat mencarinya di Search Windows dengan mengetik cmd dan pilih atau klik kanan pada command prompt dan klik Run as administrator. Anda juga dapat membukanya dengan menekan tombol Win + R, ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter.


Selanjutnya masukan perintah berikut dibawah ini dan tekan Enter.


icacls * /t /q /c /reset



Setelah selesai menjalankan perintah di atas, anda harus menyimpan ipermission ke dalam file yang dapat digunakan lagi nanti atau diterapkan ke komputer lain.


2. Jalankan Perintah Secedit

Ini memungkinkan anda untuk mengkonfigurasi dan menganalisis keamanan system anda dengan membandingkan konfigurasi saat ini dengan template.

Mengkonfigurasi dan menganalisis keamanan system dengan membandingkan konfigurasi keamanan anda saat ini dengan template keamanan yang ditentukan.

  • Buka command prompt dengan hak admin seperti pada langkah di atas.
  • Setelah terbuka, masukan perintah berikut dibawah ini dan tekan Enter.

secedit /configure /cfg %windir%\inf\defltbase.inf /db defltbase.sdb /verbose

Anda mungkin mendapatkan peringatan, tetapi anda dapat mengabaikannya dengan aman.



Mengubah permission pada Windows itu rumit karena tidak ada cara untuk kembali ke permission default setelah anda mengubahnya. Itu seharusnya sudah ada sejak awal dan biarkan pengguna Windows memperbaikinya sendiri.

Saya harap kedua metode diatas berguna dan membantu anda dalam mereset permission file & folder ke default di Windows anda.


Sekian tutorial kali ini. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini, atau anda ingin mendapatkan tutorial lainnya yang berhubungan dengan permasalahan yang sedang anda hadapi. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Reset Permission File dan Folder ke Default di Windows 10/11"