Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengubah, Mereset, dan Mengganti File Association di Windows 10/11


File association adalah bagian penting dari fungsi dalam menjalankan Windows, jadi pastikan bahwa jenis file yang tepat secara otomatis terbuka dengan perangkat lunak (software) yang tepat adalah suatu keharusan. Tetapi bagaimana jika anda menetapkan file association yang salah atau hanya ingin mengubahnya ke program yang lebih baik? Windows 10 telah terbukti lebih ketat daripada versi Windows sebelumnya dalam hal file association dan bisa sangat sulit jika anda hanya ingin menghapus file association sama sekali.

Untungnya, saya memiliki jawabannya, menunjukkan kepada anda cara mengubah, mereset, dan mengganti asosiasi file di Windows 10 atau Windows 11.


Cara Mengatur dan Mengubah File Association

Pertama, hal mudah. Anda mungkin pernah ditanya seribu kali oleh Windows ketika membuka file apakah anda ingin mengasosiasikannya dengan program tertentu. Mungkin anda hanya memilih salah satu program yang disarankan, dan itulah akhirnya.

Tetapi program yang disarankan Windows tidak selalu yang benar, jadi bagaimana anda memilih apa yang anda inginkan?

Ada dua cara untuk melakukannya:

Pertama, anda dapat mengeklik kanan file yang keterkaitannya ingin anda ubah, lalu pilih Open With. Jika program yang ingin anda buka tidak ada di sana, klik Choose another app di bagian bawah jendela.


Di kotak baru anda akan melihat banyak daftar yang sama seperti sebelumnya, tetapi gulir ke bawah dan klik More apps dari daftar panjang yang muncul. Pilih aplikasi yang anda ingin kaitkan dengan file dan beri ceklist Always use this app to open .xxx files.


Jika aplikasi yang anda inginkan tidak muncul di daftar, jangan repot-repot dengan opsi Look for another app on this PC. Itu hanya akan membuka file dengan program yang anda pilih dengan sekali pakai.

Untuk mengelola file association anda dengan benar, klik pencarian Cortana, ketik default app settings dan klik open di hasil pencarian. Disini anda akan melihat ikhtisar dari asosiasi file default. Klik salah satu program dalam daftar untuk melihat opsi lain anda untuk fungsi itu.


Untuk melihat daftar asosiasi file yang lebih lengkap, gulir ke bawah dan klik Choose default applications by file type. Ini akan menunjukkan daftar lengkap semua jenis file yang tersedia dan aplikasi yang terkait dengannya.


Anda dapat mengeklik semua ini, tetapi dalam banyak kasus anda akan menemukan bahwa tidak ada opsi yang tersedia. Ini terjadi dengan jenis file yang lebih tidak jelas, seperti berbagai format gambar esoterik yang hanya terbuka dengan software pengeditan gambar seperti Photoshop. Jika anda memiliki program yang tepat, tetapi tidak muncul sebagai opsi dalam daftar asosiasi, anda dapat memaksa association menggunakan command prompt (lihat sub judul berikutnya).


Jika anda mau, dari layar utama Default apps, anda dapat mengklik Reset untuk me-reset file association ke default yang direkomendasikan Microsoft. (Peringatan: Microsoft tentu saja akan mengarahkan anda kembali menggunakan software mereka sendiri).


Cara Reset atau Hapus File Association di Command Prompt

Mereset file association menjadi sedikit lebih rumit, dan anda harus melakukannya melalui command prompt. Dan untuk melakukannya, ikuti langkah dibawah ini.
  • Klik pencarian Cortana dan ketik cmd. Kemudian klik Run as Administrator pada opsi Command Prompt.
  • Di Command Prompt ketik perintah dibawah dan tekan Enter. (Catatan : "filename" adalah nama aplikasi yang ingin anda diskorsikan, dan "ext" adalah ekstensi, seperti .jpg, bin, .mp3 atau apapun).
ftype filename.ext=
  • Jika anda tidak yakin nama file, cukup masukkan "assoc" ke dalam command prompt untuk melihat daftar semua asosiasi jenis file. Bit yang ingin anda masukkan setelah "ftype" adalah seluruh bagian setelah simbol =.
  • Untuk kepentingan contoh, saya memutuskan untuk memisahkan ekstensi "wtv" dari VLC, jadi perintah yang saya ketik adalah
ftype vlc.wtv=


Setelah anda memasukkan perintah, jenis file harus dipisahkan/kosong, dan anda dapat menetapkan yang baru ketika anda mencoba membuka jenis file itu di lain waktu.

Atau, jika anda ingin menggunakan command prompt untuk mengaitkan atau memadukan kembali file dengan aplikasi, cukup ikuti format di bawah ini, mengganti "wtv" dan direktori dengan ekstensi dan direktori program yang ingin anda asosiasikan dengan:

assoc .wtv="C:\Program Files (x86)\VideoLAN\VLC\vlc.exe"


Artikel ini memberitahu anda semua yang perlu anda ketahui tentang file association dan memberi anda kontrol atas program mana yang menggunakan ekstensi yang mana. Meskipun metode command prompt mungkin sedikit lebih rumit, namun lebih terbatas daripada jendela Default apps. Jadi jika program yang anda inginkan tidak muncul di sana, maka anda dapat memaksa association melalui command prompt yang terpercaya.

Semoga dapat membantu anda. Apakah anda masih bingung dengan metode diatas? Atau anda mempunyai metode yang lain, yang lebih sederhana? Silahkan bagikan dengan saya dan lainnya di kolom komentar dibawah ini. Terimakasih. GBU

Post a Comment for "Cara Mengubah, Mereset, dan Mengganti File Association di Windows 10/11"