Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Masuk ke Safe Mode di Windows 8 / 8.1


Windows Safe mode benar-benar berguna ketika PC anda shuts down karena beberapa masalah, dan/atau menolak untuk boot secara normal. Jika anda tidak terbiasa dengan Safe mode, Safe mode akan menjalankan Windows hanya dengan sekumpulan file dan driver terbatas - artinya tidak ada program yang secara otomatis akan berjalan dengan Safe mode. Juga, PC Windows anda tidak akan terhubung ke jaringan. Dengan Safe Mode, infeksi tidak mungkin menjadi lebih buruk. Anda dapat dengan mudah menemukan dan memecahkan masalah dengan PC anda dengan menggunakan fitur ini, ini menjaga hardware atau tanggal anda aman.

Bagi anda yang telah menggunakan Safe mode sebelumnya akan tahu bahwa Safe mode benar-benar mudah ditemukan di semua versi sebelumnya di Windows hingga Windows 7. Sekarang, bukannya prosedur lama, mulai dari Windows 8, system memonitor prosedur startup dan setiap kali masalah terdeteksi di komputer anda, anda akan secara otomatis diarahkan ke Recovery Mode baru. Pada titik ini Aanda akan disajikan dengan pesan: "Recovery. It looks like Windows didn’t load correctly.”


1. Cara Boot Ke Safe Mode Saat Windows Berjalan Seperti Biasanya
  • Tekan Win + R untuk membuka dialog Run. Ketik msconfig dan tekan Enter atau OK.
  • Navigasikan ke tab Boot. Periksa opsi Safe Boot, diikuti oleh jenis Safe Mode yang ingin anda capai. Kami menggunakan Minimal, tetapi anda dapat menggunakan mode manapun yang anda butuhkan. Klik Apply.

Itu semuanya - ketika anda me-reboot komputer anda setelahnya, maka secara otomatis Windows akan mulai berjalan di Safe Mode.

Sekarang, bagian yang penting. anda perlu tahu bahwa dengan pengaturan ini, system anda akan selalu boot dalam Safe Mode. Setelah anda menyelesaikan masalah dan tidak lagi membutuhkan PC anda untuk boot dalam Safe Mode, jalankan msconfig lagi, dan hapus ceklist opsi Safe Mode.


2. Boot Ke Safe Mode Menggunakan Shift + Restart

Metode kedua untuk boot ke Safe Mode Windows sementara komputer anda bekerja secara normal adalah dengan menggunakan opsi Shift + Restart.
  • Tekan tombol Power di menu Settings di Charms bar (Win + C) atau di layar masuk Windows. Tekan dan tahan tombol Shift pada keyboard anda, dan klik Restart.
  • Setelah beberapa detik, Windows akan menyajikan anda dengan layar yang serupa dengan yang ada di bawah dan meminta anda untuk memilih opsi. Pilih Troubleshoot.
  • Klik Advanced Options.
  • Pilih Startup Settings.
  • Anda akan diberi tahu tentang fakta bahwa anda akan restart untuk mengubah beberapa opsi Windows, termasuk mengaktifkan Safe Mode. Cukup tekan Restart.
  • PC anda akan restart lagi dan akan menampilkan sembilan pengaturan startup, termasuk cara mengaksesnya menggunakan tombol Fn. Safe Mode, Safe Mode with Networking dan Safe Mode with Command Prompt akan dimasukkan dalam daftar ini.
  • Pilih di mode mana anda ingin menjalankannya di Windows dengan menggunakan tombol-tombol berikut:
Tombol F4 - Enables Safe Mode
Tombol F5 - Enables Safe Mode with Networking
Tombol F6 - Enables Safe Mode with Command Prompt

Setelah anda memilih mode yang anda inginkan untuk boot, Windows akan boot sesuai dengan pengaturan yang anda pilih.


3. Cara Boot Ke Safe Mode Saat Windows Anda Tidak Berjalan

Metode ini sedikit rumit, karena membutuhkan banyak upaya dan kesabaran untuk meluncurkan recovery mode ketika urutan start up sedang berlangsung.

Mengapa urutan ini jarang berhasil? Mengutip dari postingan di blog resmi Microsoft menjelaskan fakta bahwa perilaku khusus ini disebabkan oleh pekerjaan mereka dalam merancang prosedur boot yang sangat cepat. Baik Windows 8 dan Windows 8.1 memiliki waktu boot tercepat yang pernah ada.

“Windows 8 has a problem – it really can boot up too quickly. So quickly, in fact, that there is no longer time for anything to interrupt boot. When you turn on a Windows 8 PC, there’s no longer long enough to detect keystrokes like F2 or F8, much less time to read a message such as “Press F2 for Setup.” For the first time in decades, you will no longer be able to interrupt boot and tell your PC to do anything different than what it was already expecting to do.”

Kemungkinannya adalah jika anda memiliki PC modern dengan drive SSD yang sangat cepat, tidak mungkin anda dapat menghentikan prosedur boot dengan upaya penekanan tombol. Namun pada PC lama, dengan BIOS klasik dan tidak ada SSD, menekan tombol ini mungkin masih bisa berfungsi.
  • Setelah anda menyalakan PC anda dan melewati layar BIOS splash, segera tahan tombol Shift dan berulang kali menekan tombol F8. Ini mungkin tidak berfungsi untuk pertama kalinya, tetapi terus berusaha, anda pasti akan mencapai pada tahap tertentu. Setelah anda berhasil melakukannya, anda harus dibawa ke Recovery mode.
  • Klik opsi See advanced repair options. Setelah anda mencapai layar berikutnya, cukup tekan opsi Troubleshoot.
  • Di menu troubleshoot, klik Advanced Options. Lakukan hal itu, dan anda akan melihat Windows Startup Settings.
  • Layar berikutnya akan meminta anda untuk me-restart PC/Laptop anda. Setelah selesai, anda akan disajikan dengan layar Advanced Boot Option (sama seperti yang dikenalkan pada Windows XP). Anda dapat memilih Safe Mode disana.

OK! Hanya itu saja. Anda harus tahu bahwa ada cara lain untuk memuat Windows 8 / 8.1 menggunakan recovery media juga, tetapi metode yang ditunjukkan di atas adalah yang paling mudah dari semuanya. Terima kasih atas kunjungannya. GBU

Post a Comment for "Cara Masuk ke Safe Mode di Windows 8 / 8.1"