Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghapus Virus Windows dengan Linux

 


Virus. Itu terjadi pada hampir semua orang. Jika hal itu tidak pernah terjadi pada anda, maka anda adalah orang yang tidak pernah bergabung dengan website 'aneh' diluar sana dan mungkin anda orang yang paling beruntung. Namun jika anda membaca artikel ini, setidaknya saya tahu bahwa komputer anda sedang berada dalam masalah dengan virus.


Di artikel sebelumnya, saya sudah menuliskan tentang cara mengatasi serangan virus dan memulihkan file serta beberapa artikel lainnya yang lebih spesifik untuk mengatasi jenis virus tertentu. Masalahnya adalah semuanya bisa menjadi sangat kacau sehingga Windows bahkan tidak dapat dimulai dengan benar. Dan jika itu terjadi, virus telah tertanam begitu dalam sehingga anda tidak dapat mengakses file dan tools yang anda perlukan untuk menghapusnya.


Satu-satunya jalan adalah anda harus masuk ke Linux. Dengan booting dari Live CD atau USB Linux, anda kemudian dapat menghapus program yang melanggar secara manual atau dengan program anti virus yang berbasis Linux. Tutorial kali ini akan mencakup pembuatan system Linux USB bootable serta perbandingan opsi software anti virus.



Memilih Linux Distro


Ada beberapa kriteria yang harus diperhatikan ketika memutuskan dengan tepat mana yang akan anda gunakan. Kita menginginkan sesuatu yang cukup kecil, berjalan dengan baik dari USB, otomatis mendeteksi hard drive lokal dan dapat bekerja dengan file persistence sehingga kita dapat menyimpan program baru dan mengupdate langsung ke USB drive.


Saya akan merekomendasikan CrunchBang Linux. Ini memenuhi semua kriteria di atas, ini berbasis Ubuntu dan distro yang sangat apik yang akan bekerja dengan baik untuk tujuan ini. Juga, termasuk distro manapun yang anda putuskan dengan memilih opsi 32 bit. Komputer anda mungkin siap menggunakan 64 bit tetapi untuk komputer lainnya mungkin tidak, dan kita membutuhkan software ini untuk portabel.



Menginstall Linux ke USB Drive


Ini adalah topik yang telah kita bahas sebelumnya di Mastertipsorialindo, jadi anda langsung saja membaca tutorial saya tentang cara membuat USB Linux Distro dengan Lili USB Creator.


Saya merekomendasikan Lili untuk membuat USB Linux karena memudahkan untuk membuat file persistence sehingga perubahan anda dapat disimpan di USB drive dan agar anda tidak perlu menginstal ulang dan mengupdate anti virus setiap kali anda menggunakannya.



Software Antivirus Untuk Linux


Sejumlah vendor anti virus komersial dan independen membuat versi Linux, dengan berbagai kerumitan dan tingkat fungsionalitas. Beberapa dari mereka yang terkenal termasuk AVG, Avast, Panda dan ClamAV.


Kita akan menggunakan Clam Antivirus karena anti virus ini paling sederhana dalam penginstalannya, tidak memerlukan pendaftaran, dan melakukan tugas dengan sangat baik dalam mendeteksi dan menghapus file yang terinfeksi. Ini harus tersedia untuk didownload untuk hampir semua system Linux dari website Clam.



Menjalankan Scan


Sebagai permulaan, anda mungkin ingin menjalankan update setelah Clam diinstal sehingga scan kita akan mendapatkan definisi virus terbaru. Untuk melakukan ini, buka command prompt dan jalankan perintah berikut ini.


sudo freshclam

Meskipun ada GUI bernama Clamtk yang tersedia untuk didownload, kita akan menggunakan antarmuka command line. Ini karena Clamtk tidak memiliki beberapa opsi konfigurasi yang akan kita teruskan ke anti virus.

Untuk menjalankan scan, kita perlu mengetahui beberapa hal. Pertama adalah lokasi yang ingin anda scan. Jika anda menscan drive Windows dari system Linux langsung seperti yang diinginkan, anda dapat menemukannya dengan mengklik drive tersebut dari panel kiri browser file anda dan melihat jalur yang ditampilkan di address bar.



Kemudian kita memiliki beberapa opsi yang mungkin ingin kita berikan ke Clam tentang cara melakukan scan. Beberapa opsi yang patut dipertimbangkan adalah seperti dibawah ini.

-r

#melakukan recursive scan - bagus untuk seluruh drive

--exclude=.mp3

#mengatur pola pengecualian untuk melewati file seperti musik dan video

--scan-mail=yes/no

#menyertakan file email dalam system scan

--remove=yes/no

#hapus file yang terinfeksi, yes atau no. Hati-hati dengan ini


Jadi, ketika anda siap menjalankan perintah maka perintah lengkap anda akan terlihat seperti dibawah ini.

clamscan -r --exclude=.avi --remove=yes /media/disk

Setelah selesai proses scan, anda akan mendapatkan laporan yang cukup mendetail.



Jika semuanya berjalan lancar, disaat berikutnya anda siap untuk mengklik popup yang muncul dan anda kemudian dapat kembali menggunakan komputer Windows anda dengan aman.

Anda juga dapat membaca tutorial saya tentang berbagai cara menyingkirkan Autorun.inf atau bagaimana mengamankan USB drive anda dan mencegahnya dari penyebaran virus.

Sekian tutorial kali ini, semoga membantu anda menyingkirkan virus dari komputer Windows anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Menghapus Virus Windows dengan Linux"