Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Serangan Virus dan Memulihkan File

 


Jika anda menggunakan PC berbasis Windows, anda harus memulihkan komputer dari serangan virus di beberapa titik sejak menggunakannya. Itu tidak pernah menyenangkan, anda sering kehilangan data dan bahkan informasi pribadi anda dapat disusupi. Jika komputer anda terkena virus jahat, jangan khawatir - anda dapat pulih dari serangan virus dengan mudah.



1. Putuskan Hubungan Internet


Saat anda menyadari ada sesuatu yang salah atau anda terkena virus, putuskan sambungan PC anda dari Internet. Jika anda berada di home network (jaringan rumah) yang terhubung ke komputer lain, matikan komputer anda. Dengan mengisolasi PC anda, anda tidak hanya dapat mencegah penyebaran virus ke komputer lain, tetapi juga menjaga agar informasi apapun yang dikirim oleh virus tidak sampai ke tujuannya.



2. Scan Berulang Kali


Setelah anda memutuskan sambungan internet, anda perlu menscan komputer anda dengan software anti virus (saya harap anda sudah memasangnya), anti-malware, dan kemungkinan anti-spyware. Itu semua tergantung virusnya. Gunakan software anti virus anda terlebih dahulu. Jika anda tidak dapat memulai scan secara langsung, anda mungkin perlu mereboot PC anda dan menjalankan anti-virus dari CD atau DVD itu sendiri. Saat anda terkena infeksi virus yang parah, ini adalah cara teraman untuk mulai menghilangkan ancaman tersebut.




Setelah anda menentukan penyebab virus dan memusnahkannya dengan software anti virus, anda dapat menghidupkan ulang PC dan menjalankan scan kembali untuk memastikan virus telah disingkirkan sepenuhnya. Virus dapat bersembunyi di folder dan area komputer yang tidak pernah terpikirkan oleh anda, jadi dengan menscan untuk kedua kalinya, anda dapat memastikan anda menghilangkan virus sepenuhnya.


Jika karena alasan tertentu, komputer anda gagal menemukan virus, anda mungkin perlu menjalankan software anti-malware dan anti-spyware. Jika anda dapat menentukan jenis virus, atau mungkin dari mana asalnya, anda dapat mencari di website untuk mendapatkan petunjuk lebih lanjut tentang cara menghilangkan virus dengan benar dari PC anda. Mengikuti langkah-langkah tersebut akan menghilangkan virus dari PC anda secara permanen.


Anda juga dapat mencoba menghilangkan virus Windows dengan Linux jika semuanya gagal.



3. Re-Install, Restore dan Clean Up


Jika anda yakin telah menemukan dan menghilangkan penyebab virus, langkah anda selanjutnya adalah mulai memulihkan apa yang hilang. Virus memiliki kebiasaan buruk untuk menginstal software, menghapus program, dan bahkan menghapus atau merusak file. Jika demikian, anda mungkin perlu menginstal ulang software dan memulihkan file atau folder dari backup yang telah anda buat sebelumnya.


Perlu diingat bahwa proses pemulihan tidak selalu mulus. Jika anda tidak yakin apa yang terpengaruh, anda harus memeriksa komputer anda dan melihat apa yang hilang. Meskipun anda dapat menggunakan Windows System Restore, itu tidak selalu merupakan ide yang bijaksana setelah serangan virus, karena anda tidak tahu dari mana virus itu berasal atau kapan pertama kali muncul.


Jika virus disimpan di area System Restore Point, anda berpotensi memasukkannya kembali setelah menyingkirkannya. Jika memungkinkan, hindari menggunakan System Restore Point Windows. Ini bisa menyebabkan lebih banyak kerugian daripada kebaikan.



4. Backup Data Anda


Jika anda mengalami pengalaman buruk saat mencoba membersihkan PC setelah serangan virus, anda sebaiknya fokus pada backup data sehingga di masa mendatang anda tidak perlu terlalu khawatir tentang clean up.




Anda dapat membackup data anda dengan berbagai cara, seperti menggunakan media eksternal atau menggunakan cloud. Itu semua tergantung pada apa yang anda rasa nyaman dan apa yang ingin anda belanjakan. Banyak layanan berbasis cloud yang gratis hingga titik tertentu.


Tidak peduli bagaimana anda membuat backup data anda setelah serangan virus, pastikan untuk melakukannya. Ini akan membantu anda menghindari mencari tahu apa yang hilang, memulihkannya, dan mendapatkan kembali penggunaan komputer anda.



5. Mencegah Serangan Virus di Masa Mendatang


Setelah anda terkena virus jahat di PC Windows, anda mungkin perlu meningkatkan keamanan di komputer anda. Ini berarti software anti virus berpotensi mengubah, menambahkan lebih banyak perlindungan, dan memastikan software tersebut up to date. Anda dapat mengatur sebagian besar software untuk memperbarui dirinya sendiri secara otomatis. Ini adalah cara terbaik untuk memastikan anda mengetahui definisi dan perlindungan dari virus terbaru. Anda juga dapat membajak Windows Security untuk meningkatkan level perlindungan di PC Windows 10 anda.




Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah apa yang anda lakukan saat mendapatkan virus pertama kali. Apakah anda mengunjungi website yang buruk atau apakah anda membuka email dari sumber yang tidak tepercaya? Jika anda dapat mengetahui bagaimana virus menginfeksi PC anda, anda tidak akan ingin membuat kesalahan yang sama lagi.


Hanya karena komputer Windows rentan terhadap virus, bukan berarti anda harus menyerah. Ada ribuan pengguna yang telah menggunakan komputer Windows selama bertahun-tahun tanpa masalah. Mengambil langkah pencegahan serta mengetahui cara menangani serangan virus akan membuat anda aman dari jumlah kerusakan maksimum yang dapat dilakukan virus.


Anda kemudian dapat membaca tutorial saya tentang cara agar terlindung dari ransomware dengan Controlled Folder Access di Windows 10 atau Microsoft memperingatkan tentang Fileless Malware Astaroth yang sulit di deteksi.


Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Mengatasi Serangan Virus dan Memulihkan File"