Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Laptop Overheat

 


Ketika laptop overheat atau mengalami panas yang berlebih, performa atau kinerja komputer akan terpengaruh. Hal tersebut menyebabkan laptop menjadi lambat, lemot, freezing dan sulit untuk digunakan. Oleh karena itu, anda perlu menjaga laptop anda tetap dalam kondisi yang baik. Pada artikel ini, saya akan membahas masalah ini dan memberikan tips tentang cara mengatasi laptop Windows yang mengalami overheat.



Penyebabkan Laptop Overheat


Beberapa faktor dapat menyebabkan laptop menjadi terlalu panas, namun penyebab paling umum adalah masalah ventilasi yang tidak optimal. Jika laptop diletakkan di atas permukaan seperti bantal, maka aliran udara akan terhalang dan ini menyebabkan panas yang berlebihan pada laptop anda. Selain itu, pastikan tidak ada aplikasi yang berjalan secara berlebihan di background karena hal ini dapat menghabiskan resource system dan menyebabkan peningkatan suhu pada laptop anda.



Mengatasi Laptop Overheat


Jika anda menghadapi masalah laptop yang mengalami overheat dan ingin menyelesaikan masalah tersebut, maka ikuti beberapa tips, solusi dan langkah berikut ini. Namun sebelum anda mulai, pastikan OS Windows anda dan semua program dan aplikasi yang terinstall diupdate ke versi terbarunya.



1. Jaga Laptop Anda Tetap Bersih dan Bebas Debu dan Kotoran


Jika laptop anda terus-menerus mengalami masalah overheat, maka langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah membersihkannya. Pastikan untuk membersihkan ventilasi dengan hati-hati dan jika memungkinkan, lakukan juga pembersihan pada kipas. Gunakan sikat tipis untuk membersihkan kotoran dengan hati-hati, agar tidak menyebabkan kerusakan pada laptop. Setelah membersihkan laptop, lakukan tindakan pencegahan untuk menjaganya tetap bersih. Misalnya, hindari meletakkan laptop di dekat jendela atau di atas permukaan yang kotor. Selalu pastikan laptop diletakkan di tempat yang memiliki aliran udara yang baik agar suhu laptop tetap terkontrol dengan baik.



2. Jangan Gunakan Charger yang Tidak Sah


Meskipun jack charger laptop cocok dengan port anda, itu tidak berarti anda boleh langsung menggunakannya. Jangan pernah menggunakan charger pihak ketiga untuk mengisi daya laptop anda, termasuk juga menghindari penggunaan charger dari vendor yang tidak dikenal. Tindakan ini bukan hanya berpotensi merusak baterai laptop dalam jangka panjang, tetapi juga dapat menyebabkan peningkatan suhu yang berlebihan pada laptop anda. Oleh karena itu, selalu gunakan charger resmi yang direkomendasikan oleh pabrikan laptop anda untuk menjaga kesehatan dan kinerja baterai laptop anda.



3. Hentikan Program yang Berlebihan


Penting untuk memastikan bahwa tidak ada aplikasi yang tidak perlu berjalan di background. Untuk itu, anda perlu menghentikan proses yang berjalan background. Untuk melakukannya, buka Task Manager dan identifikasi proses yang berjalan di background. Jika ada proses yang tidak penting dan tidak dibutuhkan, klik kanan pada proses tersebut dan pilih End task. Selain itu, periksa daftar aplikasi yang berjalan saat startup dan mengatur program startup dengan membuka aplikasi Startup. Nonaktifkan aplikasi yang memiliki dampak tinggi yang tidak diperlukan. Dengan cara ini, aplikasi tersebut tidak akan diluncurkan saat startup dan anda dapat menjaga system anda tetap bersih dan berkinerja lebih baik.




4. Gunakan Dudukan Laptop atau Letakan Laptop Anda di Permukaan yang Keras dan Rata


Disarankan untuk menggunakan dudukan laptop untuk perangkat anda jika memungkinkan. Dudukan laptop memastikan bahwa perangkat anda ditempatkan pada sudut yang ideal, sehingga kipas internal dapat bekerja tanpa hambatan dan ventilasi menjadi lebih baik. Jika anda tidak ingin atau tidak dapat membeli dudukan, pastikan untuk meletakkan laptop anda di permukaan yang keras dan rata. Hindari meletakkannya di permukaan yang empuk karena hal ini dapat menghambat aliran udara dan mengurangi performa system pendinginan pada laptop anda.



5. Hindari Menggunakan Laptop Anda di Ruangan yang Panas


Dapat dimengerti bahwa menggunakan laptop di ruangan yang panas dapat menyebabkan masalah overheat yang serius. Oleh karena itu, banyak kantor dan bahkan laboratorium komputer biasanya dilengkapi dengan AC untuk menjaga suhu tetap optimal. Jika anda terpaksa harus bekerja di ruangan yang panas, usahakan untuk membuat ruangan tersebut lebih sejuk dengan cara yang tersedia, seperti menggunakan kipas angin atau membuka jendela untuk sirkulasi udara yang lebih baik. Atau, jika memungkinkan, cari tempat duduk yang lebih sejuk dan nyaman agar anda dapat mengurangi risiko laptop anda mengalami masalah overheat. Upaya untuk menjaga suhu ruangan sedikit lebih sejuk dapat membantu mencegah overheat pada laptop dan meningkatkan kenyamanan saat bekerja.



6. Dapatkan Cooler Laptop atau Cooling Pad


Cooler Laptop dan Cooling pad merupakan aksesori yang berguna untuk menjaga perangkat anda dalam kondisi optimal, terutama saat melakukan tugas-tugas intensif seperti bermain game, mengolah kode dengan grafik tinggi atau mengedit video. Memiliki cooler yang berkualitas sangat penting, jangan mengabaikan kualitasnya, karena menggunakan cooler yang buruk dapat berdampak sebaliknya terhadap performa laptop anda.



7. Update BIOS


Mengupdate BIOS tidak hanya akan mengatasi masalah overheat, tetapi juga dapat menyelesaikan berbagai masalah lain yang terkait dengan BIOS. Proses update BIOS dapat meningkatkan performa kipas, mengurangi beban pada CPU dan menangani masalah lainnya. Jika anda tidak yakin bagaimana cara melakukan update BIOS, anda dapat merujuk pada panduan yang telah saya sediakan tentang langkah-langkah untuk mengupdate BIOS. Dengan melakukan update BIOS secara tepat, anda dapat mengoptimalkan performa laptop anda dan mengatasi berbagai masalah yang mungkin muncul.




8. Gunakan Software Cooling Laptop


Anda dapat menggunakan software cooling terbaik yang dapat anda install seperti HWMonitor, Core Temp atau lainnya untuk mengetahui suhu CPU dan GPU anda secara realtime. Aplikasi ini juga dapat diterapkan untuk menjaga suhu perangkat anda tetap terkendali dan dapat menurunkan temperatur CPU yang tinggi. Mereka juga dapat mengontrol kipas anda dan proses background lainnya.




Semoga perangkat anda tetap dingin dengan bantuan tips ini.


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam mengatasi Laptop yang overheat. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Cara Mengatasi Laptop Overheat"