Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatur Startup Program di Windows 10/11


Windows hadir dengan fitur yang memungkinkan program untuk startup saat boot. Fitur ini dapat membantu, misalnya, untuk sinkronisasi layanan cloud. Tetapi dalam kasus lain, hal ini dapat meningkatkan waktu booting lebih lama. Booting PC anda bersama dengan aplikasi lainnya dapat menyebabkan kerugian besar pada produktivitas anda. Anda mungkin ingin mempersingkat waktu ini.

Beberapa pengguna mungkin lebih suka memiliki beberapa aplikasi penting yang dimulai dengan Windows saat booting. Anda dapat menyelesaikan semua kebutuhan khusus ini dalam beberapa langkah sederhana pada Windows 10 atau Windows 11. Artikel kali ini akan menunjukkan cara membuat daftar aplikasi khusus startup.


Identifikasi dan Nonaktifkan Aplikasi yang Tidak Anda Butuhkan

Untuk mengubah daftar aplikasi khusus, anda harus terlebih dahulu mengidentifikasi aplikasi yang tidak perlu yang menghabiskan waktu startup anda. Anda kemudian dapat menonaktifkan aplikasi ini dari daftar startup. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengidentifikasi dan menonaktifkan aplikasi ini.

1. Klik pada ikon Search pada taskbar anda. Ketik kata Task Manager dan kemudian klik pada aplikasi untuk meluncurkannya. Atau anda dapat menekan tombol kombinasi Win + X kemudian pilih Task Manager untuk membukanya.

2. Dalam beberapa kasus, Task Manager akan memulai dengan detail minimal. Klik pada more details untuk membuka daftar yang lebih lengkap.


3. Sekarang Task Manager berada dalam mode detail lengkap, dan silahkan klik pada tab Startup.


4. Halaman selanjutnya akan menampilkan daftar semua aplikasi di PC anda yang memiliki izin startup.

5. Untuk aplikasi apapun yang anda tidak ingin memulai pada saat booting, klik dan pilih Disable untuk menonaktifkannya.


6. Tips yang baik adalah dengan melihat tab startup impact. Jika startup impact adalah Low atau Medium, anda dapat memilih untuk membiarkannya aktif. Jika High atau Not measured, maka anda  nonaktifkan dengan menekan disable

Anda juga dapat menonaktifkan aplikasi startup dari Settings Windows. Di Windows 10, silahkan anda buka Settings pada Start Menu. Kemudian pilih Apps dan klik Startup. Silahkan menonaktifkan aplikasinya dengan menggeser  ke posisi Off.


Di Windows 11, buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I atau membukanya dari Start Menu. Kemudian di jendela Settings, klik Apps di panel kiri dan kemudian klik Startup di panel kanan. Di halaman selanjutnya, anda kemudian dapat menonaktifkan aplikasi startup di Windows 11 anda.


Sekarang anda sudah siap. Langkah pertama ini penting, karena aplikasi yang tidak penting tersebut mengonsumsi banyak sumber daya prosesor dan dapat memperlambat PC anda secara luar biasa.


Tambahkan Aplikasi Pilihan Anda ke Daftar Startup

Demi kejelasan, apa yang anda lakukan disini adalah mengarahkan Windows ke aplikasi pilihan anda. Anda akan melakukan ini dengan menyalin direktori shortcut aplikasi ke lokasi yang ditentukan di Windows. Windows akan memulai aplikasi ini bersama dengan PC anda saat anda membooting komputer di lain waktu.

1. Klik pada tombol Win dan gulir ke aplikasi yang ingin anda sertakan. Misalnya, MS Word atau Excel atau PowerPoint.

2. Klik kanan padanya dan pilih More. Sekarang pilih Open file location. Windows Explorer akan membuka lokasi file sekarang.


Catatan: Jika tidak ada opsi untuk Open file location, maka aplikasi ini tidak dapat dimulai saat bootup.

3. Klik kanan pada shortcut ikon untuk aplikasi yang ingin anda sertakan. Klik Copy. Cara lain untuk melakukan ini adalah dengan menggunakan Ctrl + C pada aplikasi pintasan yang dipilih. Minimalkan folder.


4. Tekan Win + R. Kombinasi ini akan memulai program Run di Windows. Sekarang ketik shell:startup di dalam text-box dari program ini dan klik OK. Anda akan diarahkan ke folder aplikasi startup.


5. Klik kanan dan Paste  shortcut aplikasi yang anda Copy pada langkah sebelumnya disini, atau anda dapat menggunakan kombinasi Ctrl + V.


6. Ulangi proses ini untuk semua aplikasi yang ingin anda sertakan dalam folder startup.

Catatan: Jika anda menghapus shortcut aplikasi apapun disini, itu akan dihapus secara otomatis dari daftar startup anda. Anda dapat mengkonfirmasi ini menggunakan Windows Task Manager.

7. Sekarang Restart PC anda untuk mengaktifkan pengaturan baru ini.

Menggunakan fitur startup adalah salah satu cara efektif untuk mencapai tujuan ini. Lanjutkan dan tambahkan aplikasi anda yang paling penting ke folder startup anda, dan tingkatkan alur kerja anda di Windows 10 atau Windows 11. Sekian artikel kalik ini dan semoga bermanfaat untuk anda. GBU

1 comment for "Cara Mengatur Startup Program di Windows 10/11"