Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Menjaga Komputer Windows Anda Tetap Dalam Kondisi Yang Baik


Anda tentunya menggunakan komputer anda setiap hari, dan kemungkinan besar anda tidak terlalu repot dengan pemeliharaan komputer karena mungkin anda tidak mempunyai waktu yang cukup untuk melakukannya. Maintenance/pemeliharaan komputer anda sangat penting untuk menjaganya tetap dalam kondisi yang baik dan tidak terjadi masalah dalam menjalankannya.

Dengan pemeliharaan rutin yang anda lakukan, anda akan mencegah masalah kecil menjadi lebih besar. Dan berikut rangkuman dari beberapa tips yang dapat membantu anda memelihara komputer anda.


1. Jaga Komputer Anda Agar Terbebas dari Debu

Langkah pertama ini cukup mudah anda lakukan. Yang harus anda lakukan adalah memastikan komputer anda bebas debu. Jika anda membiarkan komputer anda menampung terlalu banyak debu maka debu tersebut akan berfungsi sebagai penghambat aliran udara dan akibatnya adalah meningkatnya panas pada komputer anda.

Alat pembersih yang paling umum adalah blower karet yang digunakan secara manual. Ini akan sangat membantu menghilangkan debu dari area yang sulit dijangkau.

Jika anda dapat membuka komputer anda dan memisahkannya perbagian, anda dapat melakukan pekerjaan yang lebih baik untuk membersihkannya dan mengelap debu itu. Untuk mengelap setiap inci komputer anda (setelah membukanya), anda akan membutuhkan alat lain seperti kain mikrofiber.


Pada intinya, dengan cara apapun anda harus tetap menjaga komputer anda agar terbebas dari debu yang menghambat aliran udara pada komputer anda.


2. Gunakan Cooling Pad untuk Mendinginkan Laptop Anda


Jika anda menyimpan laptop di atas meja tanpa menggunakan cooling pad dibawahnya, anda tentunya tidak menyayangi laptop anda. Meskipun laptop sekarang di design dengan air source-nya secara baik, namun jika selalu membiarkan heatsink bekerja sendirian tentunya akan memperpendek jangka waktu penggunaannya. Dengan bantuan cooling pad, heatsink pasti akan terbantu dan dapat mencegah panas yang menumpuk dalam body laptop anda.


3. Selalu Update Windows

Sesekali komputer Windows anda akan memberitahu anda bahwa anda memiliki update yang tertunda. Memang benar bahwa update dapat datang pada waktu yang salah, dan anda mungkin harus menundanya, tetapi pastikan anda tidak menundanya terlalu lama.

Update tersebut membantu menjaga komputer anda dalam kondisi terbaik. Update juga memiliki perbaikan keamanan yang membantu menjaga keamanan komputer anda.


Untuk memeriksa apakah anda memiliki update yang tertunda, ketik Update di kotak Search yang terletak di kiri bawah layar. Pilih Check for updates, dan Windows akan memberitahu anda apakah komputer anda up to date atau tidak.


4. Hapus Temporary Files Komputer Anda

Selain itu, jangan lupa untuk menghapus temporary files atau file sementara di komputer anda karena mereka dapat memperlambat komputer anda seiring berjalannya waktu. Anda dapat melakukan ini dengan membuka kotak Run (Win + R) kemudian ketik perintah %temp% dan tekan Enter atau klik OK.


Ketika folder Temp terbuka, pilih file yang ingin anda hapus. Setelah anda memilih file, hapus dengan menekan tombol Delete di keyboard atau dari menu Home.



5. Uninstall Software yang Tidak Perlu

Untuk menjaga komputer anda berjalan semulus mungkin, menyingkirkan software yang tidak berguna adalah suatu keharusan. Software yang tidak perlu ini juga dapat memperlambat komputer anda.


Anda dapat dengan mudah menguninstall software apapun dengan mengklik Start Menu dan mengklik kanan pada software yang ingin anda singkirkan dan pilih Uninstall. Jendela Programs and Features akan muncul. Cari software, klik kanan padanya, lalu klik Uninstall/Change. Anda hanya dapat menghapus instalannya jika anda memiliki hak administratif.


6. Hapus Program Startup yang Tidak Perlu

Memiliki terlalu banyak program startup otomatis dapat meningkatkan waktu startup komputer anda. Lihatlah apakah ada program saat startup yang dapat anda mulai secara manual sehingga hanya diluncurkan saat anda membutuhkannya. Untuk lebih lanjut tentang Startup, anda dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara mengatur startup program.



7. Jalankan Scan Virus Secara Teratur

Pastikan anda juga memiliki software antivirus yang baik yang secara berkala akan menscan komputer anda dari virus dan bahaya lainnya. Anda tentu saja tahu dan sadar bahwa jika tidak menghilangkan risiko ini dapat membahayakan komputer anda dan bahkan itu membuka informasi pribadi anda.


Ada berbagai software antivirus gratis yang dapat anda gunakan, tetapi versi berbayar selalu menawarkan lebih banyak fungsi ketika datang untuk melindungi komputer anda.


8. Matikan Komputer Anda

Jika komputer anda membutuhkan waktu yang lama untuk boot, anda mungkin tergoda untuk membiarkannya. Dengan begitu ia ada di sana menunggu anda kapanpun anda membutuhkannya. Namun, satu-satunya hal yang benar-benar anda lakukan adalah melemahkan komputer anda. Jika anda tidak menggunakan komputer selama lebih dari satu jam, maka matikan komputer anda.


Memiliki kebiasaan untuk pemeliharaan komputer yang baik adalah penting jika anda ingin komputer anda bertahan selama mungkin. Pertahankan tips pemeliharaan ini, dan komputer anda akan berterima kasih untuk itu.

Bagaimana anda menjaga komputer anda agar tetap dalam kondisi baik? Tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Tips Menjaga Komputer Windows Anda Tetap Dalam Kondisi Yang Baik"