Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bootable AntiVirus Rescue Media Gratis untuk Windows 10/11

 


Beberapa malware tidak dapat dihapus dari komputer anda dengan mudah, setelah melewati anti virus protection anda dan terintegrasi secara mendalam ke dalam system anda, terkadang membuat system anda tidak dapat dibooting. Dalam situasi seperti itu, disarankan untuk menggunakan CD/USB Rescue. Rescue CD/USB akan membantu anda memulihkan system dengan menghapus ancaman jahat yang menolak penghapusan oleh software antivirus biasa.


CD/USB ini melakukan scan dan menghapus virus komputer tanpa booting ke system komputer. Mereka kemudian memungkinkan anda meluncurkan system operasi langsung dari CD/USB sehingga anda tidak memerlukan Windows untuk dijalankan di PC anda. Dari system operasi berbasis CD/USB inilah anda diizinkan untuk mengakses dan meluncurkan hard drive anda dan semua file anda.


Sebagian besar build Rescue CD/USB bootable biasanya didasarkan pada Linux Live CD/USB distribution yang memuat system operasi sederhana untuk menscan ancaman malware tanpa menulis file system apapun pada hard drive anda. Beberapa menggunakan DOS atau kloning DOS seperti FreeDOS sementara beberapa menggunakan versi Windows yang dipotong yang disebut Windows pre-installation environment. Rescue CD/USB biasanya tersedia dalam format file ISO image dan harus diburning ke media.


Windows Defender Offline adalah salah satu aplikasi yang mampu mendeteksi software berbahaya dan mungkin tidak diinginkan, dan kemudian memberitahu anda tentang risikonya, yang mungkin terlibat.


Dari sekitar setengah lusin rescue CD/USB, anda mungkin menemukan beberapa yang berguna. Harap dicatat bahwa semua software yang disebutkan dalam daftar sepenuhnya gratis untuk digunakan.



Bootable AntiVirus Rescue Disk Gratis untuk Windows 10/11


Untuk membuat USB bootable Antivirus Rescue Disk dalam ISO mode, anda dapat menggunakan Rufus.


  • Buka Rufus.
  • Pilih drive USB.
  • Klik Select dan temukan iso image Antivirus Rescue Disk yang anda download.
  • Pilih skema partisi MBR dan system target BIOS atau UEFI.
  • Pilih system file FAT32.


Atau untuk lengkapnya, anda dapat membaca tutorial saya tentang cara membuat bootable flashdisk menggunakan Rufus.


Berikut adalah daftar beberapa Bootable AntiVirus Rescue Disk gratis terbaik untuk Windows 10.



1. Kaspersky Rescue Disk


Virus removal tool scan dan menghapus ancaman dari komputer yang terinfeksi tanpa risiko menginfeksi file atau komputer lain. Yang perlu anda lakukan adalah membuat ISO image ke CD/USB, memasukkan CD/menghubungkan USB ke PC yang terinfeksi, masuk ke BIOS PC, mengaturnya untuk booting dari CD/USB dan restart komputer.




Setelah proses pemuatan cepat, anda akan disambut dengan antarmuka Kaspersky Rescue Disc. Cukup pilih objek yang akan diproses dan tekan tombol scan. Alat tersebut kemudian menscan system anda secara menyeluruh dan menyajikan laporan dari semua objek mencurigakan yang ditemukan. Benda-benda ini kemudian dapat dikarantina, didesinfeksi, atau dibuang.



2. AVIRA AntiVir Rescue System


AVIRA AntiVir Rescue System mempersingkat prosedur panjang pembuatan rescue CD/USB. Jika aplikasi menemukan bahwa drive anda kompatibel, secara otomatis membuat backup CD/USB untuk anda. Yang perlu anda lakukan hanyalah memasukkan CD/ menghubungkan USB ke PC dan klik dobel ikon Avira rescue.




Jika drive tidak kompatibel, Avira akan menawarkan untuk menyimpan copy .iso yang dapat anda buat bootablenya. Setelah dibuat, system Avira rescue tidak hanya mampu menscan dan menghapus malware dari system yang tidak dapat booting karena malware, tetapi juga menyediakan cara bagi anda untuk mengcopy dengan aman data yang diinginkan dari drive yang terpengaruh.



3. BitDefender Rescue Disk


Ini adalah tools yang akan mencoba memulihkan Windows jika anda tidak dapat booting lagi. Setelah anda memiliki Rescue CD/USB bootable, booting PC yang terpengaruh darinya, dan ikuti instruksinya. Rescue CD/USB akan menscan system anda dan menyelesaikan masalah yang ditemukan di sepanjang jalan.




BitDefender Rescue CD/USB berisi beberapa tambahan yang berguna, termasuk GParted, TestDisk, Thunar File Manager, browser web Firefox dan Foxit PDF reader. Juga ada ChkRootkit yang hadir untuk menscan rootkit.


Catatan: Bitdefender Rescue CD dihentikan pada tahun 2019 dan oleh karena itu tidak lagi tersedia dari situs web Bitdefender. Namun jika anda ingin menggunakannya maka anda dapat mendownload dari link yang disertakan diatas.



4. Norton Bootable Recovery Tool


Norton Bootable Recovery Tool adalah file ISO yang dapat didownload yang memungkinkan anda membuat CD/USB bootable yang dapat anda gunakan untuk menghapus virus dalam situasi dimana Windows tidak dapat booting, bahkan setelah upaya berulang kali, dan ketika kemampuan scan virus untuk sepenuhnya menghapus ancaman mungkin tidak cukup. Program ini menggabungkan versi Windows PE yang merupakan OS tersendiri dan terpisah.





5. Comodo Rescue Disk


Comodo Rescue Disk akan booting komputer anda untuk menscan seluruh system anda dari virus sebelum Windows dimuat. Termasuk full scan Anti Virus yang mampu menghapus rootkit yang tertanam begitu dalam sehingga tidak dapat dihapus dengan Comodo Cleaning Essentials untuk Windows.





6. ESET SysRescue Live


ESET SysRescue Live bootable CD/USB adalah utilitas gratis yang memungkinkan anda membuat CD/DVD atau USB Drive bootable. Anda dapat booting di komputer yang terinfeksi dari media rescue anda untuk menscan malware dan membersihkan file yang terinfeksi.





Anda juga dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara menghapus virus Windows dengan Linux atau tools dekripsi ransomware terbaik untuk Windows.


Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Bootable AntiVirus Rescue Media Gratis untuk Windows 10/11"