Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error Disk Management could not start Virtual Disk Service di Windows 10/11

 


Disk Management adalah tool yang penting dalam mengelola perangkat penyimpanan di Windows. Hal ini diperlukan untuk terhubung dengan Virtual Disk Service agar komputer dapat berfungsi dengan lancar. Namun, terkadang terjadi kegagalan koneksi antara Disk Management dan Virtual Disk Service yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan saat menggunakan komputer. Dalam artikel ini, saya akan menjelaskan kemungkinan penyebab mengapa terjadi error Disk Management could not start Virtual Disk Service dan berbagai metode untuk memperbaikinya.



Penyebab Error Disk Management could not start Virtual Disk Service


Umumnya, ketika anda menghadapi masalah Disk Management yang tidak dapat terhubung ke Virtual Disk Service, pesan berikut sering kali muncul.

Disk Management could not start Virtual Disk Service (VDS) on [Computer_Name]. This can happen if the remote computer does not support VDS, or if a connection cannot be established because it was blocked by Windows Firewall.

For additional information about diagnosing and correcting this problem, see Troubleshooting Disk Management in Disk Management Help.



Berikut adalah beberapa penyebab potensial utama terjadinya masalah ini di Windows 10 atau Windows 11 anda.

  • Firewall atau antivirus memblokir koneksi: Firewall di komputer anda atau antivirus mungkin mengganggu koneksi dan mencegah mereka membuat koneksi.
  • Service Virtual Disk tidak berjalan: Service Virtual Disk di komputer anda mungkin tidak berjalan atau merespons permintaan Disk Management dan mempersulit untuk membuat koneksi di antara keduanya.
  • File system yang rusak: Jika ada file system yang rusak, maka ini dapat menghambat banyak service dan program sebagaimana mestinya. Ini dapat mengakibatkan error Disk Management could not start Virtual Disk Service.
  • Masalah hardware: Jika ada masalah dengan hardware komputer dan kabelnya, anda mungkin melihat errornya.



Memperbaiki Error Disk Management could not start Virtual Disk Service


Jika anda menghadapi masalah Disk Management could not start Virtual Disk Service, maka anda dapat menggunakan beberapa metode berikut ini untuk memperbaiki masalah ini dengan mudah.



1. Nonaktifkan Windows Security untuk Sementara


Windows Security atau Microsoft Defender dan pengaturan keamanannya mungkin mengganggu Disk Management dan konektivitasnya ke Virtual Disk service. Oleh karena itu, anda perlu menonaktifkan Windows Security dan melihat apakah itu membantu memperbaiki masalah.


Untuk menonaktifkan Windows Security, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka Windows Security dari Start menu di Windows 10/11 anda.
  • Setelah itu, pilih Virus & threat protection di Windows Security.
  • Selanjutnya, klik Manage settings dibawah Virus & threat protection settings.
  • Kemudian, nonaktifkan opsi Real-time protection ke Off.



Tidak disarankan untuk menonaktifkan Windows Security sepanjang waktu karena dapat membahayakan keamanan komputer anda.



2. Nonaktifkan Antivirus Pihak Ketiga


Apabila anda telah menginstall program antivirus pihak ketiga pada komputer anda, maka disarankan untuk menonaktifkannya untuk sementara dan melihat apakah itu memperbaiki masalah ini. Program antivirus pihak ketiga sering kali memiliki kecenderungan memberikan perlindungan yang berlebihan yang dapat menghambat berbagai tugas yang kita lakukan.




3. Aktifkan Virtual Disk Service Secara Manual


Cara lain untuk memperbaiki error Disk Management could not start Virtual Disk Service adalah dengan mengaktifkan service Virtual Disk secara manual. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik services.msc dan tekan Enter untuk membuka Services Windows.
  • Di jendela Services, klik dobel pada service Virtual Disk di panel kanan.
  • Di jendela properties service, ubah Startup type ke Automatic.
  • Setelah itu, klik Start dibawah bagian Service status.
  • Kemudian, klik Apply dan OK untuk menyimpan pengaturan anda.




4. Lakukan Scan SFC dan DISM



Jika error ini disebabkan oleh file system yang rusak atau hilang, maka anda dapat memperbaikinya dengan menjalankan scan SFC dan DISM. Tool ini akan secara otomatis menemukan file yang hilang atau rusak dan menggantinya dengan yang baru sehingga memperbaiki masalah ini.




5. Izinkan Remote Volume Management di Firewall


Remote Volume Management diperlukan untuk Disk Management untuk terhubung dengan service Virtual Disk. Jadi, anda perlu memastikan bahwa itu tidak diblokir oleh Firewall dan mengizinkannya melalui firewall.


Untuk mengizinkan Remote Volume Management melalui Firewall, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka Windows Security dan pilih Firewall & network protection.
  • Selanjutnya, klik Allow an app or feature through firewall di panel kanan.
  • Di jendela Allowed apps, temukan dan beri ceklis pada Remote Volume Management dibawah Allowed apps and features.
  • Kemudian beri ceklist juga pada Private dan Public untuk fitur tersebut.
  • Setelah itu, klik OK untuk menyimpan perubahan.




Itulah beberapa metode berbeda yang dapat anda gunakan untuk memperbaiki masalah ketika anda melihat error Disk Management could not start Virtual Disk Service di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda.


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error Disk Management could not start Virtual Disk Service di Windows 10/11"