Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Nonaktifkan Windows Security Secara Permanen di Windows 10/11


Saat menggunakan Windows 10 atau Windows 11, anda akan melihat bahwa system operasi ini datang dengan antivirusnya sendiri yang disebut Windows Security atau Microsoft Defender yang dulunya bernama Windows Defender. Antivirus ini datang sebagai bagian dari Windows itu sendiri dan berjalan secara otomatis tanpa anda perlu ikut campur tangan terlalu banyak. Namun, bagi sebagian orang, Windows Security lebih merepotkan daripada membantu. Dengan demikian, mereka ingin menonaktifkan Windows Security dengan permanen.

Seperti yang akan anda temukan di artikel ini, menonaktifkan Windows Security di Windows 10 atau Windows 11 tidak semudah yang seharusnya. Namun bagaimanapun, memastikan Windows Defender takluk pada anda tidak terlalu rumit sama sekali.


Mengapa Tidak Menggunakan Opsi Default?

Mungkin agak membingungkan bahwa mematikan Windows Security secara permanen lebih sulit daripada yang seharusnya. Lagipula, ada opsi di dalam Windows 10 atau Windows 11 untuk menonaktifkan Windows Security.


Di Windows 10:
  • Anda dapat mengaksesnya dengan masuk ke Settings. Gunakan tombol Win + I untuk membuka Settings.
  • Di jendela Settings, klik Update & Security.
  • Di halaman berikutnya, klik Windows Security dipanel kiri dan dipanel kanan klik Open Windows Security.
  • Pada jendela Windows Security yang terbuka, klik Manage Settings pada bagian Virus & Threat Protection Settings.
  • Setelah halaman baru terbuka, nonaktifkan Windows Defender dengan mengubah tombol pada bagian Real-time protection ke Off. Dan selesai.

Di Windows 11:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Di halaman Settings, klik Privacy & security di panel kiri dan di panel kanan klik Windows Security.
  • Di halaman berikutnya, klik Open Windows Security.
  • Pada jendela Windows Security yang terbuka, klik Virus & threat protection.
  • Selanjutnya klik Manage settings di bawah bagian Virus & threat protection settings.
  • Anda kemudian dapat menonaktifkan Windows Security dengan mengubah tombol pada bagian Real-time protection ke Off. Dan selesai.


Namun, jika anda membaca deskripsi pengaturan, anda akan menemukan masalahnya. Windows Security hanya akan tetap tidak aktif untuk waktu yang singkat. Ketika mendeteksi bahwa ia telah mati terlalu lama, maka secara otomatis akan hidup kembali. Ini berarti jika anda ingin Windows Security tetap dinonaktifkan, anda harus terus mematikan opsi ini setiap kali Windows meresetnya. Sungguh merepotkan!


Menonaktifkan Windows Security Secara Permanen

Untungnya, ada cara untuk membuat ini sehingga Windows Security tidak mengaktifkannya kembali. Tidak terlalu jelas bagaimana melakukannya, tetapi begitu anda mempelajari dasar-dasarnya, anda akan dapat menghidupkan dan mematikannya tanpa banyak masalah. Pastikan anda tidak menjelajahi website tanpa antivirus yang berfungsi aktif! Pastikan anda memiliki sesuatu yang diinstall sebelumnya untuk menebus Windows Security yang dinonaktifkan.

Ada dua cara anda dapat menonaktifkan Windows Security. Yang pertama adalah melalui registry, dan yang kedua adalah melalui jendela Local Group Policy Editor. Biasanya, cara Local Group Policy Editor sedikit lebih mudah dilakukan, tetapi anda hanya dapat menggunakannya pada Window 10 atau Windows 11 edisi Pro, Enterprise dan Education. Sedangkan untuk Windows 10 atau Windows 11 edisi Home, jalan satu-satunya adalah dengan melalui Local Group Policy.

Semua versi Windows 10 atau Windows 11 dapat menonaktifkan Windows Security menggunakan metode registry. Cukup ikuti langkah-langkah di bawah ini, dan masalah anda akan segera teratasi.


1. Nonaktifkan Windows Security Menggunakan Registry Editor

Catatan : Sebelum anda menggunakan cara ini, ada baiknya untuk membackup registry atau membuat system restore point terlebih dahulu untuk mengantisipasi hal yang tidak di inginkan. Jika sudah melakukannya, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini. 
  • Buka perintah Run dengan menekan tombol Win + R, kemudian ketik regedit dan tekan Enter atau klik OK.


  • Registry system akan terbuka dan navigasikan ke alamat berikut di bawah ini:
HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Microsoft\Windows Defender

  • Selanjutnya klik kanan ruang kosong di panel kanan dan pilih New - DWORD (32-bit) Value dan beri nama DisableAntiSpyware.


  • Klik doble pada DisableAntiSpyware dan ubah Value datanya menjadi 1.


  • Restart system anda untuk menerapkan perubahan pada PC anda.

Jika suatu saat anda ingin mengembalikan Windows Security, maka ubah Value datanya menjadi 0 (nol) atau anda dapat menghapus key DisableAntiSpyware. Hal ini menonaktifkan kebijakan dan memungkinkan Windows Security bekerja kembali.

Setelah anda menonaktifkan Windows Security dan anda mencoba membukanya maka anda akan melihat pesan error berikut yang mengatakan Windows Security telah dimatikan.



2. Nonaktifkan Windows Security Menggunakan Local Group Policy Editor

Cara ini tidak berlaku untuk pengguna Windows 10 atau Windows 11 edisi Home, jadi jika anda mencoba menjalankan cara ini pada Windows 10 atau Windows 11 edisi Home, maka anda akan mendapatkan pesan error seperti gambar dibawah.


Ini berarti anda tidak dapat menggunakan metode ini untuk menonaktifkan Windows Security. Dalam hal ini, anda harus menggunakan metode registry di atas yang berfungsi untuk setiap edisi Windows. Namun jika anda ingin menggunakan metode ini, maka anda harus mengaktifkan Group Policy Editor terlebih dahulu sebelum mengikuti langkah-langkah dibawah ini.
  • Untuk memulai, tekan tombol Win + R, kemudian ketik gpedit.msc ke dalam kotak dan tekan OK atau Enter.

  • Ketika jendela Local Group Policy dimuat, telusuri jalaur berikut dibawh ini.
Computer Configuration - Administrative Templates - Windows Components - Microsoft Defender Antivirus
  • Di panel kanan cari dan temukan kebijakan yang bernama Turn off Microsoft Defender Antivirus dan klik doble padanya.


  • Di jendela pengaturan kebijakan,  pilih Enabled kemudian klik OK untuk menyimpan perubahan. Hal ini akan mengaktifkan kebijakan untuk menonaktifkan Windows Security.


  • Setelah itu silahkan Restart system anda untuk menerapkan kebijakan.


Jika anda berubah pikiran di masa mendatang, anda dapat kembali ke sini dan pilih Disabled atau Not Configured untuk mengaktifkan kembali Windows Security anda.


Bagi sebagian orang, Windows Security bisa lebih menjadi penghalang daripada bantuan. Lebih buruk lagi, versi yang menyertai Windows 10 atau Windows 11 tidak dapat dinonaktifkan secara permanen. Dengan mengikuti salah satu dari dua metode di atas anda dapat menikmati komputer anda tanpa harus terus menonaktifkan Windows Security.


Apakah anda menggunakan Windows Security sebagai antivirus utama anda? Atau apakah anda memilih sesuatu yang lain? Beritahu saya dan lainnya di kolom komentar dibawah ini. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Nonaktifkan Windows Security Secara Permanen di Windows 10/11"