Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Roll Back Driver di Windows 10/11

 


Driver adalah software yang memungkinkan system operasi, seperti Windows, berkomunikasi dengan hardware yang terpasang di komputer. Meskipun driver umumnya berfungsi dengan baik, masalah dapat terjadi dimana update driver baru tidak kompatibel atau memiliki bug yang mengakibatkan masalah pada system. Salah satu masalah yang umum terjadi adalah pesan error Blue Screen of Death (BSOD). BSOD muncul ketika system mengalami kegagalan serius dan membutuhkan restart. Update driver yang tidak berjalan dengan baik dapat menjadi salah satu penyebab error BSOD.


Untungnya, masalah ini dapat diatasi dengan mengembalikan driver ke versi sebelumnya. Fitur ini dikenal sebagai Roll Back Driver dan memungkinkan anda mengembalikan driver ke versi yang sebelumnya terinstall di system anda.



Roll Back Driver di Windows 10/11


Windows dilengkapi dengan utilitas bawaan yang dirancang khusus untuk mengatasi kemungkinan konflik dan masalah di system operasi. Salah satu utilitas ini adalah Device Manager. Utilitas ini memberikan akses ke driver system dan memungkinkananda untuk mengupdate driver, menguninstall driver atau bahkan me-roll back driver.


Device Manager adalah tool yang dapat anda gunakan untuk mengatur hardware yang terpasang di komputer anda. Ini mencakup berbagai kategori perangkat, seperti graphics card, sound card, network, USB dan masih banyak lagi. Dengan menggunakan Device Manager, anda dapat melihat dan memeriksa versi driver yang saat ini terinstall, memeriksa statusnya dan melakukan tindakan yang diperlukan.


Berikut adalah cara mengembalikan driver di Windows menggunakan Device Manager di Windows 10 atau Windows 11 anda.

  • Buka Device Manager di komputer Windows anda. Langkah termudah adalah dengan menekan tombol Win + X dan tekan tombol M. Atau klik kanan pada Start Menu dan pilih Device Manager.
  • Di jendela Device Manager, anda perlu memperluas bagian untuk menemukan driver yang bermasalah. Misalkan, jika driver network anda yang bermasalah, maka perluas Network adapters.
  • Setelah itu, klik kanan pada driver network anda dan pilih Properties. Anda juga dapat mengklik dobel pada driver untuk membukan Properties.


  • Selanjutnya di jendela Properties driver, alihkan ke tab Driver.
  • Kemudian, untuk mengembalikan driver ke versi sebelumnya, klik Roll Back Driver.
  • Setelah itu, konfirmasikan prosesnya dengan memilih alasan dibawah Why are you rolling back? dan klik Yes untuk kembali ke versi driver yang diinstall sebelumnya.



Catatan: Jika anda perlu mengetahui driver system mana yang tidak berfungsi, lihat driver yang baru saja diupdate untuk menentukan langkah anda selanjutnya.


Anda dapat menggunakan opsi Roll Back Driver di Windows sebelum melanjutkan dan menguninstall driver yang bermasalah. Jika driver versi sebelumnya berfungsi dengan baik, maka anda tidak perlu menguninstall drivernya dari PC anda.



Opsi Roll Back Driver Tidak Aktif dan Tidak Dapat di Klik


Hal lain yang perlu anda perhatikan disini adalah ada beberapa pengguna yang opsi Roll Back Driver berwarna abu-abu dan tidak dapat di klik. Ini berarti anda tidak dapat mengembalikan driver ke versi sebelumnya.



Hal ini biasanya terjadi karena OS yang diinstall pada PC anda tidak memiliki file driver untuk versi sebelumnya. Jadi, yang perlu anda lakukan hanyalah mengunjungi website produsen perangkat yang drivernya bermasalah, kemudian mendownload versi driver yang ingin anda kembalikan. Setelah itu, uninstall driver yang bermasalah tersebut dari PC anda dan kemudian menginstall driver versi sebelumnya.



Jika anda memiliki beberapa driver yang mungkin sulit ditemukan karena anda menggunakan perangkat lama dan anda mungkin tidak ingat persis paket driver yang diperlukan oleh system anda, maka langkah pengamanan terbaik anda adalah membackup semua driver anda sehingga ketika masalah terjadi, anda dapat mengembalikan driver-driver tersebut dengan mudah di system anda.


Sekian tutorial saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam me-Roll Back Driver di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Roll Back Driver di Windows 10/11"