Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghapus Driver Lama dan Tidak Berguna di Windows 10/11


Untuk setiap perangkat yang terpasang di PC Windows anda, pasti memerlukan driver agar perangkat tersebut berfungsi dengan baik dan benar. Masalah yang kemudian muncul dalam kasus ini adalah bahwa seiring berjalannya waktu, mesin Windows anda akan macet karena banyak driver lama yang tidak perlu dan pada akhirnya dapat menjadi penyebab perilaku aneh di komputer anda.

Ketika saya mengatakan perilaku aneh, saya berbicara tentang hal-hal seperti perangkat yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya, driver mengalami crash, mesin Windows anda menjadi lambat, sering mengalami freezing, crash, dan lainnya. Tepatnya, itu akan sangat merepotkan jika berurusan dengan driver.


Terlepas dari masalah, kebanyakan dari kita adalah pecandu cleaning yang sering berusaha untuk menjaga komputer kita dalam kondisi prima. Tentunya, anda dapat dengan mudah menguninstall driver perangkat apapun menggunakan tools bawaan Windows. Tetapi masalahnya adalah, secara default, Windows device manager hanya menampilkan hardware yang terhubung saat ini dan tidak ada opsi pilihan lain dan klik untuk melihat driver yang tersembunyi atau lama.

Jadi pada artikel ini, saya akan menunjukkan cara memaksa driver yang tersembunyi muncul dan cara menghapus driver lama di Windows 10 atau Windows 11.

Catatan: Artikel ini didasarkan pada Windows 10, tetapi ini juga berfungsi dengan versi Windows lainnya seperti Windows 7, Windows 8 dan Windows 11.


Paksa Driver Lama Untuk Muncul

Sebelum uninstall driver lama apapun, kita perlu memaksa driver lama untuk muncul dalam daftar.

1. Untuk melakukannya, ketik cmd di Search Windows dan pilih Command Prompt dan klik Run as administrator dari daftar opsi. Jika anda menggunakan Windows 7 atau Vista, anda dapat mencari dan membuka command prompt sebagai admin di Start menu anda.


2. Masukan perintah berikut dibawah ini dan tekan tombol Enter untuk menjalankan perintah:

SET DEVMGR_SHOW_NONPRESENT_DEVICES=1


Perintah di atas adalah untuk memaksa semua driver lama dan tidak terlihat untuk muncul di daftar Device Manager. Setelah anda melakukannya, anda dapat melanjutkan dengan menguninstallnya.


Uninstall Driver Lama Di Windows

1. Untuk menguninstall driver lama, tekan Win + X dan pilih Device Manager dari daftar opsi. Jika anda menggunakan Windows 7 atau Vista, anda dapat mencari Device Manager di Start menu.


2. Di jendela Device Manager, klik View dan pilih opsi Show hidden devices untuk memperlihatkan semua driver lama dan tersembunyi.


Hal yang baik tentang fitur ini adalah bahwa semua ikon driver lama akan terlihat memudar, sehingga anda dapat dengan mudah mengidentifikasi driver lama atau yang tidak ada dari driver saat ini.


3. Pilih driver lama yang ingin anda uninstall, klik kanan dan pilih opsi Uninstall device. Ikuti wizard untuk uninstall driver hingga selesai.



Hanya itu yang harus anda lakukan. Dengan menggunakan tips ini, anda dapat dengan mudah menemukan dan menghapus driver lama dan tersembunyi apapun. Namun saya ingatkan untuk selalu berhati-hati agar tidak menghapus driver perangkat saat ini karena ini dapat menyebabkan masalah dengan hardware anda yang terhubung. Selain itu, selalu periksa dua kali sebelum mencopot driver perangkat apapun.

Jika anda mengalami masalah dengan hardware namun tidak tahu hardware mana yang menyebabkannya, maka anda dapat membaca tutorial saya lainnya tentang cara mendeteksi masalah pada harddrive komputer.

Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa tinggalkan komentar anda di bawah ini jika anda menghadapi masalah saat menguninstall driver lama atau untuk membagikan pemikiran anda tentang tips ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

1 comment for "Cara Menghapus Driver Lama dan Tidak Berguna di Windows 10/11"