Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mendeteksi Masalah Pada Hardware Komputer


Mari kita hadapi itu semua! Untuk pengguna umum, mengidentifikasi masalah driver bisa sangat sulit. Bahkan setelah anda mengetahui driver apa dan bagaimana mereka dapat diperbaiki dan diupdate. Banyak program yang dapat melakukan ini namun mereka akan menuntut anda membayar uang agar benar-benar meningkatkan driver anda. Mereka bahkan dapat menjalankan pemindaian mendalam yang memberitahu anda apa yang salah.

Dalam artikel ini kita akan membahas aplikasi yang dapat dipercaya yang bahkan dapat digunakan oleh pengguna biasa untuk mengidentifikasi driver yang ketinggalan jaman atau tidak dikenal di komputer mereka.


Menginstal Hardware Identify

Tweaking.com adalah aplikasi favorit saya pribadi. Alasannya terutama tentu menyediakan utilitas software gratis untuk mesin Windows yang kebanyakan berfokus pada perbaikan. Saya telah menggunakan aplikasi Perbaikan Windows mereka beberapa kali pada komputer lama yang membutuhkan masa sewa baru.

Sementara dalam beberapa tahun terakhir mereka telah menambahkan beberapa fitur premium, semua karya terbaik mereka tersedia tanpa harus bergerak melalui paywall.

Aplikasi Hardware Identify adalah contoh dari ini. Sebagai aplikasi yang tidak mencoba menjual apapun kepada anda, ini berfokus pada satu hal saja dimana ia akan menunjukkan kepada anda masalah driver. Mari kita bicara tentang cara menginstalnya.

1. Buka halaman ini dan klik salah satu tautan download di bawah Installer atau anda juga dapat mendownload yang versi portable, terserah anda.

2. Selanjutnya, buka aplikasi yang didownload di folder Download anda. Jika anda mendownload installer maka anda silahkan install; jika portable, anda siap menggunakannya.


Setelah anda berhasil menginstal program, sekarang saatnya untuk mulai belajar bagaimana menggunakannya.


Menggunakan Hardware Identify

Saat anda membuka program, anda akan disambut oleh empat tab di bagian atas. Namun, sebenarnya hanya ada dua yang harus anda fokuskan: No Drivers Installed dan Hardware With Problems. Ini mengidentifikasi komponen hardware di komputer anda yang tidak diinstal dengan benar atau mengalami masalah driver.


Di kanan bawah, pastikan untuk mengklik Update untuk memastikan anda menggunakan versi database terbaru. Anda juga dapat memilih Improve Database untuk melihat apakah anda memiliki perangkat untuk ditambahkan ke basis data untuk dibandingkan dengan pengguna lain.

Jika anda dapat mengidentifikasi hardware dengan masalah, klik kanan entri dalam daftar. Anda akan disajikan dengan serangkaian opsi berikut:


Tidak seperti Windows Device Manager, Hardware Identify memungkinkan anda untuk mulai mencari driver baru dengan mudah. Klik opsi Search Google For Drivers untuk menjalankan pencarian Google. Nama harus berfungsi dalam banyak kasus, tetapi jika itu tidak memberi anda apa yang anda cari, Hardware ID adalah yang harus anda coba berikutnya.


Solusi Lain

Tentu saja, saya tidak hanya berbicara tentang satu solusi ini saja disini. Sebenarnya ada banyak solusi update driver gratis yang dapat anda gunakan, dan saya akan menulis artikel lanjutannya tentang Tools Update Driver untuk Windows! Jadi simak artikel tersebut.

Apakah anda memiliki masalah dengan driver perangkat? Apakah anda menemukan program yang bermanfaat untuk membantu masalah tersebut? Berikan komentar di bawah! Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Mendeteksi Masalah Pada Hardware Komputer"