Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Komputer Windows Stuck di Restarting dan Terus Menerus Restart

 


Apabila komputer Windows 10 atau 11 anda terus-menerus melakukan restart atau mengalami masalah loop reboot terus menerus setelah melakukan upgrade, update Windows, reset atau mengalami Blue Screen, maka artikel ini memiliki beberapa solusi untuk mengatasi masalah tersebut.



Komputer Windows Stuck di Restarting dan Terus Menerus Restart


Sebelum komputer anda direstart, komputer mungkin (mungkin juga tidak) menampilkan pesan apapun. Jika ia menampilkan pesan, maka pesan tersebut mungkin salah satu dari yang berikut ini.

  • Your PC will automatically restart in one minute.


Jika komputer Windows 10 atau Windows 11 anda terus menerus melakukan restart tanpa peringatan dan mengalami loop reboot, maka berikut adalah beberapa hal yang dapat dicoba. Bacalah seluruh artikel ini terlebih dahulu, serta lihat link yang disematkan dalam artikel ini dan temukan situasi mana yang mungkin berlaku untuk anda.



Cara Keluar dari Loop Reboot yang Terus Menerus di Windows 10/11


Apapun alasannya, prioritas utama anda adalah mencoba masuk ke Safe Mode. Jika anda dapat masuk ke Safe Mode, maka itu bagus; namun jika tidak, maka anda harus menggunakan Media Instalasi Windows anda.


Pertama-tama, biarkan komputer melakukan restart beberapa kali dan lihat apakah masalahnya dapat teratasi dengan sendirinya. Terkadang, Windows dapat menampilkan opsi Repair Windows atau memulai Automatic Repair secara otomatis. Namun, jika masalah terus berlanjut, cobalah beberapa solusi berikut ini.



1. Restart Terus Menerus Setelah Menginstal Update, Driver atau Program


Jika anda menggunakan system dual boot, maka semuanya menjadi sedikit lebih mudah.

  • Di layar pemilihan OS dual boot tempat anda memilih OS untuk boot, anda akan melihat Change defaults or choose other options. Klik opsi tersebut.


  • Setelah itu, pilih Troubleshoot - Advanced options - Windows Startup Settings.
  • Saat Startup Settings terbuka, tekan F4 pada keyboard anda untuk memilih opsi Enable Safe Mode.
  • Ini akan me-reboot PC anda ke Safe Mode.



Jika anda hanya memiliki satu system operasi yang diinstall di komputer anda, maka anda perlu menemukan cara untuk mem-boot Windows 10 atau Windows 11 anda dalam Safe Mode.

  • Setelah itu, pilih Startup Settings dan klik Restart.
  • Anda kemudian dapat menekan tombol F4 untuk memilih Enable Safe Mode.
  • PC anda akan masuk ke Safe Mode.


Jika sebelumnya anda telah mengaktifkan tombol F8, maka segalanya menjadi lebih mudah. Saat booting, anda dapat menekan tombol F8 untuk masuk ke Safe Mode.


Jika anda tidak dapat masuk ke Safe Mode, maka anda mungkin harus booting ke Windows 10 atau Windows 11 anda menggunakan Media Instalasi atau Recovery Drive dan pilih Repair your computer. Setelah itu, pilih Troubleshoot - Advanced Startup Options - Command Prompt. Anda sekarang dapat menggunakan command prompt untuk menjalankan perintah.


Setelah anda keluar dari loop reboot dan masuk ke Safe Mode atau mengakses Advanced Options, anda akan memiliki opsi berikut ini.


Jika anda masuk ke Safe Mode, maka anda dapat melakukan hal berikut ini.

  • Buka Control Panel, kemudian pilih Programs and Features dan klik View installed updates di panel kiri. Disini anda dapat menguninstall update yang menyebabkan masalah (termasuk Feature upgrade) yang mungkin telah anda instal baru-baru ini tepat sebelum masalah anda dimulai. Jika anda menginstall program apapun, anda juga dapat menguninstallnya.
  • Jika anda baru saja mengupdate driver perangkat anda dan sekarang menemukan bahwa Windows anda restart terus menerus, maka anda mungkin ingin memecahkan masalah driver anda atau mempertimbangkan untuk mengembalikan driver anda ke versi sebelumnya. Anda dapat menguninstall driver melalui Command Prompt atau melalui Device Manager.


Opsi berikut tersedia untuk anda jika anda telah masuk Safe Mode atau mengakses Advanced Startup options.

    • Buka Command Prompt dengan hak administrator.
    • Di jendela Command Prompt, masukkan perintah berikut satu per satu sambil menekan Enter.
net stop wuauserv
net stop bits
    • Kemudian, buka folder C:\Windows\SoftwareDistribution dan hapus semua file dan folder di dalamnya.
    • Setelah itu, restart komputer anda dan itu harus dapat booting ke Windows.




2. Restart Terus Menerus karena Kegagalan Hardware

Kegagalan hardware atau ketidakstabilan system dapat menyebabkan komputer melakukan reboot terus menerus. Masalah tersebut bisa disebabkan oleh RAM, hard drive, power supply, graphics card atau perangkat eksternal atau mungkin karena masalah overheating atau masalah pada BIOS. Beberapa artikel berikut ini akan memberikan bantuan jika komputer anda mengalami masalah tersebut. Namun, sebelumnya pastikan bahwa anda berada di Safe Mode untuk melakukan perubahan.
  • Dalam kasus seperti itu, anda perlu memeriksa stabilitas GPU anda menggunakan tool seperti FurMark atau yang lainnya dan kemudian memperbaiki graphics card anda jika terdapat masalah.

Perangkat eksternal yang rusak seperti Kamera USB, Mouse, Keyboard, controller game dan lainnya dapat menyebabkan reboot secara acak. Sebaiknya lepaskan semua perangkat USB dan lihat apakah itu menyelesaikan masalah.


3. Reboot Setelah Blue Screen atau Stop Error

Untuk mencegah masalah software atau driver merestart komputer anda berulang kali setelah Stop Error, maka anda perlu melakukan hal berikut ini. Anda perlu melakukan ini agar dapat membaca error code, yang pada gilirannya dapat membantu anda memecahkan masalah. Anda harus berada dalam Safe Mode untuk dapat melakukan perubahan.
  • Buka Registry Editor dengan menekan tombol Win + R, kemudian ketik regedit dan tekan Enter.
  • Di jendela Registry Editor, telusuri jalur berikut dibawah ini.
HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\CrashControl
  • Selanjutnya, klik dobel pada AutoReboot di panel kanan. Jika anda tidak menemukannya, klik kanan pada ruang kosong di panel kanan, kemudian pilih New -  DWORD (32-bit) Value dan beri nama dengan AutoReboot. Setelah itu, klik dobel padanya.
  • Di jendela edit DWORD, ubah Value data-nya menjadi 0 (nol) dan klik OK.
  • Setelah itu restart komputer anda ke normal mode.


Sekarang jika Windows anda crash karena Stop Error, itu tidak akan me-restart komputer tetapi akan menampilkan pesan error yang dapat membantu anda memecahkan masalah Blue Screen. Anda juga dapat mendiagnosis dan memperbaiki driver yang menyebabkan error BSOD. Jika error Blue Screen terjadi setelah menginstall driver, maka gunakan solusi perbaikan di artikel ini.


4. Loop Reboot Setelah Upgrade

Jika upgrade Windows gagal dan anda terjebak di loop restart, maka lakukan hal berikut ini.
  • Masuk ke Advanced Startup Options dan buka Command Prompt. Jika anda dapat masuk ke Safe Mode, maka buka Command Prompt dengan hak admin. Anda juga dapat menggunakan media instalasi untuk mengaksesnya.
  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter. Ubah C jika drive system anda bukan itu.
C:\boot\Bootsect.exe /NT60 All
  • Setelah itu, restart komputer anda.


Malware atau infeksi virus juga bisa menjadi kemungkinan penyebab restart komputer anda. Oleh karena itu, scan komputer anda secara mendalam dengan menggunakan Microsoft Defender Offline atau Bootable AntiVirus Rescue Media Gratis. Anda membutuhkan komputer lain untuk membuat USB drive bootable untuk antivirus tersebut.


Semoga membantu anda.

Sekian tutorial saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki komputer Windows stuck di Restarting dan terus menerus restart di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Komputer Windows Stuck di Restarting dan Terus Menerus Restart"