Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Untuk Memeriksa Kesehatan Hard Disk di Windows


Hard drive anda diibaratkan adalah jiwa dari PC anda, tempat dimana semua data anda yang paling penting disimpan. Sementara sebagian besar komponen PC dapat diganti, data tak ternilai di hard drive anda tidak bisa diganti jika anda belum membuat cadangannya. Untuk alasan ini, memastikan hard drive anda tetap sehat sangat penting.

Ada berbagai cara untuk memeriksa kesehatan hard drive anda - mulai dari metode bawaan Windows hingga tools diagnostik pabrikan HDD anda, dan saya akan membicarakan pada anda melalui metode terbaik.


1. Gunakan Tools Produsen HDD

Sebagian besar produsen hard drive menyediakan perangkat canggih gratis untuk memantau kesehatan dan kinerja hard drive anda. Langkah pertama untuk mengetahui mana yang akan digunakan adalah, tentu saja, mengetahui pabrikan hard drive anda.


Jika anda tahu hasil dari hard drive anda, anda dapat melewati bagian ini. Jika tidak, tekan tombol Win, ketik device manager dan klik ketika muncul di hasil pencarian.

Di Device Manager klik opsi Disk drives dan catat nomor model hard drive anda. Selanjutnya, ketik nomor model di pencarian Google untuk menemukankan dan menunjukkan pabrikan hard drive.


Setelah itu, buka halaman dukungan pabrikan dan cari utilitas hard drive mereka. Untuk membantu anda, berikut saya sertakan tautan ke laman unduhan yang relevan dari beberapa merek hard drive terbesar dan terkenal :
Masing-masing fungsi tools ini sedikit berbeda, tetapi yang paling penting, masing-masing memiliki fitur diagnostik yang memungkinkan anda menguji kesehatan hard drive anda.


2. Tools CHKDSK Windows

Windows CHKDSK Tool adalah tools bawaan Windows yang akan menscan disk anda untuk menemukan error system dan bad sector dan menunjukkan jika ada masalah dengan hard disk anda. Ini akan memindai dan memperbaiki masalah yang dapat diperbaiki dan memberi tahu anda jika ada masalah yang lebih besar yang tidak dapat diperbaiki. Anda dapat menggunakan alat ini untuk memeriksa kesehatan hard disk dan memperbaiki bad sector dan kesalahan jika memungkinkan.

Untuk menggunakan CHKDSK, klik kanan pada drive yang anda ingin memeriksa kesalahan, dan pilih Properties. Kemudian klik pada tab Tools, dan kemudian klik pada tombol Check now.


Dialog akan terbuka dengan dua opsi untuk memperbaiki kesalahan dan memindai bad sector. Anda dapat memilih opsi ini jika anda ingin memperbaiki kesalahan dan bad sector, jika tidak anda cukup mengeklik Start untuk mendapatkan laporan dasar masalah hard disk (jika ada).

Tools ini sangat dasar dan berfokus pada menemukan kesalahan sistem dan bad sector. Ini hanya akan memberi tahu anda jika ada masalah besar dan tidak lebih, jadi hanya menggunakannya sebagai alat pengecekan dan perbaikan hard disk dasar.


3. Gunakan WMIC

WMIC adalah antarmuka baris perintah yang memungkinkan anda melakukan banyak tugas administratif, termasuk memeriksa kesehatan hard disk. Ini menggunakan fitur SMART (Self-Monitoring, Analisis dan Teknologi Pelaporan) dari hard disk untuk melihat status dan memberikan kesimpulan sederhana, seperti OK atau Pred Fail, dll. Ini masih merupakan perintah yang sangat dasar yang menawarkan sangat sedikit informasi, tetapi cepat dan fitur bawaan Windows.


  • Untuk memeriksa hard disk dengan WMIC, tekan tombol Win + R untuk membuka dialog Run.
  • Ketik cmd dan klik OK untuk membuka command prompt Windows.
  • Ketik wmic dan tekan Enter.
  • Ketika antarmuka WMI siap, ketik diskdrive get status dan tekan Enter lagi.
  • Anda akan melihat status hard disk anda.

4. Gunakan Tools Pemeriksaan Kesehatan Hard Disk Pihak Ketiga

Anda juga dapat menggunakan alat pemeriksaan kesehatan hard disk pihak ketiga yang akan menawarkan lebih banyak informasi daripada hanya status baik atau buruk. Alat-alat ini menggunakan fitur S.M.A.R.T yang sama dari hard disk untuk mengambil data, sama seperti WMIC. Namun, mereka memberikan semua detail kepada Anda, bukan hanya menunjukkan status baik atau buruk.

CrystalDiskInfo

Untuk tujuan ini, CrystalDiskInfo adalah alat yang sangat sederhana, namun kuat. Ini adalah alat bebas digunakan yang sangat ringan dan menawarkan semua informasi yang diperlukan, seperti suhu, status kesehatan, jenis dan fitur hard disk, dan atribut lainnya seperti tingkat kesalahan baca / tulis dan waktu perputaran, dll.


Alat standar datang sebagai 4 MB .exe file , dan pemasangnya berisi iklan, jadi pastikan anda menggunakan opsi Custom Installer dan hapus centang pada alat samping (iklan). Setelah diinstal, semua yang perlu anda lakukan adalah meluncurkan program, dan anda akan melihat semua informasi tentang hard disk anda diantarmuka utama. Alat ini juga akan memeriksa kesehatan hard disk setelah setiap 10 menit (secara default) dan memperingatkan anda jika ada yang salah.

Anda dapat menggunakan alat yang disebutkan di atas untuk memeriksa kesehatan hard disk di PC Windows anda. Jika anda tidak memerlukan detail tambahan, maka alat bawaan Windows harusnya berfungsi dengan baik. Jika tidak, disarankan untuk mengunduh alat pemeriksaan kesehatan hard disk pihak ketiga.

Sekian tutorial kali ini. Semoga dapat membantu anda. GBU

Post a Comment for "Cara Untuk Memeriksa Kesehatan Hard Disk di Windows"