Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki Automatic Repair di Windows 10/11


Preparing Automatic Repair dapat menjadi salah satu hal yang paling membuat frustrasi jika itu terjadi pada PC Windows anda. Ironisnya, hal itu tidak pernah benar-benar memperbaiki apapun, malah menempatkan PC anda di bootloop yang sia-sia yang mengunci anda keluar dari Windows. Dan pada akhirnya ini akan memberitahu anda dengan pesan Automatic Repair couldn’t repair your PC, dimana kemudian memberi anda opsi untuk menShutdown PC anda dan mungkin menyerah selamanya atau masuk ke Advanced options.

Ini masalah kritis yang membutuhkan solusi cepat dan kali ini saya telah menyusun banyak perbaikan untuk anda disini.


Bagaimana Preparing Automatic Repair Terjadi?

Alasan paling umum untuk preparing atau loop Automatic Repair adalah ketika Windows tidak dimatikan dengan benar - mungkin karena pemadaman listrik, kerusakan, atau baterai laptop anda kehabisan daya. Jika ini terjadi, data dalam registry dapat diisi dengan entri yang tidak lengkap dan korup yang tidak akan terjadi seandainya anda mematikannya dengan benar. Karena registry yang korup tadi maka Hard drive anda bisa error karena tidak mampu membaca (read).


Jadi pelajaran sederhana untuk dipelajari dari preparing automatic repair ini adalah selalu mematikan komputer anda dengan benar!


1. Start Windows Secara Normal

Mari kita mulai dengan solusi paling sederhana. Kadang-kadang preparing automatic repair dapat terjadi bukan karena sebenarnya ada masalah dengan PC anda tetapi karena Windows secara keliru mengira ada sesuatu. Jadi untuk mengatasi loop ini, coba tekan F8 berulang kali ketika PC anda boot untuk masuk ke Windows Boot Manager, lalu pilih Start Windows Normally.


Dengan sedikit keberuntungan, solusi ini akan berhasil, dan anda aman. Jika tidak berhasil, silahkan baca terus untuk solusi lainnya.


2. Lakukan System Restore

Langkah selanjutnya adalah mencoba melakukan pengembalian system. Ingatlah bahwa anda harus mengaktifkan system protection sebelumnya di Windows agar ini bisa berfungsi.


Preparing automatic repair anda akan mengarahkan anda ke layar Advanced Startup Options berwarna biru. Disini, pilih Troubleshoot - Advanced options - System Restore dan pilih tanggal sebelum masalah terjadi.



3. Gunakan Command Prompt

Jika itu tidak berhasil, maka Windows anda benar-benar dalam sedikit masalah, dan anda harus melakukan beberapa keajaiban lewat Command Prompt untuk mencoba dan membuatnya berfungsi kembali.

Di Layar Advanced Startup, klik Troubleshoot - Advanced Options.


Dari sana, pilih Command Prompt, dan masukkan perintah berikut dibawah ini. Gunakan satu per satu perintah diikuti dengan Enter.

Catatan: untuk perintah terakhir, "c:" akan tergantung pada drive letter instalasi system Windows anda!

bootrec.exe /rebuildbcd
bootrec.exe /fixmbr
bootrec.exe /fixboot
bootrec.exe /chkdsk /r c:


4. Nonaktifkan Automatic Repair

Ketika anda memiliki masalah terkait drive system, jendela Automatic Startup Repair akan terbuka secara otomatis saat booting. Jika anda merasa berada dalam situasi seperti itu, anda dapat menonaktifkan Automatic Repair otomatis.

  • Booting ke Safe Mode, kemudian buka Command Prompt dan jalankan perintah berikut ini

bcdedit /set recoveryenabled NO

  • Setelah menjalankan perintah, restart PC anda.


5. Gunakan Media Instalasi untuk Boot dan Memperbaiki System Anda

Jika gagal, buat CD atau flash drive bootable Windows 10 atau Windows 11 untuk menginstal Windows anda. Ini gratis untuk membuatnya, dan saya telah membuat panduan tentang bagaimana melakukannya di sini. Untuk menggunakan media bootable ini untuk booting dan perbaikan, akses Advanced Startup Options pada loop PC anda, pilih opsi Use a device lalu ikuti instruksi. Anda dapat mengikuti langkah-langkahnya di artikel ini.



Semoga salah satu solusi diatas akan membuat Windows anda kembali dan berjalan sebagaimana mestinya. Namun, skenario terburuknya adalah anda harus mereset Windows anda. Anda dapat berpotensi melakukan ini dari layar Advanced Startup. Cukup buka Troubleshoot - Reset this PC dan ikuti instruksi.

Semoga berhasil! Jika anda menemukan cara lain yang lebih baik, silahkan berbagi dengan saya dan yang lainnya dengan meninggalkan komentar anda di bawah. Terimakasih dan GBU.

2 comments for "Cara Memperbaiki Automatic Repair di Windows 10/11"