Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error RunDll di Windows 10/11

 


Pada artikel ini, saya akan menunjukkan cara memperbaiki error RunDll saat startup di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda.


Error RunDLL terjadi ketika file DLL yang diperlukan untuk memulai sebuah program yang dijalankan saat startup atau diatur sebagai scheduled task gagal untuk dimulai. Windows mencoba memuat file ini tetapi tidak dapat menemukannya dan akhirnya memunculkan error RunDLL.



Apa itu Error RunDLL?

Rundll32.exe adalah file Windows Host Process yang terletak di folder System32 yang memuat dan menjalankan dynamic link libraries (DLL) 32-bit. Itu hanya dapat memanggil fungsi dari DLL yang ditulis secara eksplisit untuk dipanggil oleh Rundll32. Jika file DLL tidak dapat ditemukan, pesan error RunDll dapat muncul.


There was a problem starting DLL file, the specified module could not be found


DLL adalah singkatan dari Dynamic Link Library. File DLL ini khusus untuk satu program atau dapat dibagikan ke beberapa program.


Bagaimana Cara File DLL Terhapus atau Rusak?

Malware dapat menghapus file penting di komputer. Oleh karena itu, jika komputer anda terinfeksi malware, kemungkinan besar file DLL yang penting terhapus. Namun terkadang, pengguna juga dapat menghapus file DLL tanpa mengetahui bahwa mereka sedang menghapus file DLL tersebut. Saya telah menjelaskannya di bagian berikut dibawah ini.


Saat menguninstall beberapa program, anda mungkin melihat pesan seperti pesan berikut ini.

This DLL file may be in use with another program. Deleting it can cause that program to malfunction.


Wizard uninstall beberapa program menampilkan pesan yang disebutkan di atas. Namun, pesan ini bukanlah pesan error yang sebenarnya. Jika pengguna tidak membaca wizard uninstall dan terus mengklik Next untuk menguninstall program dengan cepat, maka dia dapat menghapus file DLL yang berguna.


Bisa juga file DLL rusak karena alasan yang tidak diketahui, sehingga menyebabkan error tersebut.



Memperbaiki Error RunDll di Windows 10/11


Mari kita lihat cara memperbaiki error RunDll saat startup di Windows 10 atau Windows 11. Saya sarankan anda membuat system restore point terlebih dahulu sebelum melanjutkan. Dan sebelum anda memulai perbaikan, periksa update Windows terbaru dan juga Office anda.



1. Install Ulang Program yang Terpengaruh


Jika anda tidak dapat menggunakan program tertentu karena error ini, maka file DLL yang terkait dengan program tersebut mungkin telah dihapus atau rusak. Dalam hal ini, anda perlu menguninstall program dan kemudian menginstallnya kembali.


Hapus sepenuhnya program yang terpengaruh dari system anda. Untuk melakukan ini, anda dapat menggunakan aplikasi uninstaller pihak ketiga, seperti Revo Uninstaller. Aplikasi ini menghapus semua file sisa yang terkait dengan program yang hendak anda uninstall.



Setelah menguninstall program yang terpengaruh, restart komputer anda, kemudian kunjungi website resmi aplikasi tersebut untuk mendownload versi terbaru aplikasi dan kemudian anda dapat menginstall ulang aplikasi tersebut.



2. Perbaiki File System Image


Langkah selanjutnya adalah memperbaiki file system image yang rusak. File system image yang rusak juga dapat menyebabkan error ini. Oleh karena itu memperbaikinya dapat membantu. Windows 10 dan Windows 11 memiliki tool bawaan untuk melakukan proses perbaikan file system image. Untuk itu, gunakan System File Checker dan lihat apakat masalah anda teratasi.




3. Jalankan Scan ChkDsk


Anda dapat menjalankan scan ChkDsk untuk memperbaiki drive C anda, karena mungkin ada beberapa bad sector yang dapat menyebabkan masalah ini. Setelah menjalankan scan ChkDsk, restart komputer anda dan lihat apakah error kembali terjadi atau tidak.




4. Gunakan Microsoft Autorun


Pesan error juga mengatakan The specified module could not be found. Oleh karena itu, jika file DLL tidak berada pada jalur yang ditampilkan dalam pesan dan file tersebut terpicu saat startup system, maka Windows akan menampilkan error ini. Salah satu cara untuk memperbaikinya adalah dengan menghapus entri tersebut dengan menggunakan Microsoft Autoruns.

  • Sekarang, klik pada kotak pencarian Quick Filter dan ketikkan nama file DLL yang ditampilkan dalam pesan error.
  • Anda akan melihat pesan berikut di bawah Image Path.
File not found: Complete path of the file
  • Selanjutnya, klik kanan pada jalur file tersebut dan pilih Delete.
  • Kemudian, klik OK di jendela konfirmasi.
  • Setelah itu, restart system anda untuk menerapkan perubahan..



5. Jalankan Scan Antimalware

Error ini juga dapat terjadi karena infeksi malware. Jadi, saya sarankan anda untuk menjalankan scan antimalware di system anda. Selain Microsoft Defender Offline anda juga dapat menggunakan Bootable AntiVirus Rescue media gratis untuk melakukan hal ini.



6. Coba Pulihkan File DLL yang Hilang

Anda juga dapat mencoba memperbaiki file DLL yang hilang. Saya tidak menyarankan anda mendownload file DLL dari website pihak ketiga. Salah satu cara mengembalikan file DLL yang hilang adalah dengan mengcopynya dari komputer yang sehat.

Anda kemudian mungkin harus mendaftarkan ulang file DLL setelah mengcopynya ke lokasi sebenarnya.


7. Hapus Shortcut Program yang Terpengaruh

Folder Startup di Windows 10 atau Windows 11 membuka file dan program pada startup system jika file dan shortcut ke program tersebut ditempatkan di folder ini. Jika anda telah menguninstall sebuah program dan Windows mulai menampilkan error RunDll pada startup system setelah menguninstall program tersebut, maka shortcut program mungkin ada di folder Startup. Anda harus memeriksa ini.
  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik perintah berikut ini dan tekan Enter.
shell:startup
  • Perintah diatas akan membuka folder Startup di system anda.
  • Jika shortcut program yang diuninstall sudah ada, maka hapus shortcut tersebut.



8. Hapus Entri Masing-masing di Task Scheduler

Anda juga dapat menghapus task yang dibuat oleh program bermasalah. Namun, untuk ini, anda harus mengetahui file DLL yang dikaitkan dengan program mana, sehingga anda dapat menghapus task yang tepat.
  • Buka Task Scheduler, kemudian temukan task yang ingin anda hapus dan hapus task tersebut.
  • Cukup sulit menemukan task di Task Scheduler. Oleh karena itu, anda dapat menghapus task tersebut langsung dari File Explorer.
  • Selanjutnya, buka File Explorer dan buka jalur berikut ini.
C:\Windows\System32\Tasks
  • Sekarang, cari task yang terkait dengan program yang bermasalah dan hapus.


9. Pulihkan System Anda

Langkah terakhir adalah memulihkan system anda. Saya juga telah mengarahkan anda untuk membuat system restore point di awal artikel ini. Saat melakukan System Restore, jangan pilih restore point tersebut. Sebaliknya, pilih restore point sebelumnya yang sebelumnya tidak ada masalah.


Itu dia. Semoga membantu.

Bagaimana cara memperbaiki Windows 10/11 yang rusak?
Jika instalasi Windows 10/11 rusak, anda dapat mencoba perbaikan seperti memperbaiki file system image, menjalankan Startup Repair melalui Windows Recovery Environment, melakukan reset tanpa menghapus data anda dn lainnya.

Bagaimana cara memperbaiki semua error di Windows 10/11?
Mengatasi masalah error di Windows 10 atau Windows 11 bergantung pada berbagai hal, termasuk penyebabnya. Anda bisa mendapatkan informasi tentang error di Event Viewer Windows . Baca event log dan pecahkan masalah kesalahan yang sesuai.

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error RunDll di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti artikel ini. Anda juga dapat merequest tutorial yang anda butuhkan. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error RunDll di Windows 10/11"