Widget HTML Atas

Cara Register, Re-register, Unregister File DLL atau OCX di Windows 10/11

 


Tools Regsvr32 adalah utilitas command line yang dapat digunakan untuk mendaftarkan dan membatalkan pendaftaran kontrol OLE (Object Linking and Embedding) seperti kontrol DLL (Dynamic Link Library) dan ActiveX (OCX) di system operasi Windows. Jika anda menemukan bahwa beberapa fungsi Windows 11/10/8/7 anda tidak berfungsi dengan baik, maka anda mungkin perlu mendaftarkan file dll anda.


Tutorial ini akan memberitahu anda cara mendaftar atau membatalkan pendaftaran file DLL menggunakan Regsvr.exe bawaan atau beberapa aplikasi gratis Register DLL Tools.


Seperti judul artikel, disini kita akan membahas cara register, re-register dan unregister. Jika anda mengalami error dengan file DLL, maka baca artikel saya lainnya tentang cara memperbaiki error file .dll yang hilang di Windows. Di artikel tersebut anda akan mendapat penjelasan lebih lanjut tentang file DLL.



1. Register File DLL


Untuk mendaftarkan file dll atau ocx, buka command prompt dengan hak admin (Run as administrator). Anda juga dapat menggunakan PowerShell dengan hak admin untuk menjalankan perintah.


Di command prompt, masukan perintah berikut dibawah ini dan tekan Enter. Jangan lupa mengganti path & filename of dll or ocx dengan path atau filename yang anda butuhkan.


regsvr32 "path & filename of dll or ocx"




2. Re-register Semua File DLL

Untuk mendaftarkan semua File DLL, buka command prompt atau PowerShell dengan hak admin (Run as administrator).

Kemudian di command prompt masukan perintah berikut dibawah ini dan tekan Enter.

for %1 in (*.dll) do regsvr32 /s %1




3. Unregister File DLL

Untuk membatalkan pendaftaran file dll atau ocx, buka kembali command prompt atau PowerShell dengan hak admin (Run as administrator).

Kemudian masukan perintah berikut dibawah ini kedalam command prompt dan tekan Enter. Jangan lupa untuk mengganti path & filename of dll or ocx.

regsvr32 /u "path & filename of dll or ocx"

Metode diatas akan mendaftarkan atau membatalkan registrasi file dll pada system Windows anda.

Jika anda mau, anda juga dapat menggunakan aplikasi gratis pihak ketiga untuk melakukannya dengan mudah. Ada beberapa aplikasi seperti Rootreg, Register/Unregister OCX/DLL Utility, RegDllView, dan lainnya. Aplikasi ini akan memungkinkan anda melakukan hal yang sama dengan mudah.


Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

No comments for "Cara Register, Re-register, Unregister File DLL atau OCX di Windows 10/11"