Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki Error File .dll Yang Hilang di Windows


Tidak ada yang lebih membuat anda frustrasi daripada menjalankan program yang anda gunakan setiap saat dan hanya dihadapkan dengan pesan error. Dalam situasi ini sangat mungkin bahwa ada referensi pesan error untuk ekstensi file .dll. Karena kebanyakan orang tidak memiliki petunjuk seperti apa error file DLL, apalagi tidak tahu apa yang harus dilakukannya, ini dapat membuat pengguna menjadi panik. Untungnya, sistem operasi Windows memiliki beberapa cara built-in untuk menangani masalah umum ini.


Apa itu File .dll?

DLL (dynamic link library) adalah file yang berisi kode dan data yang dapat digunakan oleh lebih dari satu program pada saat yang bersamaan. File-file ini berbagi kemampuan dan atribut di antara banyak program untuk membuat komputer anda berjalan lebih efisien. Pada dasarnya, file DLL mengoptimalkan kinerja komputer anda, mengurangi ruang disk dengan menghilangkan kebutuhan untuk menggandakan file yang melakukan hal yang sama dan membuat penggunaan RAM lebih efisien.


Karena file DLL sangat umum dan digunakan terus-menerus, mereka sering menjadi sumber error. File DLL yang hilang atau rusak dapat menjadi sumber frustrasi atau lebih buruk, kerusakan lengkap dalam produktivitas. Logika akan menyarankan bahwa jika Windows memberitahu anda tentang file DLL yang hilang, solusi terbaik adalah dengan mengunduhnya. Namun, ini adalah sesuatu yang ingin anda hindari.

File DLL yang ditemukan di Web biasanya kedaluwarsa, yang berarti bahwa mereka tidak akan menyelesaikan masalah anda. Skenario terburuknya adalah file DLL yang didownload akan terinfeksi malware. Ini dapat menyebabkan masalah serius karena cara kerja file DLL. Karena mereka dibagi antara banyak program, anda bisa membuat infeksi ke seluruh system. Untungnya, ada cara untuk memperbaiki, memperbarui, dan memperbaiki file DLL anda tanpa harus mendownloadnya dari Internet.


1. Periksa Update

Terkadang sebuah program tidak akan berjalan karena anda kehilangan update penting untuk software. Untungnya, Windows membuatnya sangat mudah untuk menemukan dan menerapkan update untuk kedua Windows itu sendiri dan aplikasi yang anda instal.


Windows 10 cukup mendesak untuk menerapkan update, apakah anda mau atau tidak. Namun, jika anda mengalami masalah, anda mungkin ingin memeriksa dan melihat apakah ada update yang tersedia secara manual. Untuk melakukannya, ketik Windows Update settings di kolom pencarian Cortana yang disematkan pada taskbar dan klik pada hasil pertama. Ini akan membuka jendela baru yang memungkinkan anda memeriksa update apapun yang tersedia. Jika Windows menemukan update, ia akan memberitahu anda kapan mereka dijadwalkan untuk instalasi. Jika anda ingin segera menginstalnya, cukup klik tombol Install Now.

Di versi Windows sebelumnya, proses update tidak semaksimal seperti di Windows 10. Untuk mencari update, klik tombol Start, ketik Windows Update di bilah pencarian dan tekan Enter. Di jendela Windows Update anda akan melihat bahwa update dibagi menjadi "important" dan "optional." Disini anda dapat mengklik tombol Install updates atau tautan update untuk memilih secara manual update mana yang akan diterapkan.


2. Instal Ulang Software

Jika beberapa software atau aplikasi yang diinstal yang memberikan error ini, yang perlu anda lakukan adalah menginstal ulang software tersebut. Anda dapat menguninstall aplikasi yang memberikan error dari Control Panel, restart komputer anda, kemudian pergi ke halaman download resmi dan download file setup terbaru. Setelah melakukan ini, install software anda. Installer akan menempatkan semua file yang diperlukan di PC anda termasuk file DLL. Jika software menawarkan opsi untuk memperbaiki program, anda dapat memilih untuk memperbaiki instalasi terlebih dahulu sebelum menguninstallnya dan melihat apakah itu membantu.


3. Copy File DLL dari System Lain yang Sehat

Terkadang, software yang dimaksudkan untuk dijalankan pada versi Windows yang lebih lama, mungkin memerlukan versi file DLL tertentu untuk dijalankan. Jika anda menghadapi masalah ini, anda harus mencoba dan mengcopy file DLL ini dari salah satu system anda yang lain dan menggantinya disini di direktori yang tepat dan melihat apakah itu berhasil untuk anda. Anda mungkin harus mendaftarkan ulang file DLL. Terkadang pengembang software tersebut mungkin menawarkan berbagai versi file DLL di website mereka untuk didownload, jadi anda juga dapat mendownloadnya dari sana.


4. Gunakan SFC dan DISM

Jika melakukan update seluruh system belum menyelesaikan masalah, Windows telah memperbaiki itu semua. Solusi potensial ini disebut System File Checker. Ini adalah utilitas yang mengidentifikasi dan memulihkan kerusakan yang ditemukan di Windows. Menggunakan System File Checker memerlukan penggunaan Command Prompt. Meskipun hal ini dapat menakuti sebagian pengguna, menjalankan System File Checker sangat mudah.

Untuk memulai, arahkan kursor anda ke kotak pencarian di Start. Di Windows 10, kotak pencarian dapat diakses langsung dari taskbar, sedangkan bilah pencarian di versi Windows yang lebih lama ditemukan setelah mengklik tombol Start. Dengan kursor anda di Search bar, ketik Command Prompt dan tekan Enter. Klik kanan pada Command Prompt dari hasil pencarian. Jika anda menggunakan perangkat touchscreen, tekan dan tahan pada Command Prompt. Melakukannya akan menghasilkan menu dropdown. Dari sana pilih Run as administrator.

Jendela Command Prompt seharusnya sekarang muncul di layar anda. Masukan perintah berikut dibawah ini dan tekan Enter.

sfc /scannow


Sadarilah bahwa ada spasi sebelum setiap / dan setelah mengetik semua tekan Enter untuk menjalankan perintah. Bersabarlah karena ini mungkin memerlukan sedikit waktu untuk diselesaikan. Setelah operasi selesai, lakukan scan DISM (Deployment Image Servicing and Management). Masukan perintah berikut dan tekan Enter.

Dism /Online /Cleanup-Image /RestoreHealth

Ini mungkin memakan waktu cukup lama, jadi pertimbangkan untuk menyeduh secangkir kopi dan menunggu. Setelah operasi selesai, coba lakukan apapun yang anda coba lakukan ketika anda menerima pesan error. Dengan sedikit keberuntungan, System File Checker akan memperbaiki masalah anda.


Situasi Lain Dimana SFC dan DISM Dapat Membantu

System File Checker adalah utilitas Windows yang telah dibundel dengan system operasi sejak rilis Windows 98. Meskipun umumnya digunakan untuk memperbaiki kesalahan file DLL, System File Checker juga dapat digunakan saat dihadapkan dengan berbagai macam masalah lainnya.


Misalnya, Blue Screen of Death (BSOD) yang terkenal. Layar ini mengkomunikasikan error system fatal yang mencegah Windows bekerja. System File Checker dapat mengidentifikasi corrupt dan berpotensi memperbaikinya. Selain itu, pertimbangkan untuk menjalankan System File Checker saat program dan aplikasi mogok atau berperilaku tidak normal. Akhirnya, jika anda menemukan bahwa fitur Windows tertentu tidak berfungsi dengan benar, System File Checker mungkin dapat menyelesaikan masalah.


5. Download File DLL

Apakah ada website bagus tempat anda dapat mendownload file DLL untuk memulihkannya? Mungkin ada, tetapi saya tidak menyarankan untuk menggunakannya dengan benar. Alasannya sederhana. Jika anda perlu mengganti atau memulihkan file DLL, anda dapat melakukan salah satu saran yang disebutkan di atas. Itu akan memastikan bahwa anda mendapatkan file asli dari sumber asli. Selain itu, sebagian besar file DLL dilindungi hak cipta dan saya tidak yakin apakah website download dll telah mengambil izin dari OS atau pengembang software untuk meng-host dan mendistribusikan file. Jadi ini hanyalah alternatif yang paling akhir.


Semoga membantu anda!

Pernahkah anda mengalami masalah dengan file DLL? Jika ya, bagaimana anda memperbaikinya? Beritahu saya di kolom komentar dibawah ini! Anda juga dapat membaca cara scan dan memperbaiki File System Windows yang rusak untuk menambah pengetahuan anda dalam memperbaiki file dll yang rusak atau hilang. Semoga artikel dapat membatu anda. GBU

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Error File .dll Yang Hilang di Windows"