Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error SETUPAPI.dll is missing atau not found di Windows 10/11

 


File DLL adalah file penting dalam system operasi Windows anda. Jika file-file ini hilang atau mengalami kerusakan, maka beberapa aplikasi di komputer anda mungkin akan berhenti berfungsi dengan baik. Salah satu contoh file DLL yang penting adalah SETUPAPI.dll. Apabila file OS ini hilang atau rusak, anda mungkin akan menghadapi pesan error yang menyatakan bahwa SETUPAPI.dll is missing atau was not found.




Dalam artikel ini, saya akan membahas penyebab dari error DLL ini serta bagaimana anda dapat memperbaikinya di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda.


Apa itu SETUPAPI.dll?

File SETUPAPI.dll penting untuk instalasi aplikasi dan pengaturannya di system. Jika file OS Windows ini hilang atau rusak, maka anda tidak akan dapat menginstall aplikasi terkait. File SETUPAPI.dll adalah bagian dari Windows Setup API. Ini juga berarti bahwa file ini sangat penting untuk instalasi system operasi.


Apa fungsi SetupAPI.dll?

File SetupAPI.dll memiliki 2 fungsi. Fungsi pertama adalah untuk membantu instalasi system operasi Windows dan yang kedua adalah membantu dalam instalasi dan setup aplikasi pada system.



Memperbaiki Error SETUPAPI.dll is missing atau not found


Jika anda ingin mengatasi error SETUPAPI.dll is missing atau was not found di system operasi Windows 10 atau Windows 11 anda, maka anda dapat mencoba beberapa solusi berikut ini secara berurutan untuk memperbaikinya.



1. Jalankan Scan SFC


Penyebab utama error ini adalah file SETUPAPI.dll yang hilang. File ini dapat diganti dengan melakukan scan System File Checker (SFC) di system anda. Tujuan dari scan SFC adalah untuk menscan dan menemukan file system yang hilang atau rusak pada system dan menggantinya jika memungkinkan. Proses ini sedikit membutuhkan waktu, jadi bersabarlah. Jadi, lakukan itu dan setelah selesai, restart komputer anda dan periksa apakah itu dapat memperbaiki masalah ini. Jika SFC tidak memperbaikinya atau ia menampilkan pesan error, maka lanjut ke langkah berikutnya.




2. Jalankan Perintah DISM


Jika scan SFC tidak membantu, kemungkinan system image anda rusak. Oleh karena itu, anda perlu menjalankan perintah Deployment Image Servicing and Management (DISM). Perintah DISM akan memperbaiki system image yang rusak. Anda perlu menjalankan serangkaian perintah di jendela Command Prompt dengan hak administrator. Setelah selesai, periksa kembali apakah error sudah di perbaiki atau tidak. Anda juga dapat menjalankan kembali scan SFC setelah selesai menjalankan perintah DISM. Semoga itu bekerja untuk anda.




3. Lakukan System Restore


Jika anda telah mencoba scan SFC dan DISM namun keduanya tidak membantu, maka anda mungkin harus mempertimbangkan untuk memulihkan system anda ke titik sebelumnya. Namun, melakukan system restore dapat anda terapkan jika sebelum masalah ini terjadi, anda telah membuat system restore point. Jadi, jika anda telah membuatnya, maka lakukan itu, namun jika belum, maka lanjut ke langkah berikutnya.




4. Download File DLL dari Microsoft


Anda dapat mendownload file SETUPAPI.dll dari Microsoft, kemudian meletakkannya di folder System32 dan kemudian daftarkan file DLL ini. Ini akan memperbaiki masalah anda.




Saya harap ini membantu anda!


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error SETUPAPI.dll is missing atau not found di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BSTAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error SETUPAPI.dll is missing atau not found di Windows 10/11"