Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error winbio.dll is missing di Windows 10/11

 


Jika anda mendapatkan error The program can't start because winbio.dll is missing from your computer, maka artikel ini akan membantu anda. Winbio.dll adalah file DLL yang merupakan bagian dari Windows Biometric Framework. File ini berisi fungsi dan resource penting yang memungkinkan komunikasi antara hardware perangkat biometrik.



Winbio.dll merupakan komponen yang sangat penting dari Windows Biometric Framework yang terletak di folder System32. Framework ini mendukung metode autentikasi biometrik seperti pengenalan sidik jari (fingerprint recognition), pengenalan wajah (facial recognition) dan pemindaian mata (iris scanning). Ini memungkinkan pengguna untuk masuk ke perangkat, mengakses file dan lainnya.


Jadi, ketika file winbio.dll rusak atau hilang dari PC anda, otomatis itu dapat menyebabkan kegagalan otentikasi biometrik.



Memperbaiki Error winbio.dll is missing di Windows 10/11


Jika anda menghadapi winbio.dll file is missing, was not found atau rusak di komputer Windows anda, maka hal pertama yang dapat anda lakukan adalah mengupdate OS Windows dan menguninstall atau menginstall ulang program yang menyebabkan error ini (kemungkinan program yang baru anda install) dan lihat apakah itu membantu. Jika itu tidak membantu, maka ikuti beberapa solusi perbaikan berikut ini untuk memperbaiki file DLL yang hilang atau rusak di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda.



1. Lakukan Scan SFC dan DISM


File system Windows yang korup atau rusak juga bisa menjadi penyebab hilangnya winbio.dll dari komputer anda. Untuk memperbaiki file system yang rusak di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda, anda dapat menjalankan System File Checker (SFC) untuk menscan dan memperbaiki atau mengganti file system yang rusak atau hilang. Jika itu tidak memperbaiki masalah atau anda mendapatkan pesan error saat scan SFC, maka kemungkinan system image Windows anda rusak. Oleh karena itu, anda perlu menjalankan scan Deployment Image Servicing and Management (DISM) untuk memperbaikinya. Setelah itu, jalankan kembali SFC hingga anda tidak mendapatkan error kembali.




2. Update Driver Perangkat


Driver perangkat juga terkadang rusak dan membuat system Windows tidak berfungsi. Jadi anda perlu mengupdate driver perangkat anda dan periksa apakah error winbio.dll is missing dapat diperbaiki atau tidak. Anda dapat menggunakan salah satu metode diawah ini untuk mengupdate driver perangkat anda.

  • Periksa Driver Updates di jendela Settings Windows pada bagian Optional Updates Windows Update. Jika tersedia, maka silahkan install.




3. Copy File DLL dari Komputer Lain dan Daftarkan Ulang


Mungkin diperlukan versi tertentu dari file DLL. Jika demikian, coba copy file winbio.dll dari komputer yang sehat dan terupdate. Selanjutnya, anda harus mendaftarkan ulang file dll tersebut. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukannya.

  • Di komputer yang sehat, tekan Win + E untuk membuka File Explorer dan pergi ke lokasi berikut ini.
C:\Windows\System32
  • Di lokasi, temukan file winbio.dll dan copy ke USB flash drive anda.


  • Kemudian, colokan USB flash drive anda ke PC yang bermasalah, kemudian copy file winbio.dll dan paste di lokasi yang sama.
  • Setelah itu, tekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter untuk membuka Command Prompt dengan hak admin. Anda juga dapat membuka Windows Terminal dengan hak admin dan memilih Command Prompt.
  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut dan tekan Enter untuk mendaftarkan file DLL.
regsvr32 winbio.dll
  • Setelah selesai, tutup Command Prompt dan restart komputer anda.

Sekarang anda dapat memeriksa apakah masalah sudah diperbaiki atau tidak.


4. Download File winbio.dll dari Microsoft

Jika anda tidak memiliki komputer Windows lainnya, maka anda dapat mendownload file winbio.dll dari Microsoft. Ini adalah opsi yang aman. Setelah anda mendownloadnya, anda harus meletakkannya di folder yang tepat dan kemudian mendaftarkan file dll tersebut seperti yang telah di jelaskan pada metode 3.



5. Lakukan System Restore

Terakhir, jika tidak ada saran diatas yang membantu anda, maka pertimbangkan untuk melakukan system restore. Melakukannya akan memperbaiki lingkungan Windows dengan menginstall file dan pengaturan yang telah anda simpan di restore point. Perhatikan bahwa solusi ini hanya dapat dilakukan jika anda telah membuat system restore point sebelum masalah ini terjadi.



Semoga membantu anda!

Sekian tutorial saya kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error winbio.dll is missing di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error winbio.dll is missing di Windows 10/11"