Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Kotak Hitam dan Putih di Layar Komputer

 


Pada artikel kali ini saya akan membahas solusi memperbaiki kotak hitam dan putih yang muncul di layar komputer. Beberapa pengguna melihat banyak kotak hitam-putih di layar komputer mereka, sedangkan beberapa pengguna hanya melihat sedikit kotak hitam-putih yang muncul di layar. Masalah ini membuat komputer sulit digunakan karena kotak menutupi seluruh layar, sehingga layar tampak terdistorsi.




Memperbaiki Kotak Hitam dan Putih di Layar Komputer


Untuk memperbaiki masalah kotak hitam dan putih di layar komputer anda, gunakan beberapa solusi berikut ini untuk memperbaikinya.



1. Perbaikan Awal


Pertama, anda perlu menerapkan beberapa perbaikan dasar dan melihat apakah perbaikan ini dapat menyelesaikan masalah. Jadi, cobalah hal-hal berikut dibawah ini.

  • Periksa masalah pemanasan: Pastikan kipas graphics card anda berfungsi dengan baik. Masalah display dapat terjadi karena masalah panas yang berlebihan pada graphics card. Jika ada beberapa kotak hitam dan putih di layar anda dan layar terlihat, anda dapat menginstall software pemantau suhu GPU untuk memantau suhu GPU anda. Alternatifnya, anda juga dapat menggunakan Windows Task Manager untuk hal yang sama.


  • Bersihkan graphics card anda: Membersihkan hardware komputer diperlukan. Seiring waktu, debu menumpuk di hardware komputer dan menyebabkan banyak masalah. Debu bertindak seperti isolator, yang menyebabkan terjadinya masalah pemanasan.
  • Pasang ulang graphics card anda: Jika masalah terjadi karena kesalahan kecil, memasang ulang graphics card dapat memperbaikinya.
  • Periksa kabel dan layar anda: Jika anda adalah pengguna desktop atau telah menghubungkan layar eksternal ke laptop anda dan masalah terjadi pada layar eksternal, maka periksa kabel yang digunakan untuk menghubungkan layar ke PC anda. Jika kabel lain tersedia, cobalah. Jika layar lain tersedia, anda dapat menghubungkan layar tersebut ke PC untuk mengetahui apakah masalahnya ada pada layar anda.


Beberapa pengguna juga melaporkan hal ini terjadi ketika mereka menjalankan tes Benchmark pada graphics card mereka. Software benchmarking menguji performa/kinerja GPU dengan memberikan tekanan pada GPU. Jika ini terjadi selama proses benchmarking, masalahnya mungkin terkait dengan graphics card anda atau anda melakukan kesalahan selama proses benchmarking. Perlu diperhatikan bahwa jika anda melakukan kesalahan, hal ini dapat merusak graphics card anda.



2. Roll Back atau Update Driver Graphics Card


Penyebab paling umum dari masalah display pada komputer Windows adalah driver graphics card yang rusak atau out of date. Jadi, untuk memperbaiki masalah ini, anda perlu me-roll back atau mengupdate driver graphics card anda.


Jadi, pertama, roll back versi driver graphics card anda melalui Device Manager. Jika opsi Rollback tidak berfungsi atau berwarna abu-abu, maka update driver graphics card anda ke versi terbaru. Anda dapat melakukannya dengan menginstall software khusus dari pabrikan perankat anda seperti Dell SupportAssist, Lenovo System Update, HP Support Assistant, MyASUS dan lainnya.



Anda juga dapat mendownload driver graphics card versi terbaru dari pabrikan perangkat anda dan kemudian menginstall driver secara manual. Alternatifnya, anda dapat mengupdate driver graphics card anda dengan mengikuti langkah-langkah di artikel ini untuk AMD atau di artikel ini untuk NVIDIA atau di artikel ini untuk Intel graphics.



3. Apakah Anda Melakukan Overclock pada GPU Anda?


Overclocking GPU mendorong kecepatan graphics card anda melampaui pengaturan defaultnya untuk mendapatkan frame rate yang lebih tinggi dan performa/kinerja yang lebih lancar dalam video game. Terkadang overclocking GPU menyebabkan masalah pada komputer Windows. Hal ini mungkin terjadi pada anda. Jadi, jika anda telah melakukan overclocking GPU, kembalikan perubahannya dan lihat apakah ini menyelesaikan masalah.



4. Lakukan System Restore


Jika masalah terjadi karena error atau bug software, maka anda dapat memanfaatkan System Restore. Pulihkan system anda ke kondisi kerja sebelumnya dengan menggunakan System Restore. Saat melakukan tindakan ini, anda harus memilih System Restore Point tertentu. Semua program yang anda install setelah tanggal tersebut akan dihapus secara otomatis.




5. Perbaiki Graphics Card atau Display Anda


Jika tidak ada perbaikan di atas yang menyelesaikan masalah anda, maka masalahnya mungkin ada pada graphics card atau display anda. Jadi anda perlu membawanya ke service center untuk perbaikan.



Gangguan pada display komputer berhubungan langsung dengan graphics card. Jika layar komputer anda mulai menampilkan kotak putih dan hitam, masalahnya mungkin ada pada drivergraphics card anda. Atau mungkin ada masalah hardware dengan graphics card anda. Selain itu, pastikan unit pendingin dan kipas graphics card anda berfungsi dengan baik.


Semoga membantu anda!


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki kotak hitam dan putih di layar komputer di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Kotak Hitam dan Putih di Layar Komputer"