Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Rumus Formula Excel Tidak Membagi dengan Benar

 


Excel bisa dibilang merupakan salah satu aplikasi spreadsheet terbaik di planet ini, tetapi ini tidak berarti itu sempurna. Beberapa pengguna mengeluh bahwa rumus formula Excel tidak membagi dengan benar. Pada artikel ini, saya akan membahas masalah ini dan melihat apa yang dapat anda lakukan jika anda melihat error #DIV/0! atau error lain saat membagi di Excel.



Rumus formula Excel tidak menghitung dengan benar karena pasti ada kesalahan yang anda buat saat memasukkan angka ke dalam cell. Atau jika cell tidak diformat dengan benar. Dalam hal ini, kita perlu membuat amandemen pada pengaturan dan memastikan bahwa semua nilai yang dimasukkan dalam cell adalah sah.



Memperbaiki Rumus Formula Excel Tidak Membagi dengan Benar


Jika rumus formula Excel tidak membagi dengan benar, maka ikuti solusi yang disebutkan dibawah ini untuk mengatasi masalah tersebut.



1. Pastikan Anda Tidak Membaginya dengan Nol


Pertama-tama, anda perlu memeriksa apakah anda membagi angka dengan nol. Jika anda telah belajar matematika, anda tahu tidak ada angka yang dapat dibagi dengan nol. Karenanya, periksa apakah anda melakukan hal yang sama dan buat perubahan yang diperlukan.



2. Selesaikan Error #DIV/0!


Sangat mungkin bahwa saat melakukan operasi pada sejumlah besar data, anda menyisakan nol. Dalam hal ini, anda perlu mengganti error #DIV/0! dalam spreadsheet anda. Ikuti langkah-langkah yang diberikan di bawah ini untuk melakukan hal yang sama.

  • Klik pada cell paling atas dari kolom tempat anda ingin pembagian terjadi dan masukkan =IF(.
  • Sekarang, klik cell yang berisi penyebut dan masukkan '=0, “N/A”,'.
  • Klik cell yang ingin anda bagi, kemudian ketik /, dan klik cell yang akan anda bagi.
  • Selanjutnya, masukkan tanda tutup kurung dan tekan Enter.
  • Sekarang, anda dapat mengklik tanda hijau kecil dan memperluasnya ke cell terakhir tempat anda ingin menerapkan rumus formula.


Jika suatu bilangan dibagi dengan nol, maka akan tertulis NA. Dan mudah-mudahan, ini akan melakukan pekerjaan untuk anda.



3. Perlebar Cell untuk Mengetahui Angka Apa yang Telah Anda Masukkan


Jika menurut anda hasil pembagian tidak benar, maka anda harus menambah lebar cell. Itu karena, jika anda memasukkan angka yang besar, kemungkinan besar anda tidak dapat melihat angka yang anda masukkan di dalam cell karena cell tidak cukup lebar. Dalam hal ini, yang harus dilakukan hanyalah mengeklik batas kolom dan memperlebarnya. Terakhir, anda akan mengetahui nomor yang telah anda masukkan dan dapat melakukan perubahan sesuai kebutuhan.



4. Format Cell


Jika Excel mengatakan #VALUE dalam cell, itu diformat dengan benar. Masalah ini terjadi saat satu atau beberapa cell diatur ke Number tetapi desimalnya tidak dikonfigurasi dengan benar. Jadi, anda perlu melakukan perubahan yang diperlukan. Ikuti langkah-langkah yang diberikan dibawah ini untuk melakukan hal yang sama.

  • Di Excel, pilih tab Home untuk memeriksa format cell.
  • Selanjutnya, pilih cell yang ingin anda konfigurasi ulang menggunakan tombol Shift.
  • Kemudian, klik kanan padanya dan pilih Format Cells.
  • Di jendela Format Cells yang muncul, pilih Number dan kemudian konfigurasikan desimal dengan benar.



Mudah-mudahan anda dapat menyelesaikan masalah menggunakan solusi ini.



5. Nonaktifkan Manual Calculation


Dalam Manual Calculation, pengguna perlu memaksanya. Ini bisa berfungsi saat anda berurusan dengan spreadsheet kecil, tetapi saat anda bekerja dengan data dalam jumlah besar, ini tidak akan berhasil. Itu sebabnya, anda perlu menonaktifkan pengaturan untuk mengatasi masalah tersebut. Ikuti langkah-langkah yang diberikan dibawah ini untuk melakukan hal yang sama.

  • Buka Excel, kemudian pilih File.
  • Setelah itu, klik Options. Anda mungkin perlu mengklik More terlebih dahulu untuk sebelum memilih Options.
  • Di jendela Excel Options, pilih tab Formulas di panel kiri.
  • Kemudian, pilih Automatic dibawah bagian Calculation options.
  • Terakhir, klik OK untuk menyimpan perubahan.



Saya harap anda dapat menyelesaikan masalah menggunakan solusi yang disebutkan dalam artikel ini.


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki rumus formula Excel tidak membagi dengan benar. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Rumus Formula Excel Tidak Membagi dengan Benar"