Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error An operating system wasn’t found di Windows 10/11

 


Artikel ini menyajikan langkah-langkah untuk mengatasi error An operating system wasn’t found yang terjadi pada Windows 10 atau Windows 11. Error ini menghambat kemampuan perangkat Windows anda untuk melakukan booting dengan sukses. Hal ini mendorong pengguna untuk mencari solusi guna mengembalikan fungsi system operasi mereka dengan normal.


Pesan error tersebut mengartikan bahwa tidak ada bootloader system operasi pada drive/media saat ini. Akibatnya, komputer anda tidak dapat menemukan dan memulai bootloader Windows atau Windows Recovery Environment (WinRE).


Saat masalah ini terjadi, anda akan melihat pesan error lengkap seperti berikut ini.

An operating system wasn’t found. Try disconnecting any drives that don’t contain an operating system.

Press Ctrl+Alt+Del to restart



Error tersebut dapat ditampilkan setelah upgrade Windows, misalnya dari Windows 10 ke Windows 11, setelah mengupdate BIOS atau mengkloning hard drive ke yang lain. Apapun yang memicu error ini, artikel ini akan memberikan beberapa metode yang berguna untuk memperbaiki masalah ini di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda.



Memperbaiki Error An operating system wasn’t found


Untuk memperbaiki error An operating system wasn’t found di Windows 10 atau Windows 11 anda, ikuti langkah-langkah perbaikan berikut ini sesuai urutan yang diberikan dibawah ini.



1. Akses Command Prompt Menggunakan Bootable USB


Untuk memulai, anda harus membuat media bootable Windows 10 atau Windows 11 terlebih dahulu. Setelah anda membuatnya, booting perangkat anda menggunakan media instalasi dan tekan Shift + F10 di layar Setup Windows untuk membuka Command Prompt.



2. Periksa Apakah Type Disk adalah GPT atau MBR


Untuk itu, setelah anda membuka Command Prompt, masukan perintah berikut satu per satu sambil menekan Enter.

Diskpart
List disk

Sekarang, temukan disk anda dan lihat apakah ada tanda bintang (*) dibawah GPT. Jika tidak ada, maka type disk anda adalah MBR.

Selanjutnya, jalankan perintah Exit untuk keluar dari Diskpart.



3. Jika Type Disk adalah MBR

Jika type disk anda adalah MBR, maka masukan perintah berikut ini dan tekan Enter. Kemudian temukan folder \Windows.

dir a:

Jika anda tidak menemukan folder \Windows, maka jalankan perintah berikut dan temukan folder \Windows.

dir b:
dir c:


Setelah anda menemukannya, selanjutnya, masukan perintah berikut dan tekan Enter. Ingatlah untuk mengganti C dengan drive letter yang benar tempat anda menemukan folder \Windows.

bcdboot C:\Windows /S C:


Anda kemudian akan melihat sebuah pesan mengatakan Boot files successfully created. Setelah itu, masukan perintah berikut satu per satu sambil menekan Enter. Pada perintah dibawah, 0 adalah disk tempat anda menginstall system operasi, sementara C adalah drive tempat anda menemukan folder \Windows.

Diskpart
List disk
Select disk 0
List volume
Select volume C
Active


Setelah semua perintah di jalankan, ketik Exit dan tekan Enter untuk keluar dari Diskpart.

Setelah itu, masukan perintah berikut dan tekan Enter untuk me-reboot perangkat anda.

shutdown -f -r -t 00


4. Jika Type Disk adalah GPT

Jika type disk anda adalah GPT, maka anda dapat memperbaiki bootloader dengan memasukan perintah berikut dan tekan Enter hingga anda menemukan folder \Windows. Jalankan perintah dengan memasukan drive letter secara berurutan hingga anda menemukannya.

dir a:
dir b:
dir c:

Selanjutnya, masukan perintah berikut dan tekan Enter. Jangan lupa ganti C dengan drive letter tempat anda menemukan folder \Windows.

bcdboot C:\Windows /S C:

Setelah menjalankan perintah diatas, itu akan menampilkan pesan Boot files successfully created. Setelah itu, masukan perintah berikut dan tekan Enter untuk menemukan partisi bernama System. Pada perintah dibawah, 0 adalah disk tempat anda menginstall system.

Diskpart
List disk
Select disk 0
List partition

Sekarang, masukan perintah berikut dan tekan Enter untuk menetapkan assign letter ke partisi. Disini, R adalah assigned letter. Pastikan letter yang anda masukkan belum digunakan. 

Assign letter=R:

Setelah itu, ketik Exit dan tekan Enter untuk keluar dari Diskpart.

Selanjutnya, masukan perintah berikut satu per satu sambil menekan Enter.

cd /d r:\EFI\Microsoft\Boot\
ren BCD BCD.bak
bcdboot C:\Windows /l en-us /s M: /f UEFI

Terakhir, masukkan perintah berikut dan tekan Enter untuk me-reboot perangkat anda.

shutdown -f -r -t 00


Semoga membantu anda!

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error An operating system wasn’t found di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error An operating system wasn’t found di Windows 10/11"