Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error BSOD Saat Menghubungkan Monitor Eksternal

 


Beberapa pengguna mengalami error blue screen saat menghubungkan monitor eksternal ke komputer Windows mereka. Masalah ini dapat disebabkan oleh banyak hal, seperti driver graphics card yang rusak atau motherboard yang rusak. Jika anda mengalami error BSOD saat menghubungkan monitor eksternal ke system Windows anda, maka solusi yang diberikan dalam artikel ini akan membantu anda memperbaikinya.



Memperbaiki Error BSOD Saat Menghubungkan Monitor Eksternal


Jika terjadi error BSOD saat menyambungkan monitor eksternal, ikuti saran yang diberikan dibawah ini. Saya telah menjelaskan semua perbaikan ini secara mendetail.



1. Beralih ke Graphics Card Integrated (jika ada)


Jika komputer anda memiliki dual graphics card, dimana satu integrated dan satu lagi dedicated, maka masalahnya mungkin terkait dengan graphics card dedicated atau drivernya. Anda dapat memeriksa graphics card anda berfungsi atau tidak. Beralih ke graphics card terintegrasi lalu sambungkan monitor eksternal untuk memeriksanya. Lihat apa yang terjadi kali ini. Jika komputer anda tidak mengalami crash, mungkin driver graphics card dedicated anda rusak atau ada error hardware pada graphics card dedicated anda.



2. Update Driver Perangkat


Update driver perangkat anda, khususnya driver Intel dan firmware monitor anda. Produsen juga telah merilis software download driver khusus untuk merek mereka.

  • Dell Update utility akan membantu anda mendownload atau mengupdate driver Dell.
  • Lenovo System Update membantu anda mendownload driver, software, firmware dan update BIOS Lenovo.
  • Pengguna AMD dapat menggunakan AMD Driver Autodetect.
  • Pengguna Intel dapat menggunakan Intel Driver & Support Assistant.
  • Pengguna HP dapat menggunakan HP Support Assistant yang disertakan.
  • Sementara pengguna ASUS dapat menggunakan MyASUS.




3. Roll Back atau Install Ulang Display Adapter


Anda juga dapat mencoba me-roll back driver atau menginstall ulang driver display adapter anda. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah yang disediakan dibawah ini.

  • Tekan tombol Win + X dan tekan M untuk membuka Device Manager.
  • Di jendela Device Manager, perluas bagia Display adapters.
  • Selanjutnya, klik kanan pada driver graphics card anda dan pilih Properties.
  • Di jendela properties, alihkan ke tab Driver.
  • Di tab ini, klik opsi Roll Back Driver (jika tombol dapat di klik).
  • Setelah anda melakukan itu, periksa apakah masalah telah teratasi.



Jika ini tidak berhasil atau tombol Roll Back Driver berwarna abu-abu, maka clean install driver display adapter anda. Untuk ini, anda dapat menggunakan Display Driver Uninstaller (DDU) Utility untuk menghapus driver display adapter sepenuhnya. Setelah anda menghapus driver, install driver graphics card dari awal.



4. Baca Pesan Error BSOD dan Atasi Masalah yang Sesuai


Saat terjadi error BSOD, Windows akan menampilkan pesan error dan error code (jika ada). Baca pesan error itu dan catat. Sekarang, saat komputer anda restart, atasi masalah error BSOD berdasarkan pesan error yang di tampilkan. Anda bisa mendapatkan bantuan dari website dukungan teknis online terbaik.


Layar blue screen muncul selama beberapa detik dan komputer melakukan restart secara otomatis. Sulit untuk mencatat pesan error BSOD atau error code dalam kondisi seperti itu. Oleh karena itu, jika anda tidak dapat membaca pesan error, anda dapat melihatnya di Windows Event Viewer.


Menurut beberapa laporan pengguna, error BSOD disebabkan oleh file nvlddmkm.sys yang terkait dengan driver graphics card NVIDIA. Mengupdate atau melakukan clean install driver graphics card NVIDIA dapat memperbaiki error tersebut.


Beberapa pengguna melaporkan error BSOD berikut saat menghubungkan layar eksternal.

WHEA_UNCORRECTABLE_ERROR



Error BSOD yang disebutkan di atas menunjukkan error hardware pada PC Windows. Namun, beberapa masalah software juga dapat menyebabkan error ini. Jika anda telah melakukan overclock pada graphics card anda, maka nonaktifkan overclocking dan lihat apakah itu membantu. Anda juga dapat menjalankan System File Checker untuk memperbaiki file system image yang rusak. Jika memungkinkan, kembalikan atau install ulang driver graphics card anda.



5. Lakukan System Restore


System Restore juga dapat membantu anda memperbaiki masalah ini. System Restore akan mengembalikan system anda ke kondisi kerja sebelumnya, asalkan restore point sebelumnya ada di system anda. Saat melakukan System Restore, pilih restore point yang sebelumnya tidak bermasalah.




Semoga ini membantu.


Apa yang dapat menyebabkan error blue screen?

Berbagai penyebab error blue screen pada komputer Windows dapat terjadi. Masalah hardware dan software dapat menyebabkan error BSOD. Contoh masalah software yang dapat menyebabkan error BSOD termasuk driver yang salah. Contoh masalah hardware yang dapat menyebabkan error BSOD termasuk RAM yang salah, motherboard yang salah, driver graphics card yang salah dan lainnya.


Bagaimana cara memperbaiki PC tidak ada display?

Masalah tidak ada display di komputer Windows dapat terjadi dalam berbagai skenario, seperti kipas CPU tidak berputar, lampu DRAM pada motherboard menyala oranye, PC menyala tetapi tidak ada display atau bunyi bip dan lainnya. Dalam setiap kasus, perbaikannya berbeda-beda. Misalnya jika lampu DRAM menyala, anda dapat mencoba mengclear CMOS, melakukan hard reset, mem-flash BIOS dan lainnya.


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error BSOD saat menghubungkan monitor eksternal. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti artikel ini. Anda juga dapat merequest tutorial yang anda butuhkan. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error BSOD Saat Menghubungkan Monitor Eksternal"