Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error Blue Screen WHEA_UNCORRECTABLE_ERROR (0x00000124) di Windows 10/11

 


Salah satu error Blue Screen yang umum dihadapi adalah WHEA_UNCORRECTABLE_ERROR, The system encountered an uncorrectable hardware error dengan error code 0x00000124. Berdasarkan data error yang disediakan oleh Windows Hardware Error Architecture (WHEA), bug check ini menunjukkan bahwa telah terjadi error hardware yang fatal. Ini bisa disebabkan karena RAM, Hard Drive atau komponen hardware lainnya. Hal ini biasanya terkait dengan kegagalan hardware fisik. Ini bisa disebabkan oleh panas, hardware yang rusak, memory atau bahkan prosesor yang mulai rusak atau gagal.




Memperbaiki Error Blue Screen WHEA_UNCORRECTABLE_ERROR (0x00000124) di Windows 10/11


Jika anda menerima error blue screen ini, berarti telah terjadi error hardware dan PC anda mati secara tiba-tiba untuk melindungi dirinya dari kehilangan data. Perbaikan potensial berikut ini dapat dilakukan untuk memperbaiki error BSOD WHEA_UNCORRECTABLE_ERROR di Windows 10 atau Windows 11 anda.


Jika anda biasanya membuat system restore point, maka anda dapat mencoba membatalkan modifikasi apapun pada komputer anda dengan melakukan System Restore. Kedua, anda disarankan untuk melakukan tugas-tugas yang disebutkan dibawah ini hanya dalam Safe Mode with Networking.



1. Nonaktifkan Overclocking jika Anda Sudah Mengaktifkannya


Jika Overclocking telah diaktifkan, maka coba nonaktifkan Overclocking. Ini akan membantu anda. Jadi, jika anda melakukannya menggunakan aplikasi overclocking, maka anda perlu membuka aplikasinya dan kemudian mennonaktifkannya. Namun jika anda melakukannya dari BIOS anda, maka anda perlu mengembalikan pengaturannya. Anda dapat mereset BIOS anda ke pengaturan default untuk menonaktifkan Overclocking.



2. Pastikan System Pendingin Komputer Anda Berfungsi


Anda perlu membuka hardware anda dan memeriksa apakah system pendingin komputer seperti kipas dan lainnya berfungsi dengan normal atau tidak. Overheat yang terjadi pada komputer anda dapat menyebabkan masalah ini. Menjaga PC anda tetap berada pada suhu normal dengan membersihkan ventilasi, menggunakan cooling pad adalah salah satu cara mengatasi overheat pada pc anda.



3. Jalankan System Diagnostics


Anda perlu menjalankan Windows Memory Diagnostics Tool untuk memastikan bahwa memory system anda tidak rusak.




4. Update atau Rollback Driver


Kecil kemungkinannya, namun mungkin saja, bahwa driver menyebabkan kegagalan hardware. Jadi, jika anda baru saja mengupdate driver, maka rollback driver anda. Jika anda menggunakan driver perangkat lama, lihat apakah update tersedia. Jika perlu, uninstall driver dan kemudian install driver tersebut kembali, dimana nama driver tersebut mungkin disebutkan di error blue screen.



5. Jalankan System File Checker


Anda juga dapat menjalankan scan SFC untuk memeriksa dan memperbaiki file system yang mungkin hilang atau rusak di system anda. Ini akan memperbaiki semua koleksi file system anda.




6. Nonakifkan Driver Signature Enforcement


Driver Signature Enforcement bertujuan untuk mencegah instalasi dan penggunaan driver yang tidak di tandatangani. Anda mungkin perlu menonaktifkan fitur ini, sehingga file system atau file driver yang di perlukan dapat di muat. Untuk menonaktifkan Driver Signature Enforcement, ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows anda.
  • Setelah itu, buka System - Recovery dan klik Restart now disamping Advanced Startup.
  • Selanjutnya, pilih Troubleshoot - Advanced Options - Startup Settings dan kemudian klik Restart.
  • Setelah itu, tekan tombol F7 untuk memilih opsi Disable driver signature enforcement.




Semoga membantu!


Apa error WHEA di Windows 10/11?

WHEA_UNCORRECTABLE_ERROR adalah error terkait hardware yang muncul sebagai blue screen di Windows 10 atau Windows 11. Dengan kata sederhana, ketika ada masalah dengan pembuatan hardware, system anda mungkin mengalami error ini. Anda perlu menonaktifkan overclocking dan memastikan system pendingin berfungsi dengan baik. Di sisi lain, anda disarankan untuk memeriksa juga RAM anda.


Bisakah menginstall ulang Windows memperbaiki WHEA_UNCORRECTABLE_ERROR?

Hal ini tergantung pada akar penyebab WHEA_UNCORRECTABLE_ERROR. Jika BSOD ini muncul karena driver yang salah, maka menginstall ulang Windows akan memperbaiki masalah tersebut. Namun, hal ini tidak akan dapat diperbaiki jika muncul karena overclocking atau system pendingin atau memory yang rusak.


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error blue screen WHEA_UNCORRECTABLE_ERROR (0x00000124) di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error Blue Screen WHEA_UNCORRECTABLE_ERROR (0x00000124) di Windows 10/11"