Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Keyboard atau Mouse Tidak Berfungsi di Windows Tetapi Berfungsi di BIOS

 


Ketika keyboard atau mouse berfungsi di BIOS tetapi tidak di Windows, hal itu menimbulkan masalah dan membuat komputer sulit digunakan. Hal seperti itu terjadi pada beberapa pengguna. Mereka dapat menggunakan keyboard atau mouse mereka di BIOS, tetapi ketika mereka keluar dari BIOS, keyboard atau mouse mereka menjadi tidak berfungsi. Masalah ini berbanding terbalik ketika keyboard atau mouse tidak berfungsi di BIOS. Jadi, jika anda berada dalam situasi seperti ini, maka anda dapat menggunakan solusi yang disediakan dalam artikel ini.



Memperbaiki Keyboard atau Mouse Tidak Berfungsi di Windows Tetapi Berfungsi di BIOS


Jika keyboard atau mouse tidak berfungsi di Windows anda namun berfungsi di BIOS, maka gunakan beberapa solusi berikut ini untuk memperbaiki masalah tersebut.



1. Kuras Sisa Muatan


Jika anda pengguna laptop, sisa power mungkin menyebabkan masalah. Oleh karena itu, anda perlu menguras sisa power atau muatan dengan mengikuti langkah-langkah berikut dibawah ini.

  • Tekan dan tahan tombol Power untuk mematikan laptop anda.
  • Setelah itu, cabut Power adapter dan semua periferal yang terhubung ke laptop anda.
  • Selanjutnya, lepaskan baterai dari laptop.
  • Kemudian, tekan dan tahan tombol Power selama 15-30 detik.
  • Setelah itu, masukkan kembali baterai ke laptop anda.
  • Kemudian, colokkan charger dan hidupkan laptop anda.


Jika laptop anda memiliki baterai yang tidak dapat dilepas, maka setelah anda mencabut charger, tekan dan tahan tombol Power selama 15-30 detik, kemudian colokkan charger dan hidupkan kembali laptop anda. Setelah selesai, periksa apakah anda dapat menggunakan keyboard atau mouse di Windows anda atau tidak.



2. Hubungkan Ulang Keyboard atau Mouse


Hal kedua yang harus anda lakukan adalah mencabut dan kemudian menghubungkan kembali keyboard atau mouse anda. Anda juga dapat mencoba menghubungkan keyboard atau mouse anda ke port USB lain. Jika keyboard atau mouse lain tersedia, anda juga dapat mencobanya untuk melihat apakah error terjadi karena masalah pada keyboard atau muse anda.



3. Jalankan Startup Repair


Masalah ini mungkin juga terjadi karena file system yang rusak.  Startup Repair dapat memperbaiki masalah ini. Untuk menjalankan Startup Repair, anda harus masuk ke Windows Recovery Environment. Jika keyboard atau mouse anda tidak berfungsi, anda dapat masuk ke Windows RE melalui Settings Windows 10 atau Windows 11. Namun jika keyboard dan mouse tidak berfungsi di Windows, anda dapat masuk ke Windows RE dengan menghentikan proses boot normal. Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk melakukannya.

  • Tekan dan tahan tombol Power untuk mematikan komputer anda.
  • Kemudian, tekan tombol Power kembali untuk menghidupkan komputer anda.
  • Saat anda melihat logo Windows atau logo pabrikan, tekan dan tahan tombol Power untuk mematikan kembali laptop anda.
  • Ulangi langkah di atas hingga PC anda memasuki mode Automatic Repair secara otomatis.
  • Setelah anda berada di Windows Recovery Environment, jalankan Startup Repair.




4. Uninstall Update Windows


Beberapa pengguna melaporkan bahwa masalah ini mulai terjadi setelah mereka menginstall update Windows. Jika keyboard atau mouse anda berfungsi, anda dapat dengan mudah menguninstall update Windows yang bermasalah melalui Settings Windows. Jika keyboard dan mouse tidak berfungsi di Windows, maka anda harus menguninstall update Windows melalui Windows Recovery Environment.


Jadi, masuk ke Windows Recovery Environment seperti langkah diatas dan unistall update Windows anda. Anda juga dapat mengikuti langkah-langkah di artikel ini untuk melakukan hal yang sama.




5. Jalankan Scan ChkDsk


Bad sector atau logical error pada drive C anda juga dapat menyebabkan masalah ini. Jika keyboard anda berfungsi, maka anda dapat masuk ke Windows dan menjalankan scan ChkDsk.




6. Roll back atau Install Ulang Driver Keyboard atau Mouse


Me-roll back driver keyboard atau mouse akan menginstall versi driver sebelumnya. Ini dapat memperbaiki masalah jika update driver terkini merusak fungsi keyboard atau mouse anda. Jadi, jika anda dapat login ke Windows dengan menggunakan metode login lainnya, seperti Windows Hello Fingerprint (jika tersedia), maka anda dapat me-roll back driver keyboard atau mouse anda melalui Device Manager.



Jika me-roll back driver tidak memperbaiki masalah ini, maka anda perlu menguninstall driver, kemudian merestart komputer anda. Itu akan menginstall driver secara otomatis. Anda juga dapat mendownload driver versi terbaru dari website resmi pabrikan perangkat anda dan kemudian menginstall driver secara manual di komputer anda.



7. Nonaktifkan Driver Intel Integrated Sensor Solution


Driver Intel Integrated Sensor Solution mengatur fungsi kontrol rotasi sensor Giroskop, Akselerometer dan eCompass di perangkat yang didukung. Menurut laporan, beberapa pengguna menganggapnya sebagai penyebab masalah ini. Hal ini mungkin terjadi pada anda. Jadi, anda dapat mencoba menonaktifkannya dan melihat apakah itu berhasil memperbaiki asalah ini. Untuk itu, ikuti petunjuk berikut ini.

  • Tekan tombol Win + X dan pilih Device Manager.
  • Di jendela Device Manager, perluas System Devices.
  • Kemudian, klik kanan pada driver Intel Integrated Sensor Solution dan pilih Disable device.
  • Setelah itu, restart komputer anda.




8. Gunakan HP PC Hardware Diagnostics Tool di BIOS


Jika anda memiliki komputer HP, maka anda dapat menggunakan HP PC Hardware Diagnostics Tool. Ini adalah tool yang dikembangkan oleh HP untuk membantu pengguna mendiagnosis dan memperbaiki masalah hardware pada komputer HP mereka. Anda dapat meluncurkan tool ini dari BIOS system anda.




9. Lakukan System Restore


System Restore akan membawa system anda ke kondisi kerja sebelumnya. Jika tidak ada solusi di atas yang berhasil untuk anda, System Restore pasti akan berhasil. Anda dapat meluncurkan tool ini melalui Search Windows. Namun jika anda tidak dapat masuk ke Windows, anda dapat melakukan System Restore dari Windows Recovery Environment.




Semoga membantu anda!


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Keyboard atau Mouse tidak berfungsi di Windows tetapi Bberfungsi di BIOS. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Keyboard atau Mouse Tidak Berfungsi di Windows Tetapi Berfungsi di BIOS"