Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Keyboard atau Mouse Tidak Berfungsi di BIOS

 


Anda mungkin perlu mengakses BIOS system anda untuk mengubah beberapa pengaturan, seperti mengaktifkan atau menonaktifkan Hardware Virtualization. Jika, karena alasan tertentu, keyboard atau mouse anda menjadi tidak responsif di BIOS atau UEFI, maka anda tidak dapat melakukan perubahan apapun pada BIOS atau UEFI. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas apa yang dapat anda lakukan jika keyboard atau mouse anda tidak berfungsi di BIOS.



Memperbaiki Keyboard atau Mouse Tidak Berfungsi di BIOS


Jika keyboard atau mouse anda tidak berfungsi di pengaturan BIOS atau firmware komputer Windows anda, maka gunakan solusi yang diberikan dibawah ini untuk memperbaikinya.



1. Berapa umur Komputer Anda?


Komputer lama mungkin tidak mendukung perangkat USB di BIOS. Komputer dilengkapi dengan dua port PS/2, satu untuk keyboard dan satu lagi untuk mouse. Jika anda memiliki komputer seperti itu, anda tidak boleh menggunakan keyboard USB di BIOS. Dalam kasus seperti itu, anda harus membeli keyboard PS/2.




2. Coba Port USB Lainnya


Hubungkan keyboard atau mouse anda ke semua port USB yang tersedia dan lihat apakah itu berfungsi. Jika anda pengguna komputer desktop, hubungkan keyboard atau mouse USB anda ke semua port USB yang tersedia di bagian depan dan belakang casing.



3. Update BIOS dan Driver Keyboard/Mouse


Jika masalah masih terus berlanjut, maka anda harus mengupdate BIOS serta driver Keyboard atau Mouse anda dan melihat apakah itu membantu.


Untuk mengupdate driver Keyboard atau Mouse, ikuti salah satu metode berikut ini.

  • Update driver Keyboard atau Mouse anda melalui Windows Update atau melalui Device Manager.




4. Aktifkan Legacy USB Support di BIOS


Jika BIOS anda memiliki Legacy USB Support, periksa apakah itu diaktifkan atau tidak. Keyboard USB anda akan mulai berfungsi setelah anda mengaktifkan Legacy USB Support di BIOS anda. Biasanya, jika system memiliki Legacy USB Support di BIOS, opsi untuk mengaktifkan dan menonaktifkan mode ini tersedia di pengaturan Advanced di BIOS. Anda juga dapat merujuk ke website dukungan pabrikan perangkat anda untuk mengetahui apakah system anda memiliki Legacy USB Support untuk BIOS atau tidak.


Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengaktifkannya, namun pastikan anda menggunakan keyboard PS/2.

  • Masuk ke pengaturan BIOS.
  • Kemudian arahkan ke tab Advanced.
  • Selanjutnya, arahkan ke USB Configuration.
  • Kemudian, atur Legacy USB Support ke Enabled.
  • Terakhir, tekan tombol F10, kemudian tekan Y untuk menyimpan perubahan dan keluar dari BIOS.




5. Apakah Anda Menggunakan Keyboard Gaming?


Jika anda menggunakan keyboard gaming, keyboard tersebut mungkin tidak berfungsi di BIOS. Hal ini dikarenakan beberapa keyboard gaming mempunyai mode yang berbeda-beda. Jika mode konfigurasi game aktif pada keyboard atau mouse gaming anda, mode tersebut tidak akan berfungsi di BIOS/UEFI. Anda perlu mengunjungi website produsen keyboard atau mouse gaming anda untuk mengetahui apakah keyboard atau mouse tersebut memiliki mode BIOS terpisah.



Beberapa keyboard gaming memiliki saklar fisik yang dapat digunakan untuk mengaktifkan dan menonaktifkan mode BIOS. Pada beberapa keyboard gaming menggunakan kombinasi tombol khusus untuk mengaktifkan dan menonaktifkan mode BIOS. Misalnya, untuk sebagian besar keyboard Corsair, anda dapat mengaktifkan mode BIOS dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Tekan dan tahan tombol Windows dan tombol fungsi F1 pada keyboard secara bersamaan.
  • Tunggu selama 5 detik.
  • Lepaskan tombol Windows dan tombol fungsi F1.



6. Nonaktifkan Fast Boot di BIOS


Fast Boot adalah fitur di UEFI atau BIOS yang mengurangi waktu boot komputer anda. Menurut laporan, keyboard atau mouse tidak berfungsi untuk beberapa pengguna karena opsi Fast Boot diaktifkan di BIOS system mereka. Periksa apakah hal yang sama berlaku untuk anda atau tidak. Jika ya, maka anda perlu menonaktifkan Fast Boot.




7. Clear CMOS


Clear CMOS akan mereset pengaturan BIOS anda ke default. Baterai CMOS dipasang di semua komputer yang menyediakan power supply terus menerus ke chip BIOS sehingga semua pengaturan BIOS tetap tersimpan bahkan setelah komputer dimatikan. Melepaskan baterai CMOS akan meng-clear CMOS dan mereset BIOS system anda. Jadi, reset atau clear CMOS anda dan lihat apakah ini memperbaiki masalah.




Itu dia. Semoga membantu anda!


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Keyboard atau Mouse tidak berfungsi di BIOS anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Keyboard atau Mouse Tidak Berfungsi di BIOS"