Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Keyboard dan Mouse Tidak Berfungsi Setelah Reset di Windows 10/11

 


Reset This PC adalah fitur yang berguna di komputer Windows. Anda dapat mereset system anda ke pengaturan pabrik jika PC tidak berfungsi dengan baik. Beberapa pengguna melaporkan bahwa keyboard dan mouse mereka berhenti berfungsi setelah mereka melakukan reset pabrik pada system mereka. Pada artikel ini, kita akan melihat apa yang dapat anda lakukan jika keyboard dan mouse anda tidak berfungsi setelah Reset Windows di Windows 10 atau Windows 11.

 


Memperbaiki Keyboard dan Mouse Tidak Berfungsi Setelah Reset


Gunakan beberapa saran berikut ini jika keyboard dan mouse anda tidak berfungsi setelah Reset Windows di Windows 10 atau Windows 11. Namun sebelum anda memulainya, sambungkan mouse dan keyboard lain ke PC anda dan lihat apakah berfungsi atau tidak. Jika memungkinkan, hubungkan juga Keyboard dan Mouse yang tidak berfungsi tersebut ke PC lain dan lihat. Ini akan membantu anda mengetahui dimana letak kesalahannya.

 


1. Restart Komputer Anda


Anda telah melakukan reset pabrik pada PC anda dan setelah itu, Windows berhenti mengenali keyboard dan mouse USB anda. Ini biasanya terjadi ketika Windows gagal memuat driver USB saat startup. Saat anda memulai komputer Windows, komputer memuat semua driver yang diperlukan. Driver ini memungkinkan Windows untuk berkomunikasi dengan hardware yang anda hubungkan ke system anda. Saya menyarankan anda me-restart komputer anda.


Pertama, putuskan hubungan semua perangkat anda dari system, kemudian restart komputer anda. Setelah restart, hubungkan keyboard dan mouse anda, dan periksa apakah keduanya berfungsi atau tidak.

 


2. Coba Port USB Lainnya


Anda juga harus memeriksa port USB lainnya. Hubungkan keyboard atau mouse anda ke semua port USB yang tersedia dan periksa apakah berfungsi. Jika ya, maka ada masalah dengan port USB system anda. Jika keyboard atau mouse anda mulai berfungsi setelah terhubung ke port USB lain, anda akan dapat login ke system anda dan menguninstall driver USB Root Hub dan kemudian menginstallnya kembali. Untuk itu, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukannya.

  • Tekan tombol Win + X atau klik kanan Start Menu dan pilih Device Manager.
  • Di jendela Device Manager, perluas Universal Serial Bus controllers.
  • Selanjutnya, klik kanan pada USB Root Hub (3.0) dan pilih Uninstall device.
  • Kemudian, klik Uninstall pada jendela konfirmasi.
  • Setelah itu, restart komputer anda untuk menginstall ulang driver USB Root Hub yang telah dihapus.

 


Anda juga dapat mencoba keyboard atau mouse lain. Ini untuk memeriksa apakah masalahnya ada pada keyboard atau mouse anda.

 


3. Hard Reset Laptop


Pengguna laptop dapat melakukan hard reset pada laptopnya. Proses hard reset akan menguras sisa daya pada laptop anda. Ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini untuk melakukannya.

  • Tekan dan tahan tombol Power untuk mematikan laptop anda.
  • Setelah itu, cabut semua periferal dari komputer anda.
  • Cabut juga charger dan keluarkan baterai. Jika laptop anda memiliki baterai yang tidak dapat dilepas, maka anda dapat melewati langkah ini.
  • Kemudian, tekan dan tahan tombol Power hingga 30 detik.
  • Setelah itu, masukkan kembali baterai dan hubungkan kembali charger.
  • Terakhir, nyalakan laptop anda dan hubungkan keyboard dan mouse anda.

 


4. Update atau Install Ulang Driver Keyboard atau Mouse Anda


Jika keyboard atau mouse anda berfungsi, maka anda dapat mengupdate driver atau menginstall ulang driver keyboard atau mouse anda melalui Device Manager. Jika system anda memiliki Windows Hello Fingerprint, anda dapat login ke system anda dengan menggunakan opsi login lainnya. Setelah anda login, ikuti instruksi yang diberikan dibawah ini.

  • Tekan tombol Win + X atau klik kanan Start Menu dan pilih Device Manager
  • Di jendela Device Manager, perluas Keyboards atau Mice and other pointing devices.
  • Selanjutnya, klik kanan pada driver keyboard atau mouse anda dan pilih Uninstall device.
  • Kemudian, klik Uninstall pada jendela konfirmasi.
  • Setelah itu, restart komputer anda. Sebagai alternatif, anda juga dapat menggunakan opsi Scan for hardware changes dari menu klik kanan Keyboards atau Mice and other pointing devices atau menu Action.

 


Setelah merestart system anda, keyboard atau mouse anda akan mulai berfungsi kembali. Anda juga dapat mendownload driver mouse atau keyboard dari website resmi produsennya dan kemudian menginstall driver secara manual di komputer anda.

 


5. Gunakan Keyboard atau Mouse PS/2 (jika ada)


Komputer desktop lama dilengkapi dengan port PS/2. Jika port PS/2 tersedia di komputer desktop anda, anda dapat menghubungkan keyboard dan mouse PS/2 ke komputer anda melalui port tersebut. Keyboard dan mouse PS/2 seharusnya berfungsi di login screen dan anda seharusnya bisa login ke system anda. Setelah melakukan itu, anda dapat menginstall ulang USB Hub dan driver keyboard dan mouse USB anda.

 



6. Boot ke Safe Mode

Boot dalam Safe Mode dan lihat apakah keyboard dan mouse anda berfungsi disana. Anda dapat melakukan booting ke dalam Safe Mode dengan menggunakan aplikasi MSConfig atau dengan me-restart komputer anda dengan menekan dan menahan tombol Shift. Jika keyboard dan mouse tidak berfungsi, anda harus masuk ke Windows Recovery Environment untuk mem-boot komputer anda ke Safe Mode.

Untuk masuk ke Windows Recovery Environment, anda harus menghentikan proses boot normal. Berikut cara melakukannya.

  • Tekan dan tahan tombol Power untuk mematikan komputer anda sepenuhnya.
  • Setelah itu, hidupkan komputer anda dan segera tekan dan tahan tombol Power ketika logo Windows atau pabrikan muncul hingga komputer anda dimatikan kembali.
  • Ulangi langkah diatas hingga Windows memasuki repair mode.
  • Anda sekarang berada di Windows Recovery Environment.
  • Sekarang, di Windows Recovery Environment, buka Advanced options - Troubleshoot - Advanced options - Startup Settings - Restart.
  • Setelah merestart PC anda, tekan F5 untuk memulai komputer anda dalam Safe Mode with Networking.


Sekarang, jika keyboard atau mouse anda berfungsi dalam Safe Mode, maka anda dapat mengembalikan drivernya.

  • Buka Device Manager dan perluas Keyboards atau Mice and other pointing devices.
  • Kemudian, klik dobel pada driver untuk membuka properties driver keyboard atau mouse anda.
  • Di jendela properties, alihkan ke tab Driver dan klik tombol Roll Back Driver.
  • Selanjutnya, ikuti petunjuk di layar untuk mengembalikan driver.

 



7. Reset Pengaturan BIOS ke Default


Reset pengaturan BIOS anda ke default dan lihat apakah itu membantu. Untuk melakukannya, anda harus masuk ke BIOS anda. Namun jika keyboard anda tidak berfungsi, anda tidak dapat mengakses BIOS. Dalam kasus seperti itu, anda harus mengikuti metode lain untuk mereset BIOS anda ke pengaturan default yaitu dengan mengclear CMOS. Langkah ini juga akan mereset pengaturan BIOS anda ke default.

 



8. Lakukan Startup Repair


Memperbaiki file system anda dapat memperbaiki masalah ini. Anda dapat menggunakan Startup Repair untuk memperbaiki file system anda. Jadi, masuk ke Windows Recovery Environment untuk melakukan Startup Repair.

 



Itu dia. Semoga membantu anda!


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Keyboard dan Mouse tidak berfungsi setelah Reset di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Keyboard dan Mouse Tidak Berfungsi Setelah Reset di Windows 10/11"