Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menggunakan Ponsel Android Sebagai Mouse Wireless Untuk Komputer Anda


Ponsel Android dapat melakukan beberapa hal menakjubkan. Semakin banyak dari mereka dapat digunakan sebagai perangkat satu atap kita untuk semuanya. Jika anda memiliki komputer, anda dapat membeli mouse wireless yang lebih praktis daripada mouse kabel yang sedikit ribet jika mau dibawa-bawa. Tetapi jika anda tidak memiliki keduanya, menggunakan sedikit software pada ponsel Android anda untuk melakukan hal yang sama secara gratis dapat pula di lakukan.

Banyak software gratis yang dapat membantu pekerjaan anda ini, namun kali ini saya menggunakan aplikasi AndroMouse untuk membatu saya menyelesaikannya.

Ayo kita mulai berpetualang! Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah mendownload software di perangkat anda dan komputer Windows anda. Anda dapat membuka AndroMouse untuk mendownload keduanya atau silahkan download disini untuk mempermudah anda: Untuk perangkat Android (AndroMouse Free atau AndroMouse) dan untuk Windows dan Java jika anda belum menginstalnya di PC anda. Java berfungsi untuk dapat membuka file Android Mouse Server. Memindai kode QR AndroMouse akan mendownload perangkat entri anda.

Jika sudah mendownload semua bahan dan sudah menginstal Java, silahkan ekstrak file zip AndroMouseServer untuk komputer Windows anda dan jalankan file .exe.


Ada dua cara anda dapat menghubungkan Android ke komputer. Anda memiliki pilihan Bluetooth atau Wi-Fi. Di artikel ini saya mengunakan Bluetooth untuk menghubungkan kedua perangkat. Ketika anda memulai program di komputer anda, itu secara otomatis mengkonfigurasinya.


Menggunakan AndroMouse

Pada perangkat Android, hal yang pertama anda lakukan adalah memasangkan (pair) kedua perangkat agar terhubung jika anda belum melakukannya. Di Windows 10, anda akan mendapatkan notifikasi. Klik notifikasi untuk mengkonfirmasi kode pair-nya. Untuk tampilannya di ponsel Android anda, tidak banyak ikon yang ditampilkan disana. Hanya ada menu dan dua tombol klik di bagian bawah. Area terbuka besar di tengah adalah mousepad-nya.

Untuk menghubungkannya sebagai mouse wireless, klik NEW di kanan atas dan pilih Wifi atau Bluetooth. Disini saya memilih Bluetooth.


Di halaman selanjutnya pilih PC Windows anda yang ingin di pasangkan dan biarkan dia bekerja untuk menemukan dan memasangkannya.

Jika berhasil maka status koneksinya akan tertulis sebagai Connected di kedua aplikasi perangkat, baik itu di PC maupun di ponsel Android anda. Di ponsel klik OK untuk menutup pop-up  pemberitahuan koneksi tersebut.


Dan anda berhasil memasangkannya. Sekarang seret jari anda dimana saja di area itu untuk mengontrol kursor komputer yang terhubung. Jika anda menggunakan dua jari pada area mousepad, anda dapat menggulir ke atas dan ke bawah seperti menggunakan roda gulir.

Tombol-tombol di bagian bawah layar adalah tombol kiri dan kanan anda seperti pada mouse. Tombol kiri dan kanan ini juga berfungsi seperti pada mouse. Tombol klik kanan untuk memunculkan menu konteks, dan tombol kiri memilih item seperti biasa.


Anda juga dapat memilih menggunakan sebagai Mouse atau Keyboard. Anda dapat mengubah dengan mengetuk Menu dan pilih Mouse atau Keyboard dari sana. Semua ini bertindak identik dengan cara mereka pada keyboard standar. Hanya perlu sedikit usaha untuk beralih di antara mode Mouse atau Keyboard.

Dalam kebanyakan kasus, anda pasti akan lebih suka mouse asli daripada mouse Android virtual, tetapi jika anda ingin menggunakan komputer sebagai media center dan menghubungkannya ke televisi, mouse Android remote control ini sepertinya akan bermanfaat. Karena biayanya yang kecil, kemudahan penggunaan dan fakta kerjanya dengan baik membuatnya patut untuk dicoba.

Bagaimana menurut anda cara mengontrol komputer anda secara nirkabel menggunakan AndroMouse ini, apakah membantu kinerja anda? Anda juga dapat membaca aplikasi terbaik untuk mengontrol PC Windows dengan perangkat Android. Bagikan pemikiran anda tentang metode ini di kolom komentar dibawah ini. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Menggunakan Ponsel Android Sebagai Mouse Wireless Untuk Komputer Anda"