Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki Error Kernel Security Check Failure di Windows 10/11

 


Jika anda pernah mengalami blue screen of death (BSOD) di Windows, anda pasti tahu betapa menjengkelkannya hal ini. Ada beberapa alasan mengapa error ini dapat terjadi, seperti masalah memory, virus, file system windows yang rusak, dan error hard disk. Pada artikel ini saya fokus pada memperbaiki Blue Screen of Death yang disebabkan oleh error KERNEL_SECURITY_CHECK_FAILURE.


Ada banyak penyebab untuk kesalahan KERNEL_SECURITY_CHECK_FAILURE dan saya memeriksa solusi untuk memperbaiki beberapa penyebabnya.



1. Jalankan System File Checker


Untuk menjalankan System File Checker (SFC), mulailah dengan mengetik cmd ke Search Windows. Anda harus melihat Command Prompt dan pilih Run as administrator.


Setelah Command Prompt terbuka, masukan perintah di bawah ini dan tekan Enter untuk memperbaiki file system yang rusak. Ini mungkin menjadi sumber error BSoD anda.

sfc /scannow


Jika anda tidak dapat booting, maka artikel ini akan membantu anda menjalankan SFC dalam Boot Time di Windows 10 atau Windows 11 anda.


2. Scan Hard Disk untuk Error Tersebut

Pesan error KERNEL_SECURITY_CHECK_ERROR yang berulang mungkin disebabkan oleh kesalahan hard disk.
  • Untuk menscan dan memperbaiki error hard disk, pertama-tama buka File Explorer. Kemudian klik kanan pada drive system (biasanya C:) anda dan pilih Properties.
  • Di jendela yang muncul, buka tab Tools dan pilih Check.


  • Selanjutnya klik Scan drive.
  • Error Checking kemudian akan mulai memeriksa error. Ini secara otomatis akan memperbaiki error yang ditemukannya.


Jika anda mau, anda juga dapat menjalankan CHKDSK untuk memeriksa error disk di Windows 10 atau Windows 11 anda. Tools ini akan melakukan pemeriksaan error pada hard drive anda dan jika di temukan maka secara otomatis memperbaikinya.


3. Jalankan Memory Diagnostic Tool

Untuk menjalankan tools ini, ketik memory di Search Windows, klik kanan pada Windows Memory Diagnostic dan pilih Run as administrator. Atau buka tools dengan menekan tombol Win + R, kemudian ketik mdsched.exe dan tekan Ctrl + Shift + Enter untuk menjalankannya sebagai admin.



Anda dapat memilih untuk segera merestart komputer anda untuk memeriksa masalah atau memeriksa masalah saat anda menghidupkan komputer di lain waktu.

Jika error terdeteksi, anda perlu menukar satu atau lebih stik memory anda.

Untuk lebih lengkapnya, baca tutorial saya tentang cara menggunakan Windows Memory Diagnostic Tool untuk menemukan masalah memory. Anda juga dapat membaca tutorial saya lainnya tentang cara memeriksa kesehatan RAM pada Windows 10/11.


4. Gunakan System Restore

Jika masalah masih belum terselesaikan, maka anda dapat melakukan System Restore. Untuk itu, ikuti langkah-langkah berikut ini.
  • Untuk mencoba system restore, buka aplikasi Settings Windows anda dengan menekan tombol Win + I dan pilih Update & Security.
  • Selanjutnya klik Recovery di panel kiri.
  • Di panel kanan dibawah Advanced startup, klik Restart Now.
  • Di Windows 11, anda dapat membuka Settings Windows, kemudian pilih System di panel kiri dan klik Recovery di panel kanan. Setelah itu, klik Restart Now di samping Advanced startup.
  • Setelah berada di halaman advanced startup, pilih System Restore.


Untuk lebih lengkapnya anda dapat membaca tutorial saya tentang menggunakan System Restore untuk memulihkan Windows. Namun sebelum anda melakukannya, baca artikel lainnya tentang kenapa System Restore Points di hapus atau hilang di Windows 10/11. Jika PC anda tidak dapat booting, maka anda perlu masuk ke Advanced Startup Option atau gunakan media instalasi untuk boot terlebih dahulu agar dapat menjalankan instruksi ini.


5. Uninstall Software Overclocking

Jika anda baru-baru ini melakukan overclock pada PC anda, anda mungkin telah merusak beberapa file secara tidak sengaja dan menyebabkan error Kernel Security Check Failure. Coba nonaktifkan/uninstall software overclocking anda dan lihat apakah ini menyelesaikan masalah anda.


6. Periksa Hard Drive dan Ram Secara Fisik

Ini mungkin tidak terpikir oleh anda pada awalnya, tetapi anda harus memastikan bahwa hard disk dan stik memory terpasang sepenuhnya dan diamankan. Jika longgar, ini dapat menyebabkan BSOD yang anda hadapi. Jika anda memiliki cadangan, anda juga dapat mencoba menukar hard disk dan stik memory anda saat ini dengan cadangan untuk melihat apakah ini membuat perbedaan. Sangat mungkin bahwa item hardware ini mungkin rusak.


7. Lakukan Scan Virus

Ini adalah solusi yang sangat mudah untuk dilewatkan. Anda mungkin tidak mengira bahwa masalah yang anda alami disebabkan oleh virus, tetapi ini mungkin menjadi penyebabnya. Lakukan scan system secara lengkap untuk melihat apakah ada virus jahat yang bersembunyi di system anda. Anda juga dapat menjalankan Microsoft Defender Offline atau menggunakan bootable antivirus Rescue Media gratis untuk melakukan pekerjaan yang sama.



Error Kernel Security Check Failure dan BSoD yang menyertainya pada Windows 10 atau Windows 11 sejujurnya adalah salah satu error paling menjengkelkan yang dapat anda temui. Namun, seperti yang anda lihat, ada banyak harapan untuk sebuah solusi. Meskipun anda membutuhkan beberapa waktu untuk mencoba berbagai kemungkinan, namun itu layak dicoba, dan pada akhirnya anda akan menemukan penyelesaian anda.

Sekian tutorial kali ini, semoga membantu anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Error Kernel Security Check Failure di Windows 10/11"