Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error Blue Screen Saat Startup pada Windows 11

 


Blue Screen of Death atau BSOD pada komputer Windows menunjukkan bahwa masalah kritis telah terdeteksi, yang menyebabkan OS Windows restart secara tidak terduga. Blue Screen ini disebut juga System Crash atau Stop Error. Masalah software dan hardware selalu menjadi perhatian utama dimana mereka bertanggung jawab atas error BSOD pada komputer Windows. Artikel ini akan membahas apa yang dapat anda lakukan jika PC Windows 11 anda menampilkan Blue Screen saat Startup.



Memperbaiki Error Blue Screen Saat Startup pada Windows 11


Jika komputer Windows 11 anda menampilkan Blue Screen saat Startup, maka anda dapat mengikuti beberapa saran yang diberikan dibawah ini untuk mengatasi masalah tersebut.


Karena anda tidak dapat mem-boot Windows secara normal, maka anda mungkin harus mencoba dan mem-boot dalam Safe Mode atau ke layar Advanced Startup Options untuk dapat melakukan perbaikan. Anda juga harus menggunakan Command Prompt. Jika anda dapat boot dalam Safe Mode tetapi tidak dapat mengakses layar Advanced Startup Options, maka ketika dalam Safe Mode, anda dapat menggunakan Command Prompt untuk mem-boot Windows langsung ke layar Advanced Startup Settings. Sesampainya disana, anda akan dapat melakukan sebagian besar perbaikan.



1. Cabut Periferal Anda


Perangkat periferal yang rusak yang terhubung ke komputer juga dapat menyebabkan error BSOD. Masalah ini juga dapat dikaitkan dengan driver perangkat periferal anda. Jadi, cabut semua perangkat periferal anda, kemudian hidupkan komputer anda. Lihat apakah error BSOD kali ini terjadi atau tidak. Jika tidak, anda harus mengidentifikasi perangkat yang bermasalah.



2. Update Driver Chipset Anda


Driver chipset yang out of date atau rusak juga dapat menyebabkan error BSOD pada komputer Windows. Jika system anda restart setelah erroe BSOD dan anda tidak dapat menggunakan komputer, maka saya sarankan anda untuk mengupdate driver chipset anda.



Anda dapat mendownload versi terbaru driver chipset anda dari website resmi pabrikan komputer anda. Anda harus memasukkan nomor model komputer atau nomor seri untuk mendownload driver kompatibel yang tepat.



3. Uninstall Update Windows


Terkadang, error Blue Screen terjadi setelah menginstall update Windows. Dalam hal ini, anda dapat menguninstall update tersebut. Karena anda tidak dapat menggunakan komputer karena BSOD terjadi saat startup system, maka anda harus menguninstall update Windows melalui Windows Recovery Environment. Lihat apakah anda dapat masuk ke Windows Recovery Environment atau tidak.



Hentikan proses boot normal Windows. Untuk itu, nyalakan komputer anda, kemudian tekan dan tahan tombol Power saat anda melihat logo Windows atau pabrikan. Ini akan mematikan komputer anda secara paksa. Ulangi proses ini sampai anda melihat layar Preparing Automatic Repair. Sekarang, anda berada di Windows RE. Lanjutkan dengan membuka Troubleshoot - Advanced Options - Troubleshoot - Uninstall Updates.



4. Boot dalam Safe Mode dan Rollback driver


Penyebab error BSOD juga terkait dengan driver graphics card yang rusak. Mungkin update driver graphics card anda salah. Oleh karena itu saya menyarankan anda untuk me-rollback driver graphics card anda ke versi sebelumnya. Anda dapat melakukan ini dalam Safe Mode. Sekali lagi, karena anda tidak dapat menggunakan komputer, anda dapat masuk ke Safe Mode melalui Windows Recovery Environment.



Setelah anda berada dalam Safe Mode, buka Device Manager dan kembalikan driver graphics card anda menggunakan. opsi Roll Back Driver (jika tombol tersedia dan aktif).



5. Rebuild BCD


Apakah anda melihat error Recovery Blue Screen saat startup system? Recovery Blue Screen saat startup system dapat terjadi karena berbagai alasan. Beberapa penyebab paling umum termasuk file Boot Configuration Data (BCD) yang hilang atau rusak, file system image yang rusak, hard disk yang rusak dan lainnya.


Jika file BCD hilang atau rusak, anda akan melihat pesan error seperti berikut ini:

  • The Boot Configuration Data for your PC is missing or contains errors: Pesan error ini terjadi dengan error code yang berbeda, seperti 0xc000000F, 0xc0000454 dan lainnya.
  • The Boot Configuration Data file is missing some required information: Pesan error ini juga dapat menunjukkan error code yang berbeda, seperti 0xc0000185, 0xc0000034 dan lainnya.


Dalam hal ini, anda dapat me-rebuild file BCD. Anda dapat menggunakan flash drive USB bootable untuk me-rebuild file BCD.




6. Perbaiki File System Anda


File system image yang rusak juga dapat menyebabkan error Blue Screen. Anda dapat memperbaiki file system anda dengan masuk ke Windows Recovery Environment dan menggunakan tool System File Checker.




7. Lakukan Startup Repair


Start-up Repair tool di komputer Windows 11 atau Windows 10 secara otomatis memperbaiki masalah boot. Jadi, saya juga menyarankan anda untuk menjalankan Start-up Repair tool melalui Windows Recovery Environment. Jika anda tidak dapat masuk ke Windows Recovery Environment, anda dapat menggunakan USB flash drive bootable untuk hal yang sama.



8. Lakukan System Restore


Jika Start-up Repair tool tidak berhasil untuk anda, maka saya menyarankan anda untuk melakukan System Restore melalui layar Advanced Startup Options. System Restore adalah tool di komputer Windows yang membantu pengguna memulihkan system komputer mereka ke kondisi kerja sebelumnya. Saat melakukan System Restore, pilih restore point yang dibuat sebelum error BSOD mulai terjadi pada system anda. Anda harus menggunakan Windows Recovery Environment jika anda tidak dapat menggunakan system anda.




9. Lakukan Clean Install Windows


Jika tidak ada solusi di atas yang berhasil, maka lakukan clean install Windows. Untuk melakukan ini, anda harus menggunakan USB flash drive bootable. Anda dapat membuat USB flash drive bootable di komputer lain dengan menggunakan tool pihak ketiga seperti Rufus. Jika dalam kondisi mendesak dan anda tidak memiliki USB flash drive, maka anda dapat menggunakan memory card untuk menginstall Windows.




10. Kesalahan Hardware


Error BSOD juga terjadi karena masalah hardware. Masalahnya mungkin ada pada RAM atau hard disk anda. Jika anda melihat layar Recovery dengan pesan berikut, hard disk atau RAM anda mungkin rusak atau mati..


The operating system couldn’t be loaded because a critical system driver is missing or contains errors


Anda dapat mencoba memasang ulang RAM anda. Matikan komputer anda, buka casingnya, dan lepaskan stik RAM. Bersihkan RAM dan slot RAM. Sekarang, masukkan stik RAM ke dalam slot dan hidupkan komputer anda. Lihat apa yang terjadi. Jika system anda memiliki lebih dari satu stik RAM, boot komputer anda dengan satu stik RAM. Periksa semua stik RAM satu per satu. Ini akan memberi tahu anda apakah stik RAM anda rusak atau tidak.


Error BSOD terjadi karena masalah hardware dan software. Oleh karena itu, anda perlu memeriksanya. Memeriksa mereka juga membutuhkan waktu. Mungkin sulit bagi anda untuk mengidentifikasi penyebab sebenarnya dari error BSOD. Oleh karena itu, jika error BSOD masih terjadi, kemungkinan kesalahan hardware lebih tinggi. Anda perlu mengambil bantuan teknisi perbaikan komputer profesional.


Semoga membantu.


Sekian tutorial saya kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error Blue Screen saat Startup pada Windows 11. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error Blue Screen Saat Startup pada Windows 11"