Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Rebuild Boot Configuration Data (BCD) di Windows 10/11

 


Boot Configuration Data (BCD) berisi parameter konfigurasi boot tentang cara memulai Windows anda. Jika file konfigurasi rusak, anda wajib merebuild file Boot Configuration Data (BCD). Biasanya, ketika BCD rusak, itu akan menghasilkan situasi dimana komputer anda tidak dapat booting ke Windows 10 atau Windows 11 anda.


Pada versi Windows sebelumnya, informasi boot disimpan di file Boot.ini. Pada system operasi berbasis EFI, anda akan menemukan entri ini di boot manager firmware EFI yang tersedia di \EFI\Microsoft\Boot\Bootmgfw.efi.



Rebuild Boot Configuration Data (BCD)


Boot Configuration Data (BCD) adalah file database independen firmware yang memiliki data konfigurasi boot-time. Ini diperlukan oleh Windows Boot Manager dan menggantikan boot.ini yang digunakan oleh NTLDR sebelumnya. Dalam kasus masalah boot, anda mungkin diminta untuk merebuild BCD.

  • Selanjutnya, luncurkan Command Prompt di halaman Advanced Options.
  • Kemudian, untuk merebuild BCD, anda perlu memasukan perintah dibawah ini dan tekan Enter.
Bootrec /RebuildBCD
  • Ini akan menscan system operasi lain dan membiarkan anda memilih OS yang ingin anda tambahkan ke BCD.


Jika perintah diatas tidak membantu, maka anda dapat mengatur jalur boot secara manual. Namun, lakukan hanya jika anda seorang yang berpengalaman karena itu dapat menimbulkan masalah baru.

Untuk itu, di Command Prompt, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter.

bcdboot C:\windows /s C:


Tool BCDboot adalah tool command line yang memungkinkan anda mengelola file partisi system. Jika partisi system rusak, maka anda dapat menggunakan BCDboot untuk mengganti file partisi system dengan salinan baru dari file tersebut dari partisi Windows.

Perhatikan bahwa anda harus mem-boot komputer anda ke Advanced Recovery Mode dan kemudian menjalankan perintah ini, jika tidak, maka anda mungkin melihat pesan error Failure when attempting to copy boot files.

Saat anda menjalankan perintah tersebut, itu akan memberi anda Bootloader baru. Pada perintah diatas, C adalah drive system. Anda hanya boleh melakukan ini jika anda mengetahui drive tempat Windows diinstall.

Terakhir, saya sarankan anda melihat artikel ini untuk cara memperbaiki dan merebuild Master Boot Record (MBR) atau memperbaiki bootloader EFI atau jika menu Dual Boot tidak muncul, artikel ini dapat membantu anda. Jika anda merasa tidak nyaman dengan perintah tersebut, anda dapat menggunakan tool pihak ketiga seperti EasyBCD atau Dual-Boot Repair untuk memperbaiki file BCD anda.


Merebuild BCD tidak akan menghapus file dan data anda. Bootrec.exe, fixmbr bootrec.exe, fixboot dan bootrec.exe hanya membantu anda memperbaiki file boot dan itu tidak akan mempengaruhi file dan folder pribadi apapun di drive system anda.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam merebuild Boot Configuration Data (BCD) di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti artikel ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Rebuild Boot Configuration Data (BCD) di Windows 10/11"