Widget HTML Atas

Cara Mudah Memulihkan Windows Boot Loader Anda Dengan EasyBCD


Jika anda menginstal system operasi baru dengan tujuan untuk mem-boot-nya bersamaan dengan yang lama yang ada di sana, kemungkinan anda pada akhirnya akan mengalami masalah dengan boot loader. Boot loader adalah bagian dari software "low level" yang dirancang untuk memberitahu komputer system operasi apa yang diinstal di dalamnya dan memberikan daftar kepada pengguna jika ia mendeteksi lebih dari satu system operasi. Masalah yang dialami orang terjadi ketika boot loader tidak melakukan tugasnya dan hanya mendeteksi system operasi yang lebih lama (atau yang lebih baru) tanpa memperhitungkan yang lainnya. EasyBCD membantu anda menyelesaikan masalah ini jauh lebih mudah daripada yang anda lakukan dengan MSConfig.


Apa yang EasyBCD Lakukan


EasyBCD adalah aplikasi yang sangat intuitif yang membantu anda menulis ulang bootloader dan menginstal yang baru. Ini memungkinkan anda merekonstruksi segala sesuatu dari bawah ke atas untuk memasukkan semua system operasi yang diinstal pada komputer anda. Tindakan semacam ini akan membantu anda agar tidak dipusingkan karena harus menulis file “boot.ini” di MSConfig, yang mungkin memakan waktu yang sangat lama, terutama jika anda seorang pemula. EasyBCD juga dapat membuat ulang konfigurasi boot loader anda dari awal dan membuat backup konfigurasi anda saat ini.


Cara Menggunakan EasyBCD

Sesuai namanya EasyBCD mudah digunakan. Program ini sangat jelas, dan dapat digunakan oleh orang-orang dengan sedikit pemahaman tentang komputer. Mari kita lihat tampilan backup dan perbaikan boot loader:


Perlu diingat bahwa ini bukan solusi "perbaikan menyeluruh." Ini tidak menangani master boot record (MBR) anda yang ditulis ke hard drive anda. EasyBCD akan, bagaimanapun, hanya mengatur ulang bootloader anda sepenuhnya, membuat ulang bootloader dan memperbaikinya, dan juga mengganti drive yang anda gunakan untuk boot ke Windows dari dialog ini. Setelah anda mengklik Perform Action, program ini akan melakukan semua yang anda katakan dengan bersih dan efisien. Di dalam layar, anda juga dapat membuat backup pengaturan boot loader anda dan memulihkannya dari backup jika anda mengalami masalah dikemudian hari.

Ada juga opsi lanjutan untuk pengguna yang lebih banyak bereksperimen. EasyBCD memungkinkan anda untuk mengedit menu booting secara manual, seperti cara anda melakukannya di MSConfig.

Jika anda memiliki masalah setelah instalasi Windows, anda selalu dapat menginstal bootloadernya dari layar Bootloader Setup/BCD Deployment:


Demikian juga, anda juga dapat menginstal boot loader Windows jika anda memiliki masalah dengan system operasi tertentu. Perhatikan bahwa ini akan menulis semuanya ke dalam master boot record, yang merupakan bagian khusus dari hard drive anda yang disediakan untuk memberitahu komputer apa yang telah diinstal.

Cukup banyak yang harus anda pelajari tentang EasyBCD. Ini adalah alat yang fantastis untuk pengguna yang tersesat dalam proses memulihkan boot loader mereka dan tidak memiliki keterampilan yang diperlukan untuk menggunakan DVD/CD Windows mereka atau tidak memiliki media instalasi yang praktis. Sayangnya, system operasi anda harus dapat melakukan booting untuk menggunakan EasyBCD, tetapi itu biasanya terjadi pada masalah konfigurasi booting sederhana.

Sekian! Semoga dapat membantu anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah untuk berbagi pengalaman dalam menggunakan aplikasi EasyBCD untuk memulihkan Windows boot loader anda. Terimakasih dan GBU.

No comments for "Cara Mudah Memulihkan Windows Boot Loader Anda Dengan EasyBCD"