Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Lampu Baterai Laptop Berkedip Saat Charging di Windows 10/11

 


Jika lampu baterai laptop Windows anda terus berkedip saat charging, maka artikel ini akan membantu anda memperbaiki masalah ini. Biasanya, masalah ini dapat terjadi karena baterai rusak, kabel charger rusak, driver baterai out of date atau rusak dan lainnya.



Memperbaiki Lampu Baterai Laptop Berkedip Saat Charging di Windows 10/11


Sebelum anda melanjutkan ke langkah pemecahan masalah lebih lanjut, saa sarankan anda memeriksa Windows Update. Jika update Windows tersedia, maka install. Setelah melakukannya, gunakan perbaikan berikut ini untuk menyelesaikan masalah.



1. Hard Reset Laptop Anda


Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah hard reset laptop anda. Proses ini akan membersihkan sisa muatan dari kapasitor yang mungkin menyebabkan masalah ini. Jadi, lakukan hard reset dan lihat apakah itu mengubah situasi. Gunakan langkah-langkah dibawah ini untuk melakukan hard reset.

  • Matikan laptop anda dan lepaskan semua periferal dan charger.
  • Kemudian, lepaskan baterai di laptop anda. Jika laptop anda memiliki baterai yang tidak dapat dilepas, maka lewati langkah ini.
  • Selanjutnya, tekan dan tahan tombol Power selama 30 hingga 45 detik.
  • Setelah itu, pasang kembali baterai, kemudian hubungkan charger dan nyalakan laptop anda.


Anda juga dapat melakukan hard reset melalui tombol pada lubang kecil di laptop anda. Beberapa laptop memiliki tombol reset di dalam lubang kecil. Periksa apakah laptop anda memiliki tombol ini. Masukkan pin ke dalam lubang tersebut untuk menekan tombol. Proses ini akan mereset laptop anda. Periksa apakah ada perubahan.



2. Nonaktifkan Mode Hibernate


Saya juga menyarankan anda untuk mencoba menonaktifkan mode Hibernate dan melihat apakah itu berfungsi atau tidak. Jika masalah teratasi setelah menonaktifkan mode Hibernate, maka laptop anda mungkin memiliki fitur ini dimana indikator baterai berkedip saat mode Hibernate aktif. Untuk memeriksanya, anda dapat memeriksa buku manual anda atau anda dapat menghubungi dukungan.




3. Clear CMOS


Terkadang meng-clear CMOS dapat membantu memperbaiki masalah ini. Proses ini juga akan mereset BIOS ke pengaturan default. Jika lampu baterai laptop berkedip saat charging karena pengaturan BIOS yang salah dikonfigurasi, me-reset BIOS ke nilai defaultnya akan memperbaiki masalah tersebut.


Baterai CMOS ini berukuran kecil seperti baterai yang berbentuk koin. Anda dapat mereset pengaturan BIOS ke nilai defaultnya dengan melepas dan memasukkan kembali baterai CMOS. Untuk meng-clear CMOS, anda harus membuka casing komputer anda. Matikan komputer anda dan cabut kabel power untuk menghindari sengatan listrik.


Setelah mematikan komputer anda dengan benar, cari baterai CMOS pada motherboard, lepaskan dan tunggu beberapa menit. Ini akan mereset BIOS ke pengaturan defaultnya. Setelah itu, masukkan kembali baterai dan coba booting lagi.



Pastikan anda memasang baterai dengan orientasi yang benar; jika tidak, komputer anda tidak akan dapat boot.



4. Install Ulang dan Update Driver Baterai


Driver baterai yang out of date atau rusak juga dapat menimbulkan masalah. Mengupdate driver baterai atau menginstall ulang driver baterai dapat membantu memperbaiki masalah ini. Periksa petunjuk berikut untuk menginstall ulang driver baterai anda.

  • Tekan tombol Win + X dan tekan M untuk membuka Device Manager.
  • Di jendela Device Manager, perluas bagian Batteries.
  • Selanjutnya, klik kanan pada driver baterai anda dan klik Uninstall device.
  • Kemudian, klik Uninstall pada jendela konfirmasi. Ini akan menguninstall driver baterai laptop anda.


  • Sekarang, restart laptop anda untuk menginstall ulang driver baterai. Driver anda akan diinstall secara otomatis. Alternatifnya, anda dapat mengklik Action dan pilih Scan for hardware changes untuk menginstal ulang driver baterai anda.


Jika ini tidak berhasil, anda juga dapat mendownload driver baterai terbaru dari website resmi produsen laptop anda (jika tersedia) dan menginstall driver secara manual.



5. Update BIOS


Pastikan BIOS anda up to date. Periksa update BIOS (jika tersedia). Jika update tersedia, maka install. Oleh karena itu, sebelum mengupdate BIOS, anda perlu memeriksa versi BIOS dari System Information atau Command Prompt. Selain itu, anda juga dapat mendownload update BIOS terbaru dari wesite resmi produsen komputer anda.



6. Bawa Laptop Anda untuk Diperbaiki


Jika meskipun telah mencoba perbaikan di atas, anda masih menghadapi masalah yang sama, maka saa sarankan anda membawa laptop anda untuk diperbaiki. Mereka akan mendiagnosis masalah dengan tepat dan menyarankan solusi terbaik.



Itu saja, saya harap ini membantu.


Bagaimana cara memperbaiki baterai laptop saya tidak charging?

Jika baterai laptop anda tidak charging, maka anda dapat mencoba beberapa solusi. Berikut beberapa langkah pemecahan masalah yang dapat anda coba, melakukan hard reset, mengupdate BIOS, mengkalibrasi baterai, melakukan pemeriksaan kesehatan baterai baterai dan lainnya. Selain itu, masalah ini dapat terjadi karena baterai laptop rusak. Untuk memeriksanya, anda bisa mendapatkan bantuan dari seorang profesional.


Bagaimana saya tahu jika baterai laptop saya buruk?

Jika baterai laptop anda buruk, anda akan melihat tanda-tanda gejala berikut. Berikut adalah gejala yang paling umum: charging lambat, baterai cepat habis, masalah pemanasan baterai dan lainnya.


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki lampu baterai laptop berkedip saat charging di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Lampu Baterai Laptop Berkedip Saat Charging di Windows 10/11"