Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Kalibrasi Baterai Laptop Windows Secara Manual

 


Daya tahan baterai laptop menurun seiring waktu. Pemakaiannya, seberapa sering dicharge, berapa lama dicharge, semuanya mempengaruhi umurnya. Wajar jika umurnya semakin pendek setiap bulannya. Meskipun Windows menunjukkan kepada anda perkiraan masa pakai baterai laptop, baik yang tersisa maupun waktu untuk mengisi daya, seiring waktu software mungkin menjadi bingung karena siklus pengisian daya yang tidak merata. Itu sebabnya disarankan untuk terus mengisi daya dengan persentase sisa baterai yang sama untuk memastikan kapasitas dan masa pakai baterai.


Dalam artikel kali ini, saya akan membahas tentang bagaimana anda dapat mengkalibrasi baterai laptop Windows secara manual untuk meningkatkan masa pakainya.


Catatan: Terkadang, OEM menawarkan software yang dapat membantu anda melakukan hal tersebut. Periksa dengan software driver atau software OEM pada laptop Windows 10 atau Windows 11 anda untuk hal yang sama.



Cara Kalibrasi Baterai Laptop Windows Secara Manual untuk Meningkatkan Masa Pakainya


Sekarang mari kita lihat cara mengkalibrasi baterai laptop Windows secara manual untuk meningkatkan masa pakainya.


1. Anda perlu membuka pengaturan Power management laptop anda. Untuk itu, buka Control Panel dengan menekan tombol Win + R, kemudian ketik control dan tekan Enter. Selanjutnya di jendela Control Panel, ubah View by ke Large/Small icons dan pilih Power Options. Setelah itu, pilih Change plan settings dan kemudian klik Change advanced power settings.

Anda juga dapat membuka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I. Selanjutnya pilih Power & sleep - Additional power settings - Change plan settings - Change advanced power settings.

Ini akan membuka jendela Power Options dimana pengaturan individual untuk baterai dapat dikonfigurasi.


2. Sekarang perluas bagian Battery pada jendela Power options dan kemudian perluas juga dibawahnya.

Setelah itu, ubah Critical Battery Action ke Hibernate.

Selanjutnya atur Critical Battery Level ke 5% atau bahkan lebih rendah.

Kemudian klik Apply dan OK untuk menyimpan perubahan.



3. Isi daya baterai laptop anda hingga 100% dan biarkan tetap terhubung selama dua jam ke depan. Satu-satunya alasan anda perlu melakukan ini adalah untuk memastikan baterai berada pada suhu normal yang akan sedikit memanas selama pengisian daya. Meskipun anda dapat menggunakannya, saya sarankan untuk tidak menggunakannya kecuali anda tidak punya pilihan.


4. Cabut charger dari laptop dan biarkan dayanya habis hingga hibernasi otomatis. Ini akan terjadi tepat ketika baterai tersisa 5% seperti yang anda konfigurasikan diatas.

Tips: Jika anda tidak menggunakan laptop saat dicabut, laptop akan masuk ke Hibernate mode atau Sleep mode. Pastikan untuk menonaktifkan pengaturan Sleep, Screen off dan Hibernate.


5. Tinggalkan laptop anda selama mungkin. Jika tidak ada baterai yang tersisa, komputer akan mati secara otomatis.


6. Sekarang pasang kembali charger dan isi daya lagi hingga 100%.


7. Pastikan untuk mengembalikan pengaturan power default ke normal setelah semuanya selesai. Kembali ke Power settings dan kali ini klik pengaturan Power & Sleep untuk mengkonfigurasi semuanya kembali normal.


Ini akan mengkalibrasi baterai laptop anda


Saya sarankan anda melakukan ini setiap dua bulan untuk memastikan baterai anda bekerja lebih baik seiring berjalannya waktu. Ingat, anda tidak perlu mengkalibrasi ulang baterai berkali-kali, sekali saja sudah lebih dari cukup!


Sekian artikel saya kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki baterai laptop tiba-tiba turun hingga 0% di Windows 10 atau Windows 11. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Cara Kalibrasi Baterai Laptop Windows Secara Manual"