Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memeriksa Level dan Kesehatan Baterai Laptop di Windows 10/11

 


Windows menyertakan tool command line canggih yang bernama PowerCFG yang sangat berguna dalam memecahkan masalah Power Plan. Selain itu, tool Power Efficiency Diagnostic Report Tool ini juga memungkinkan anda mengaktifkan dan menonaktifkan perangkat. Pada artikel kali ini kita akan mempelajari cara menggunakan PowerCGF untuk mengetahui kesehatan baterai laptop anda dan juga menggunakan perintah Command Prompt atau Windows PowerShell untuk memeriksa level baterai jika ikon baterai di system tray hilang karena kesalahan.



Cara Memeriksa Level dan Kesehatan Baterai Laptop di Windows 10/11


Mari kita lihat bagaimana anda memeriksa kesehatan baterai laptop anda dan juga level baterai laptop anda jika tidak di tampilkan di system tray.


1. Memeriksa Kesehatan Baterai Laptop


OS Windows menyertakan tool tersembunyi yang memeriksa penggunaan daya laptop anda dan memberi anda laporan serta saran tentang bagaimana anda dapat meningkatkan efisiensi baterai. Mari kita lihat bagaimana anda dapat membuat laporan kesehatan atau energi baterai dengan tool Power Efficiency Diagnostic Report di Windows 11/10/8/7.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter untuk membuka Command Prompt dengan hak administrator. Atau anda dapat membuka Windows Terminal. dengan hak admin dan memilih Command Prompt.
  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter untuk menjalankan Power Efficiency Diagnostic Report Tool. Pastikan anda mengganti Foldername_Filename dengan nama folder dan file yang akan disimpan.
powercfg -energy -output Foldername_Filename.html

Misalnya, saya menyimpan milik saya di folder Desktop dengan nama Mastertipsorialindo_PowerReport. Jadi, perintahnya akan terlihat seperti berikut ini.
powercfg -energy -output C:\Users\user_name\Desktop\Mastertipsorialindo_PowerReport.html


Selama sekitar 60 detik, Windows akan melacak, mengamati dan menganalisa laptop anda dan menghasilkan laporan dalam format HTML yang akan di simpan di lokasi yang anda tentukan.

Durasi default untuk laporan adalah 60 detik, namun anda dapat mengubahnya agar berjalan lebih lama menggunakan perintah /duration.

Misalnya powercfg /energy /duration 120. Perintah ini akan menjalankan laporan energi selama 2 menit.

Jika anda hanya memasukan perintah powercfg -energy dan menekan Enter, maka laporan akan disimpan di folder System32 anda.


Membuka dan membaca Laporan Energi di Windows

Laporan energi berisi informasi tentang kesehatan baterai anda, dan anda dapat membukanya melalui browser anda. Jadi, klik dobel pada file untuk membacanya di browser anda. Error akan ditampilkan dalam warna merah muda dan peringatan dalam warna kuning.



Hasilkan Laporan Kesehatan Baterai di Windows

Power Efficiency Diagnostic Report bisa jadi cukup detail dan mungkin membuat pengguna awam kewalahan. Laporan ini akan menganalisis dan menunjukkan status kesehatan baterai anda dan menunjukkan peringatan, error dan informasi lain yang berkaitan dengan baterai anda.

Dalam kasus baterai saya seperti yang anda lihat di gambar dibawah ini, anda dapat melihat bahwa Design Capacity-nya adalah 37240 sedangkan Last Full Charge menunjukkan 25467 dimana hampir 31% lebih rendah dari pengisian daya yang dirancang semula. Jika baterai anda menunjukkan angka sekitar 50%, maka anda mungkin berharap baterai hanya bertahan beberapa bulan lagi.



2. Memeriksa Level Baterai Laptop

Jika ikon baterai di system tray hilang karena kesalahan, maka anda dapat menggunakan perintah Command Prompt atau Windows PowerShell untuk memeriksa level baterai laptop anda. Mari kita lihat bagaimana anda dapat memeriksa level baterai menggunakan command line di Windows 10 atau Windows 11.
  • Buka Command Prompt seperti langkah diatas atau gunakan Search Windows untuk membuka PowerShell.
  • Di jendela Command Prompt atau PowerShell, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter.
WMIC PATH Win32_Battery Get EstimatedChargeRemaining
  • Output dari perintah itu akan terlihat seperti berikut ini.
EstimatedChargeRemaining
<Persentase baterai tersisa>


Anda akan dapat melihat perkiraan sisa daya baterai laptop anda.


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memeriksa Level dan Kesehatan Baterai Laptop di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Cara Memeriksa Level dan Kesehatan Baterai Laptop di Windows 10/11"