Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Folder Duplikat di Panel Navigasi File Explorer Windows 10/11

 


Panel Navigasi di jendela File Explorer memudahkan anda untuk menavigasi file dan folder di seluruh komputer anda. Namun, banyak pengguna telah melaporkan masalah pada File Explorer dimana mereka melihat folder duplikat di panel Navigasi kiri Windows Explorer. Jika anda juga mengalami masalah yang sama, maka silakan baca artikel ini untuk penyelesaiannya.



Memperbaiki Folder Duplikat di Panel Navigasi Windows Explorer


Jika anda melihat drive atau folder duplikat di panel Navigasi kiri Windows Explorer anda, maka beberapa solusi berikut akan membantu anda memperbaikinya.



1. Uninstall Update Windows Terbaru


Jika update terbaru menyebabkan masalah ini, maka anda dapat memperbaikinya dengan mengidentifikasi update terbaru yang bermasalah dan kemudian menguninstallnya dari system anda. Banyak pengguna telah mengkonfirmasi bahwa mereka dapat memperbaiki masalah ini dengan menguninstall update terbaru dan kemudian mendownload dan menginstall update yang berbeda.


Untuk menguninstall update terbaru Windows, anda dapat mengikuti salah satu metode di artikel ini. Salah satu metodenya akan saya jelaskan dibawah ini.


Untuk menguninstall update Windows menggunakan Command Prompt, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter untuk membuka Command Prompt dengan hak administrator. Anda juga dapat membuka Windows Terminal dengan hak admin dan memilih Command Prompt.
  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut dan tekan Enter.
wmic qfe list brief /format:table
  • Sekarang, temukan update yang ingin anda uninstall dan catat nomor KB-nya.
  • Sekarang di Command Prompt, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter. Ganti NUMBER pada perintah dibawah ini dengan nomor update tanpa huruf KB.
WUSA /Uninstall /KB:NUMBER
  • Sebuah jendela akan muncul untuk menanyakan apakah anda ingin menguninstall update. Klik Yes untuk mengkonfirmasi.
  • Tepat setelah anda mengklik Yes, Windows akan mulai menguninstall update tersebut.
  • Setelah proses uninstall selesai, restart system anda.


Anda juga dapat menguninstall update Windows anda melalui Advanced Startup Options jika anda tidak dapat melakukannya di normal mode Windows.


2. Reset Folder Options

Jika anda membuat perubahan terbaru yang menyebabkan duplikasi folder atau drive anda, maka anda dapat mengubah pengaturan File Explorer ke Default. Untuk melakukannya, iktui langkah-langkah berikut ini.
  • Buka File Explorer dengan menekan tombol Win + E.
  • Di File Explorer, klik View dan klik Options (Windows10) atau klik menu tiga titik dan pilih Options (Windows 11).
  • Di jendela Folder Options, pilih tab General.
  • Kemudian klik Restore Defaults.
  • Setelah itu klik Apply dan OK untuk mengembalikan pengaturan File Explorer ke default.



3. Rebuild Cache Ikon Menggunakan Command Prompt

Terkadang, cache ikon mungkin rusak sehingga menyebabkan masalah ini. Dalam hal ini, anda dapat me-rebuild cache ikon melalui Command Prompt dengan hak administrator. Setelah selesai, anda dapat merestart system anda dan lihat apakah masalahnya telah teratasi.



4. Perbaiki Quick Access

Jika menu  Quick Access rusak, maka itu juga dapat menyebabkan File Explorer anda rusak dan pada akhirnya anda mengalami masalah dengan menu tersebut. Oleh karena itu, anda dapat mempertimbangkan untuk memperbaiki menu Quick Access yang rusak. Langkah ini juga dapat membantu anda memperbaiki duplikat folder pada panel navigasi di File Explorer Windows 10 atau Windows 11 anda. Anda juga dapat mengikuti solusi perbaikan tambahan untuk Quick Acces yang hilang di artikel ini.



5. Jalankan Scan SFC dan DISM

Penyebab utama di balik masalah ini juga mungkin karena file system rusak. Jadi untuk memperbaiki file system yang rusak di komputer anda, anda dapat melakukan scan SFC dan DISM.

Scan System File Checker (SFC) akan memeriksa system untuk file yang hilang dan rusak dan menggantinya jika diperlukan. Sementara Deployment Image Servicing and Management (DISM) akan memperbaiki system image jika diperlukan. Saat anda menggunakan kedua utilitas ini, file yang rusak pasti akan diperbaiki.



Jika semuanya gagal, anda dapat mempertimbangkan untuk mereset system anda ke default tanpa kehilangan aplikasi dan data.


Semoga membantu anda!

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki folder duplikat di Panel Navigasi File Explorer Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Folder Duplikat di Panel Navigasi File Explorer Windows 10/11"