Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Rebuild Icon Cache Yang Rusak di Windows


Hampir setiap file dan program di system Windows anda akan memiliki ikonnya sendiri. Seperti yang anda tahu, ikon-ikon ini memungkinkan anda mengenali aplikasi, tipe file, dan pengaturan pada system Windows anda dengan cepat. Biasanya, Windows menimpan semua ikon itu dalam sebuah cache sehingga dapat menampilkannya lebih cepat tanpa perlu mengambil ikon dari program target setiap waktu. Dengan kegunaannya itu, icon cache kadang-kadang bisa rusak yang mengakibatkan rusaknya ikon untuk beberapa aplikasi dan pengaturan. Dalam situasi itu, rebuild atau membangun kembali icon cache mungkin membantu. Berikut adalah cara rebuild icon cache di Windows 7, 8, 10 dan 11.

Catatan: Rebuild icon cache sedikit berbeda untuk Windows 7 dengan Windows 8/10/11. Ikuti langkah-langkah tergantung pada versi Windows anda.


1. Rebuild Icon Cache di Windows 7

Di Windows 7 system menyimpan basis data semua ikon dalam satu file bernama IconCache.db. Dengan menghapus file ini, Windows akan secara otomatis me-rebuild icon cache.

Untuk memulai, tekan Win + R, kemudian masukkan jalur dibawah ini (ganti Username dengan username anda yang sebenarnya) dan tekan tombol Enter.

C:\Users\Username\AppData\Local\


File icon cach disembunyikan secara default; Anda harus unhide file dan folder anda sebelum dapat menghapusnya. Untuk melakukan itu, pilih opsi Folder Options dari menu Tools.

Setelah jendela Folder Options dibuka, navigasikan ke tab View, pilih opsi Show hidden files, folder, and drives, lalu klik tombol OK untuk menyimpan perubahan.


Tindakan ini akan menampilkan file IconCache.db. Cukup pilih file dan hapus dengan menggunakan tombol Delete di keyboard anda.


Setelah menghapus file, anda perlu me-restart Explorer untuk melihat perubahannya. Untuk melakukan itu, buka Task Manager (Ctrl +Shift + Esc), arahkan ke tab Processes, klik kanan pada explorer.exe dan kemudian pilih opsi End Process.


Sekarang, navigasikan ke tab Applications dan klik tombol New Task. Di jendela baru yang muncul, masukkan explorer.exe dan tekan tombol Enter pada keyboard anda untuk memulai proses baru. Hanya itu yang harus dilakukan. Anda telah berhasil me-rebuild icon cache yang rusak di Windows 7.



2. Rebuild Icon Cache di Windows 8, Windows 10 dan Windows 11

Meskipun Windows 8, 10 dan 11 memiliki file IconCache.db yang sama di lokasi yang sama dengan Windows 7, namun menghapus file ini tidak akan berfungsi. Di Windows 8, 10 dan 11 ada beberapa file icon cache yang terletak di lokasi yang berbeda. Karena ada beberapa file yang akan dihapus, kita akan menggunakan pendekatan Command Prompt karena itu akan membuat segalanya menjadi lebih mudah.

Untuk memulai, buka Command Prompt dari Start Menu atau tekan Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Enter. Setelah Command Prompt terbuka, jalankan perintah di bawah ini untuk menavigasi ke folder Explorer. Tentu saja, ganti Username dengan username anda yang sebenarnya.

cd C:\Users\Username\AppData\Local\Microsoft\Windows\Explorer


Setelah anda disini, anda dapat menggunakan perintah dir untuk melihat semua file di direktori.


Sekarang, gunakan perintah di bawah ini untuk menghapus semua file icon cache dalam satu langkah.

del iconcache*


Tindakan di atas akan menghapus semua file icon cache. Sekarang buka Task Manager, arahkan ke tab Processes, klik kanan pada proses Windows Explorer dan pilih opsi Restart.


Tindakan ini akan memulai kembali Explorer, dan Windows akan secara otomatis me-rebuild icon cache.

Hanya itu yang harus anda dilakukan. Metode ini harusnya selalu berhasil dalam me-rebuild icon cache anda untuk kembali berfungsi dengan baik. Berikan komentar anda di bawah ini untuk membagikan pemikiran dan pengalaman anda tentang penggunaan metode di atas untuk me-rebuild icon cache di Windows 7, 8, 10 dan 11. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Rebuild Icon Cache Yang Rusak di Windows"