Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki AMDRSServ.exe System Error, OpenCL.dll was not found

 


Beberapa pengguna yang menggunakan graphics AMD mengalami error AMDRSServ.exe System Error, OpenCL.dll was not found. Error ini biasanya terjadi setelah startup system atau saat meluncurkan game tertentu. Jika anda juga mengalami error ini, maka solusi yang diberikan dalam artikel ini akan membantu anda memperbaikinya.


Pesan error lengkap yang dapat anda temukan akna seperti berikut ini.

AMDRSServ.exe System Error

The code execution cannot procced bacause OpenCL.dll was not found. Reinstalling the program may fix this problem.



Apa itu AMDRSServ.exe?

AMDRSServ.exe adalah AMD Radeon Settings Host Service yang merupakan bagian dari package software AMD Radeon. Ini memungkinkan pengguna untuk men-capture dan melakukan rekaman streaming gameplay dan bertanggung jawab untuk mengelola fitur Radeon ReLive.



Memperbaiki AMDRSServ.exe System Error, OpenCL.dll was not found


Jika anda mengalami error AMDRSServ.exe System Error, OpenCL.dll was not found pada komputer Windows 10 atau Windows 11 anda, maka gunakan beberapa solusi perbaikan berikut ini untuk menyelesaikan masalah ini.


Di bawah ini, saya telah menjelaskan semua perbaikan ini secara mendetail.



1. Perbaiki System Image Files Anda


Salah satu kemungkinan penyebab error ini adalah file OpenCL.dll yang rusak di system anda. Untuk memperbaiki masalah ini, saya menyarankan anda untuk memperbaiki file system image anda. Untuk melakukan ini, anda dapat menggunakan tool bawaan di Windows 10 dan Windows 11. Untuk itu, jalankan System File Checker (SFC) dan Deployment Image Servicing and Management (DISM) untuk memperbaiki file system image yang rusak. Setelah proses selesai, periksa apakah masih terjadi error atau tidak.




2. Copy File OpenCL.dll dari Komputer Lain yang Sehat


Penyebab error ini adalah karena file OpenCL.dll yang rusak atau hilang dari system anda. Oleh karena itu, anda perlu memperbaiki file DLL yang rusak atau hilang dengan menggantinya dengan yang baru dan kemudian mendaftarkan ulang file DLL tersebut. Lokasi default file DLL di Windows 10 atau Windows 11 adalah C:\Windows\System32.



Buka File Explorer dan pergi ke lokasi yang disebutkan di atas. Sekarang, periksa apakah file OpenCL.dll ada di sana. Jika tidak, penyebab error ini adalah file OpenCL.dll yang hilang. Saya sarankan anda mengcopy file OpenCL.dll dari komputer lain yang sehat yang menggunakan graphics AMD dan mempastenya ke folder System32 di komputer anda. Lokasi folder System32 sudah saya sebutkan di atas.



3. Install Ulang Driver Graphics AMD Versi Terbaru


Anda dapat menginstall ulang driver graphics AMD versi terbaru di PC anda dan melihat apakah ini memperbaiki error. Download driver graphics AMD versi terbaru dari website resmi AMD, kemudian jalankan file installer untuk menginstall ulang driver.



4. Gunakan AMD Cleanup Utility atau DDU untuk Melakukan Clean Install Driver Graphics AMD


Jika error masih berlanjut, anda dapat melakukan clean install driver graphics AMD. Sebelum melanjutkan, download driver graphics card AMD versi terbaru dari website resminya.


Untuk melakukan clean install driver, anda harus menghapus sepenuhnya driver graphics AMD yang saat ini diinstall dari system anda. Untuk ini, anda dapat menggunakan utilitas Display Driver Uninstaller (DDU). Ini adalah tool pihak ketiga yang membantu pengguna melakukan clean install driver graphics card.



Jika anda tidak ingin menginstall utilitas pihak ketiga, anda dapat menggunakan AMD Cleanup Utility untuk melakukan clean install driver graphics AMD.


Setelah driver graphics card benar-benar dihapus, jalankan file installer yang telah anda download dari website resmi AMD untuk menginstall driver graphics card.



5. Daftarkan File OpenCL.dll Secara Manual


Jika meskipun telah menerapkan semua perbaikan yang dijelaskan diatas, error masih tetap terjadi, maka ada kemungkinan file OpenCL.dll tidak terdaftar karena graphics AMD tidak dapat mendeteksinya dan memberikan error ini.


Untuk memperbaiki masalah deteksi OpenCL.dll pada GPU AMD Radeon, anda dapat mendownload file amdocl.bat dari GitHub dan menjalankannya dengan hak administrator.




Itu dia. Semoga membantu.


Bagaimana cara menghapus AMDRSServ?

AMDRSServ adalah file exe yang dikaitkan dengan AMD Radeon Graphics. Pengguna dengan graphics card AMD dapat menemukan file ini di komputer mereka di lokasi berikut ini.

C:\Program Files\AMD\CNext\CNext

Saya tidak menyarankan anda menghapus file ini karena dapat menyebabkan masalah pada komputer anda.

Apakah saya sudah menginstall OpenCL?
OpenCL adalah file DLL. Itu terletak di lokasi default pada Windows 10 atau Windows 11 di dalam folder System32. Untuk memeriksa apakah file ini ada di komputer anda atau tidak, buka folder System32 dan temukan file OpenCL.dll.

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki AMDRSServ.exe System Error, OpenCL.dll was not found di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti artikel ini. Anda juga dapat merequest tutorial yang anda butuhkan. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki AMDRSServ.exe System Error, OpenCL.dll was not found"