Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengubah Ukuran dan Lokasi Pagefile di Windows


Sesekali, anda akan melihat saran di Internet yang memberitahu anda untuk mengubah lokasi dan/atau ukuran pagefile di PC Windows anda. Mengubah pagefile bukan hal yang sulit, tetapi terkubur jauh di dalam pengaturan Windows untuk menghindari perubahan yang tidak diinginkan. Mari kita periksa cara mengubah lokasi dan ukuran pagefile di Windows.

Catatan: Meskipun mudah untuk mengubah pengaturan pagefile, anda tidak disarankan untuk mengubah pengaturan ini kecuali anda tahu apa yang anda lakukan. Kesalahan konfigurasi dapat menyebabkan system anda tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Juga, prosedur ini sama untuk semua versi Windows.


Apa itu Pagefile?

Pagefile seperti virtual memory di PC Windows anda. Setiap kali Windows kehabisan memory yang terpasang secara fisik (RAM), ia menciptakan file tersembunyi bernama pagefile.sys dan membuang semua bit memory yang paling jarang digunakan ke dalam file itu. Dengan begitu, Windows dapat membersihkan RAM fisik untuk pekerjaan berlebih.


Ubah Ukuran Pagefile

1. Untuk mengubah ukuran Pagefile, kita perlu mengakses Windows Advanced System Settings. Untuk melakukan itu, tekan tombol Start Windows, cari System dan kemudian klik pada item System yang ditampilkan. Jika anda menggunakan Windows 8 atau Windows 10, tekan Win   X dan kemudian pilih System dari menu.


2. Di layar ini, klik tautan Advanced System Settings yang ditampilkan di panel kiri. Ini akan membuka jendela Advanced System Properties.


3. Klik pada tombol Settings di bawah bagian Performance. Tindakan ini akan membuka jendela Performance Options.


4. Arahkan ke tab Advanced dan klik tombol Change di bawah Virtual memory.


5. Tindakan di atas akan membuka jendela Virtual Memory. Disini, hapus ceklist pada kotak Automatically manage paging file size for all drives, pilih drive file paging dan pilih lagi tombol custom size. Masukkan ukuran minimum dan ukuran maksimum untuk Pagefile anda dan klik tombol OK untuk menyimpan perubahan.


Hanya itu yang harus dilakukan. Setelah selesai, tutup semua jendela dan Restart system anda untuk menerapkan perubahan.


Ubah Lokasi Pagefile

1. Untuk mengubah lokasi Pagefile, pertama-tama ikuti langkah 1 hingga 4 di atas. Disini di jendela ini, hapus ceklist pada kotak Automatically manage paging file size for all drives.

2. Sekarang pilih drive paging file default, pilih No Paging File dan klik tombol Set. Tindakan ini secara efektif akan menonaktifkan fitur file paging.


3. Pilih drive tempat anda ingin menyimpan paging file, pilih System managed size dan klik tombol Set untuk menerapkan perubahan. Setelah selesai, klik tombol OK dan tutup semua jendela.


Hanya itu yang harus dilakukan. Cukup Restart system anda dan anda telah berhasil mengubah lokasi Pagefile di Windows.

Bahkan, jika anda menuju ke drive yang baru saja anda pilih, anda akan melihat Pagefile dengan nama Pagefile.sys. Pastikan anda telah mengubah Pilihan Folder untuk menunjukkan file system operasi yang dilindungi.


Mengubah pengaturan Pagefile cukup mudah di Windows, dan ini sangat membantu ketika anda menggunakan SSD. Semoga tutorial ini dapat membantu anda. Tinggalkan komentar anda di bawah ini dengan saran dan pemikiran apapun. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Mengubah Ukuran dan Lokasi Pagefile di Windows"