Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Laptop Tidak Hidup Saat Menggunakan Baterai Tetapi Hidup Saat di Cas

 


Jika laptop anda tidak hidup saat menggunakan baterai tetapi hidup saat di cas, maka baca artikel ini untuk mempelajari cara memperbaiki masalah tersebut. Beberapa pengguna Windows telah melaporkan bahwa laptop mereka tidak dapat melakukan booting saat menggunakan power baterai, tetapi segera setelah mereka menghubungkannya ke charger, laptop akan melakukan booting tanpa masalah apapun.


Bagi sebagian pengguna, masalah ini hanya terjadi saat mereka menghidupkan PC mereka, sementara bagi sebagian pengguna lainnya, masalah ini berlanjut setelah PC melakukan booting. Saat mereka melepas charger dari sumber listrik, laptop seketika akan mati dan bukannya beralih ke mode baterai.


Jika anda juga berada dalam situasi syang sama, maka lanjutkan membaca artikel ini. Saya akan memandu anda melalui beberapa tips pemecahan masalah yang secara efektif akan membantu anda menyelesaikan masalah ini pada PC Windows 10 atau Windows 11 anda.



Memperbaiki Laptop Tidak Hidup Saat Menggunakan Baterai Tetapi Hidup Saat di Cas


Jika laptop anda tidak bisa booting tanpa charger/adaptor, maka pastikan baterai anda tidak terkuras sepenuhnya. Cas laptop anda dan biarkan mengisi daya beberapa saat. Kemudian coba nyalakan laptop tanpa perangkat eksternal apapun yang terhubung seperti USB drive atau periferal lain terkadang dapat menyebabkan masalah booting di Windows.


Jika laptop anda masih tidak hidup saat menggunakan baterai tetapi hidup saat dicas, maka kemungkinan baterai laptop anda rusak. Untuk memperbaikinya, anda perlu mengganti baterai. Namun sebelum anda menggantinya, beberapa solusi berikut ini dapat anda coba untuk mengatasi masalah tersebut



1. Reset Power Plan Windows ke Default


Setiap laptop Windows memiliki power plan default yang dipilih yang menyeimbangkan performa/kinerja dan fitur power-saving dalam pengaturan system. Saat pengaturan ini diubah atau laptop dioperasikan dalam mode High Performance, maka masalah terkait baterai mungkin muncul. Dalam kasus seperti itu, mereset power plan ke pengaturan pabrik akan membantu memperbaiki masalah tersebut. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter untuk membuka Command Prompt dengan hak administrator. Atau anda dapat membuka Windows Terminal dengan hak admin dan memilih Command Prompt.
  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut dibawah ini dan tekan Enter.
powercfg -restoredefaultschemes
  • Setelah perintah dijalankan, restart komputer anda dan periksa kembali apakah masalah di perbaiki atau tidak.



2. Install Ulang Driver Baterai/AC Adapter Melalui Device Manager

Solusi selanjutnya yang dapat anda lakukan adalah menginstall ulang driver baterai/AC adapter dan lihat apakah itu membantu mengatasi masalah ini. Untuk melakukannya, anda perlu menguninstall driver baterai/AC adapter terlebih dahulu. Setelah driver di uninstall, restart PC anda. Setelah booting, Windows akan secara otomatis akan menginstall driver baterai/AC adapter. Setelah itu, periksa apakah masalah telah teratasi atau tidak.



3. Periksa Baterai CMOS

Beberapa pengguna berhasil menyelesaikan masalah ini dengan melepaskan baterai CMOS di laptop mereka. Baterai CMOS adalah hardware yang menggerakkan firmware BIOS di laptop. Bahkan ketika komputer anda tidak tersambung ke sumber listrik, BIOS harus tetap berfungsi. Ini menginstruksikan system cara memboot system operasi. Baterai CMOS menyuplai power ke BIOS.

Baterai CMOS yang mati dapat menyebabkan laptop anda mengalami masalah boot-up. Jika anda mendapatkan tanda atau gejala kegagalan baterai CMOS, maka anda harus mereset atau clear CMOS untuk memperbaiki masalah tersebut.



4. Update BIOS, Windows dan Driver

Menjaga system anda tetap up to date mungkin membantu menyelesaikan banyak masalah, termasuk masalah baterai di laptop anda. Untuk melakukannya, anda dapat membuka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I dan klik Windows Update. Itu akan memeriksa update yang tersedia untuk system anda dan menginstallnya secata otomatis.

Mengupdate BIOS mungkin dapat membawa perbaikan atau peningkatan terkait manajemen baterai di system anda. Namun, hal ini mempunyai risiko dan tantangan serta dapat menimbulkan masalah lebih lanjut jika tidak dilakukan dengan benar. Untuk itu, anda perlu meminta bantuan seseorang yang paham tentang cara melakukan update BIOS. Jika anda tidak yakin untuk melakukannya sendiri, bawalah laptop anda ke teknisi untuk mendapatkan bantuan.



Anda juga perlu mengupdate driver di laptop anda dan lihat apakah itu membantu. Untuk melakukannya, ikuti salah satu metode berikut ini.


5. Lakukan Reset EC (Hard Reset)

Embedded Controller (EC) adalah sebuah chip pada motherboard yang mengontrol pengaturan hardware dan power management pada PC Windows. Hard reset dilakukan untuk memulihkan hardware system ke keadaan default dan memecahkan masalah manajemen hardware dan baterai di laptop.

Langkah-langkah untuk mereset EC mungkin berbeda-beda tergantung pada produsen dan model laptop anda. Namun, berikut adalah gambaran umum mengenai prosedur mereset EC pada laptop.
  • Lepas semua perangkat eksternal dari laptop anda dan simpan semua pekerjaan anda.
  • Matikan laptop dan cabut charger adaptor untuk memutuskan sambungan listrik. Jika laptop anda memiliki baterai yang dapat dilepas, maka anda dapat melepaskannya juga.
  • Setelah itu, tekan dan tahan tombol Power setidaknya selama 40 detik.
  • Kemudian, lepaskan tombol Power.
  • Sekarang, masukkan kembali baterai jika anda telah melepaskannya pada langkah 2.
  • Selanjutnya, hubungkan kembali charger dan hidupkan laptop anda.

Lihat apakah masalahnya telah teratasi atau tidak.


Jika tidak ada solusi di atas yang membantu anda dan laptop anda, maka bawa laptop anda ke cervice center produsen PC anda untuk bantuan lebih lanjut.

Semoga salah satu solusi diatas membantu anda.

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Laptop tidak hidup saat menggunakan baterai tetapi hidup saat di cas. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Laptop Tidak Hidup Saat Menggunakan Baterai Tetapi Hidup Saat di Cas"